10 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Posted on

10 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui – Masa menyusui merupakan masa yang paling penting sekali untuk pertumbuhan dan juga perkembangan bayi. Oleh sebab itu, asupan kandungan nutrisi harus terpenuhi dan tidak sembarang. Ada banyak sekali jenis makanan sehat yang bermanfaat sangat baik sekali bagi ibu yang sedang menyesui.

Sebagian ibu ibu yang sedang menyeusui, membutuhkan lebih banyak asupan kandungan nutrisi hingga 500 kaloti untuk dapat memastikan produk air susu bisa tercukupi. Meski demikian, ada pula sebagian ibu yang sedang menyusui tidak memerlukan kandungan kalori. Hal tersebut tergantung dengan berat badan ibu sebelum hamil dan penambahan berat badan pada saat mengandung, serta seberapa aktif kegiatan ibu sehari hari.

Bagi para ibu yang sedang menyusui sebaiknya tidak menuruti hawa napsu yang berlebihan. Biasakan makan pada saat sedang merasa lapar saja. Selain itu para ibu bisa memiliki jenis makanan yang sehat dan juga menghindari penurunan berat badan yang berlebih pada saat sedang menyusui. Jika para ibu mengininkan bayi sehat dan juga cerdas, maka harus memperhatikan asupan makanan yang di konsumsi. Lalu apa saja jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Berikut ini sedikit penjelasanya.

makanan sehat untuk ibu menyusui
makanan sehat untuk ibu menyusui

1. Telur

telut merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak sekali kandungan protein di dalamnya. Telur ini juga merupakan salah satu pilihan yang sangat mudah sekali di konsumsi oleh para ibu hamil. Untuk para ibu yang menginginkan bertambahnya kandungan lemak esensial pada air susu ibu (ASI), maka anda bisa memiliki telur yang sudah difortifikasi DHA. Anda bisa menambahkan telur ini di salah satu menu makanan. Anda juga bisa mengolah telur ini dengan cara di rebus dan juga diolah menjadi orak arik.

2. Ikan Salmon

ikan salmon merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak sekali kandungan DHA yang bermanfaat sangat penting sekali untuk perkembangan sistem saraf bayi. Tingkat kandungan DHA yang ada di dalam ASI tergantung dari berbagai jenis makanan yang telah di konsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Selain hal tersebut, kandungan DHA yang ada di dalam ikan salmon juga pernah di sebutkan dalam sebuah penelitian, penelitian tersebut menyebutkan bahwa kandungan DHA pada ikan salmon bermanfaat dapat mencegah depresi paska melahirkan.

3. Beras Coklat

beras coklat merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki banyak sekali kandungan serat dan juga kandungan nutrisi yang lainnya. Kandungan serat dalam beras coklat bisa memberikan efek rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Jenis beras yang satu ini juga tidak akan bisa membuat tingkat kadar gula darah naik dengan drastis setelah mengkonsumsinya. Hal tersebut beda halnya dengan mengkonsumsi nasi putih.

4. Sayuran Hijau

sayuran hijau merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik sekali di konsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Kandungan nutrisi yang ada di dalam sayuran seperti berbagai kandungan vitamin dan juga sangat rendah sekali dengan kandungan kalori membuah jenis makanan yang satu ini sangat cocok untuk di konsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Sayuran hijau ini juga sangat baik di konsumsi pasa saat sedang hamil. Selain hal itu kandungan nutrisi yang ada pada sayuran seperti kandungan kalsium, kandungan vitamin C, zat besi dan juga zat anti oksidan bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Jenis sayuran hijau tersebut yaitu bayam, brokoli, dan masih banyak jenis sayuran hijau yang lainnya.

5. Susu

ASI yang memiliki kandungan kandungan kalsium tinggi dapat bermanfaat untuk membantu perkembangan tulang pada bayi. Selain itu juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan asupan kandungan kalsium pada ibu. Susu merupakan salah satu jenis makanan sehat yang memiliki kandungan kalsium yang tergolong sangat tinggi dan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu susu juga mengandung kandungan nutrisi yang lainnya seperti kandungan vitamin D, protein, dan juga vitamin B. Mengkonsumsi susu sebanyak 2 gelas secara rutin setiap hari dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu yang sedang menyusui. Jika anda termasuk ibu yang seang menyesui dan tidak suka mengkonsumsi susu anda bisa menggantinya dengan yoghurt. Yoghurt ini juga memiliki banyak sekali kandungan kalsium dan juga protein di dalamnya.

6. Kurma

Kurma merupakan salah satu jenis buah buahan yang sering di jadikan sebagai cemilan manis. Kurma ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya. Salah satu kandungan nutrisi yang ada pada kurma yaitu kandungan kalsium yang bisa bermanfaat dapat mendorong produksi ASI. Selain itu kurma juga memiliki kandungan serat yang sangat bagus sekali untuk ibu yang sedang menyusui. Kurma ini juga sangat baik sekali dikonsumsi pada saat sedang hamil. Selain kurma ibu yang sedang menyusui juga bisa mengkonsumsi kacang almond. Kacang almond ini juga memiliki kandungan kalsium yang tergolong sangat tinggi sekali di dalamnya. Untuk itu anda bisa mengkonsumsi kacang almnd ini sebagai pengganti kurma.

7. Buah Buahan Segar

buah buahan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk di konsumsi ibu yang sedang menyusui. Buah buahan segar ini memiliki kandungan nutrisi yang bisa bermanfaat sangat baik bagi kesehatan ibu dan juga bayi. Salah satu jenis buah buahan yang sehat untuk di konsumsi ibu yang sedang menyusui yaitu buah jeruk. Buah jeruk ini sangat cocok sekali untuk di konsumsi ibu yang sedang menyusui. Hal iru di karenakan buah jeruk ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya, salah satunya yaitu kandungan vitamin C yang tergolong tinggi sekali dan sangat penting sekali bagi kesehatan tubuh.

8. Air Putih

air putih merupakan minuman yang sudah wajib sekali di konsumsi setiap hari, baik itu untuk ibu yang sedang menyusui maupun orang biasa. Bagi ibu yang seang menyusui semua jenis makanan yang telah di konsumsi pada saat sedang menyusui tidak bisa bekerja dengan maksimal tanpa di imbangi dengan minum air putih. Hal tersebut di karenakan air putih dapat melancarkan oksigen di dalam tubuh seseorang. Oksigen sangat di perlukan dalam pencegahan zat makanan yang telah di konsumsi. Kekurangan oksigen di dalam tubuh bisa menyebabkan pemecahan zat makanan di dalam tubuh menjadi lambat.

9. Sereal

mengkonsumsi sereal secara rutin setiap hari saat sedang menyusui bisa sangat bermanfaat sekali. Hl tersebut di karenakan sereal dapat melancarkan pencernaan ibu menyusui. Selain itu juga bisa bermanfaat menambah energi lebih bagi ibu yang menyusui. ibu yang sedang menyusui membutuhkan banyak sekali energi karena harus menjaga bayinya 24 jam siang dan malam.

Artikel Tentang Makanan :

10. Daging Sapi

daging sapi juga sangat baik sekali di konsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Hal tersebut karena daging sapi memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Ibu yang sedang menyusui sangat rentan sekali terkena penyakit anemia, jika ibu menderita anemia maka ibu akan mudah merasa lelah lesu dan juga lemes. Untuk mengatasi hal itu maka bisa mengkonsumsi daging sapi, sebab daging sapi ini memiliki kandunfan zat besi yang tergolog sangat tinggi di dalamnya.