10 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan

Posted on

Tomat bisa dikategorikan dalam buah-buahan. Tomat kaya akan manfaat, Buah yang biasanya digunakan untuk memasak atau campuran sambal ini juga bisa dikonsumi dalam berbagai cara, dan salah satu caranya adalah dengan dibuat jus tomat.

Tomat memiliki kandungan antioksidan yang alami yaitu likopen (lycopene), ini adalah antioksidan alami paling kuat terutamauntuk membantu mentamengi tubuh radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Tomat juga kaya akan kandungan alfa-karoten, beta-karoten, lutein, kalori, gula, vitamin A, dan vitamin C. Itulah sebabnya tomat menjadi pilihan untama bagi orang-orang yang mengetahui akan manfaat luar biasa yang ada di dalam buah ini.

Manfaat luar biasa jus Tomat Untuk Kesehatan
Manfaat luar biasa jus Tomat Untuk Kesehatan

Kaya antioksidan

Tomat Memiliki kandungan yang bernama lycopene, kanungan ini berperan juga sebagai antioksidan yang memiliki khasiat untuk melindungi kulit terutama dari  paparan sinar UV matahari, sel tubuh, dan organ penting.

Melawan kanker

Kandungan lain yang juga penting yang ada dalam tomat adalah Lycopene. Kandungan ini berfungsi untuk melindungi DNA dalam sel darah putih, Dengan adanya kandungan tersebut membuat sistem imun menjadi lebih kuat terutama untuk untuk melawan pertumbuhan sel sel kanker.

Mencegah penyakit jantung yang kambuh

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menyebutkan bahwa lycopene yang ada pada  jus tomat memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit jantung datang kembali, Jadi bagi penderita jantung atau pasien jantung untuk direkomendasikan mengkonsumsi jus tomat ini secara teratur.

Menyembuhkan penyakit paru-paru

Kandungan luar biasa pada tomat lainnya adalah sebagi obat dari dalam  untuk penyembuhan atau pengobatan yang alami terutama meredakan penyakit paru-paru, bronkitis, dan TBC.

Baik bagi penderita diabetes

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa jus tomat sangat baik bagi penderita diabetes , Hal ini dikarenakan jus tomat dapat menghindari terjadinya penggumpalan pembuluh darah. Oleh karena itu jika memiliki riwayat diabetes maka cobalah untuk menjadikan jus tomat sebagai alternative minuman sehat dan menyegarkan untuk Anda.

Sumber nutrisi bayi

Tomat memiliki kandungan Vitamin C dan kalium dimana isi kandungan ini sangat baik bagi ibu hamil dikarenakan sama saja dengan menyalurkan nutrisi penting bayi bayi dalam kandungan. Bayi yang masih dalam kandungan akan lebih sehat.

Mencegah sembelit

Bagi Anda yang sedang mengalami sembelit maka Jus tomat yang dicampur dengan jus bayam adalah salah satu cara mengatasinya. bukan cuma menyehatkan atau melancarkan buang air besar , tetapi juga ampuh mencegah sumber-sumber penyakit lainnya.

Memberikan energi

Bagi Anda yang memiliki aktivitas tinggi dan menjadikan mudah lelah dan lesu maka jus tomat dapat mengatasinya sebab Kandungan kalium dalam jus tomat sangat bermanfaat untuk menaikkan energy Anda. Setelah berolahraga, minum jus tomat pun sangat dianjurkan jika ingin mendapatkan energi secara instan.

Melancarkan pencernaan

Jika Anda ingin lancar dalam pencernaan sebaiknya mengkonsumsi jus tomat sebelum makan. Ini akan membuat system dalam tubuh lebih mudah untuk mencerna dan memproses makanan yang tidak bermanfaat bagi tubuh untuk segera di keluarkan.

Menghancurkan radikal bebas

Kandungan Vitamin A dan C yang terdapat dalam jus tomat memiliki peranan penting terutama sebagai menghancurkan radikal bebas pada tubuh. Sehingga dengan minum jus tomat dengan rutin dapat membantu tubuh dalam mencegah berbagai penyakit secara alami.

Demikianlah beberapa manfaat jus tomat bagi kesehatan tubuh.