10 Penyebab Rambut Rontok Parah

Posted on

Rambut rontok bisa terjadi pada siapa saja, baik itu wanita maupun pria. Sebenarnya ini adalah hal yang normal jika jumlah rambut rontok itu berkisar antara 50 hingga 100 helai tiap harinya. Dan jika ini terjadi kita tidak perlu merasa khawatir rambut akan menipis, karena bersamaan dengan rontoknya tersebut, pasti ada rambut yang tumbuh.

Namun, jika rambut rontok yang terjadi sangat parah, bisa jadi memang kerontokan tersebut masuk dalam kategori tidak normal. Sehingga kita harus mewaspadainya. Nah, supaya kita terhindar dari yang namanya rambut rontok parah, maka tentu sangat penting mengetahui apa saja yang menjadi penyebab rambut rontok parah tersebut, supaya kita bisa mengantisipasinya.

10 Penyebab Rambut Rontok Parah
10 Penyebab Rambut Rontok Parah

Nah secara umum, penyebab rambut rontok parah adalah sebagai yang kami jabarkan berikut. Silahkan disimak:

Penyebab Rambut Rontok Parah

Faktor Usia

Usia adalah hukum alam yang memang sudah tidak bisa dibantah lagi, dan ternyata usia juga bisa menjadi pemicu rambut rontok yang parah. Makanya tidak heran jika kita melihat orang yang sudah berusia lanjut rambutnya sangat tipis bahkan botak.

Perawatan Rambut yang Salah

Penyebab rambut rontok parah yang kedua ini, seringkali secara tak sadar dilakukan oleh para wanita. Tak jarang demi meningkatkan rasa percaya dirinya, wanita memakai produk berbahan kimia, hot oil, catok, semir rambut, blow dryer dan lain-lain pada rambutnya. Nah, semua hal tersebut berpotensi membuat folikel rambut menjadi meradang yang akhirnya bisa menimbulkan kerontokan parah.

Terapi Radiasi dan Kemoterapi

Terapi radiasi juga bisa menjadi penyebab rambut rontok parah, jika terapi radiasi tersebut dilakukan dilakukan di area kepala. Dan mengenai kemoterapi, kita semua pasti tahu bahwa metode pengobatan penyakit kanker ini dapat mengakibatkan rambut rontok parah.

Kekurangan Protein dan Zat Besi

Kurangnya asupan protein di dalam tubuh akan mengakibatkan terjadinya pemberhentian pertumbuhan rambut, sehingga yang terjadi kemudian adalah rambut rontok parah.

Demikian pula dengan zat besi. Jadi, di dalam folikel rambut, ada yang dinamakan dengan feritin dimana feritin ini berperan sebagai gudang zat besi dalam rambut yang juga bertugas menumbuhkan rambut, sehingga sudah bisa dibayangkan bukan dampaknya jika kadar feritin ini sampai berkurang.

Berlebihan Mengkonsumsi Vitamin A

Vitamin A memang diperlukan terutama demi menjaga kesehatan mata kita. Tetapi, bila kita mengkonsumsinya secara berlebihan, hal ini tidak hanya berdampak pada keringnya bibir kita tetapi juga bisa mengakibatkan rambut menjadi rontok parah. Maka dari itu, kita hendaknya mengkonsumsi vitamin A ini sesuai dengan kebutuhan saja.

Tidak Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Kulit kepala yang tidak sehat juga bisa mengakibatkan terjadinya peradangan. Nah, peradangan inilah yang akan membuat rambut menjadi rontok parah dan sulit untuk tumbuh. Dan bila peradangan tersebut sudah parah bahkan mengakibatkan munculnya luka, ini akan memicu kerontokan rambut secara permanen.

Stress

Stress juga menjadi pemicu atau penyebab rambut rontok parah. Dan ini sering dialami oleh banyak orang, terutama yang berusia lanjut. Jadi, stress ini akan mempengaruhi siklus rambut nantinya yang akan mendorongnya lebih banyak masuk ke fase rontok.

Obat-Obatan

Ada beberapa jenis obat-obatan yang memiliki efek samping rambut rontok parah, seperti obat yang memiliki kandungan vitamin A dalam jumlah yang banyak, obat antidepresan, obat kemoterapi, kontrasepsi, obat asam urat serta obat pengencer darah. Tetapi biasanya rambut rontok parah tersebut akan berhenti jika konsumsi obat-obatannya juga dihentikan.

Mengikat Rambut yang Terlalu Kencang

Memiliki rambut yang panjang kerapkali mengganggu aktifitas yang tengah kita lakukan bukan? Makanya banyak diantara kita yang berambut panjang mengikatnya kuat-kuat supaya praktis dan tampak rapi. Tetapi mengikat rambut dengan kencang seperti ini justru menurunkan kesehatan akar rambut sehingga kerontokan bisa terjadi.

Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

Sinar matahari tidak hanya mengganggu kesehatan kulit kita saja, tetapi juga akan mengganggu kesehatan rambut kita. Kenapa? Karena sinar matahari akan membuat keratin yang ‘berprofesi’ sebagai penjaga kesehatan rambut menjadi rusak dan akhirnya akan mengakibatkan terjadinya kerontokan.

Demikian diatas 10 penyebab rambut rontok parah yang sebaiknya diketahui, dan idealnya kita hindari agar rambut bisa tumbuh dengan sempurna.