10 Tanaman Herbal Untuk Asam Lambung

Posted on

tanaman herbal obat asam lambung –ada beberapa gejala yang akan ditimbulkan akibat tingginya kadar asam lambung, yang palimg sering sekali yaitu rasa mual, mulas, kembung, gas yang berlebih serta juga rasa ketidak nyamanan perut setelah sehabis makan. jika anda sering mengalami gejala atau tanda seperti itu, kemungkinan anda akan menderita penyakit asam lambung yang tinggi atau maag. untuk dapat memastikan hal tersebut sebaiknya segeralah periksakan ke dokter terdekat terlebih dulu.

10 Tanaman Herbal Untuk Asam Lambung
10 Tanaman Herbal Untuk Asam Lambung

lalu, apa saja yang dapat menyebabkan kadar asam lambung tersebut menjadi naik? menurut para ahli kesehatan mengatakan bahwa adanya supan makanan yang kurang sehat seperti misalnya mengkonsumsi jenis makanan yang kadar keasamanya tinggi juga dapat memicu meningkatnya ptoduksi kadar asam lambung di dalam lambung. selain hal itu, adanya pola hidup yang tidak sehat dan juga tidak teraturnya seperti sering sekali mengalami stres serta juga kebiasaan buruk seperti merokok juga bisa menjadi pemicu tingginya kadar asam lambung.

jika anda sudah terlanjut positif menderita maag atau asam lambung, biasanya dokter akan memberikan obat obatan untuk membantu untuk menurunkan atau juga menetralisir kadar asam lambung. selain dengan menggunakan jenis obat obatan kimia, masalah kelebihan kadar asam lambung ini bisa di atasi atau di redakan dengan menggunakan tanaman ibat herbal atau alami. lalu apa sajakah jenis tanaman herbal yng dapat di gunakan sebagai obat asam lambung tersebut? nah, berikut ini ada beberapa jenis tanaman herbal yang bisa anda gunakan sebagai obat penurun kadar asam lambung yang tinggi. diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. tanaman Andong (Cordyline fructicosa (Linn.)

jenis tanaman yang satu ini memiliki rasa yang manis, hambar, serta juga dapat bersifat menyejukan. tanaman ondong ini dapat di manfaatkan sebagai obat herbal di dalam menyembuhkan penyakit asam lambung. hal tersebut di karenakan tanaman ondong ini memiliki kandungan yang bisa bermanfaat dapat menyejukan darah, menghentikan pendarahan serta juga dapat dapat menghilangkan bengkak yang diakibatkan leh memar. selain itu tanaman ini juga di ketahui sangat bermanfaat sekali untuk dapat menurunkan kadar asam lambung yang tiggi.

untuk membuat ramuan alami dari tanaman ondong ini sangat mudah sekali caranya, yaitu dengan menyiapkan daun tanaman ondong yang sudah kering secukupnya, lalu akar tanaman ondong, kemudian cuci hingga bersih. setelah itu rebuslah bahan bahan tersebut dengan menggunakan 2 gelas air, tunggu sampai mendidih dan terseisa setengah airnya. angkat dan dinginkan lalu minumlah ramuan tersebut secara rutin seriap hari sebanyak 2 kali sampai asam lambung anda kembali normal.

2. tanaman Anggrung (Trema Orientalis Bi)

jenis tanaman yang satu ini ternyata juga bisa di jadikan sebagai obat penurun kadar asam lambung yang sangat ampuh. hal tersebut di karenakan tanaman ini memiliki kandungan zat kimia di dalamnya seperti kandungan saponin, kandungan flavonoid, dan juga kandungan polifenol. kandungan kandungan tersebut bisa bermanfaat sekli untuk menyembuhkan atau menurunkan kadar asam lambung anda yang tinggi.

cara membuat ramuan obat alami asam lambung menggunakan tanaman ini sangat mudah sekali yaitu dengan menyiapkan dulu akat tanaman ini secukupnya, lalu cuci hingga bersih. kemuaian rebuslah akar tanaman anggrung yang sudah di sediankan sampai mendidih. setelah mendidih angkat dan dinginkan dulu air rebuasan tersebut. setelah dingin saring air rebisan dan minumlah air rebusan tersebut secara rutin setiap hari minimal 2 kali sehari sampai kadar asam lambung anda benar benar turun.

3. tanaman Anting-Anting (Acalypha australis L)

tanaman ini memiliki rasa yang sangat pahit sekali dan juga sejuk, tanaman ini di percaya dapat di gunakan sebagai obat alami untuk meredakan kadar asam lambung yang tinggi. tanaman ini sudah di gunakan turun temurun sebagai obat anti biotik, obat anti radang, serta juga dapat menhentikan pendarahan. selain itu tanaman ini juga bermanfaat untuk mengobati asam lambung dengan cara yang sederhana yaitu dengan melumatkan tanaman herbal ini yang masi segar secukupnya. lalu campurkan dengan sedikit gula pasir. gunakanlah ramuan herbal ini secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

4. tanaman Jombang (Taraxacum Mongolicum Hand-Mazz)

tanaman ini memiliki rasa yang manis juga pahit dan juga dapat bersifat mendinginkan. tanaman jenis ini sudah lama di yakini bisa bermanfaat dapat mengobati asam lambung yang tinggi. dengan berkembangnya teknologi pada masa sekarang, pengobatan tradisional dengan menggunakan tanaman ini masih bertahan dan masih di gunakan dalam penyembuhan berbagai jenis penyakit. hal tersebut di karenakan tanaman ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk dapat menyembuhkan berbagai penyakit. kandungan tersebut seperti kandungan glukosa, fruktosa, choline, taraxerol, stigmasterol, B-stisterol, taraxol, taraxasterol. yang dapat berfungsi sebagai zat anti biotik, anti radang, dan juga penghilang racun.

untuk cara pembuatan tamuan herbal dari bahan tanaman ini sangat mudah sekali cukup lakukan hal hal berikut. pertama siapkan dulu tanaman jombang yang masih segar sebanyak 20 gram, lalu cuci hingga bersih. kemudian rebuslah dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas. tunggu hingga mendidih dan sisakan setengah air rebusanya. setelah itu ambil dan minumlah air rebusan tersebut secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari sampai kadar asam lambung anda dapat menurun dan kembali dalam keadaan normal.

5. temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb)

tenulawak adalah salah satu jenis tanaman rimpang yang di ketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. temulawak ini memiliki sifat aromatik, tajam dan juga rasa yang agak pedas. temulawak ini juga memiliki kandugan seerti kalium oksalat, toluil metil, I-sikloisopren myrsen, kurkumin, zat tepung, glikosida, karbinol, protein, serat di dalamnya yang sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh. dengan ada banyaknya kandungan nutrisi tersebut temulawak ini bisa di manfaatkan sebagai obat alami penurun kadar asam lambung yang ampuh dan juga aman tanpa efek samping. temulawak ini juga bisa menjadi pilihan sebagai obat alami ketika kadar asam lambung anda kambuh.

untuk membuat ramuan menggunakan temulawak ini sangat mudah sekali caranya yaitu pertama siapkan dulu temulawa secukupnya lalu bersihkan dan iris menjadi beberapa bagian. kemudian rebuslah temulawak tersebut sampai mendidih. minumlah air tebusan tersebur secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari sampai asam lambung anda kembali normal.

6. kunyit (Curcuma Longa Lin atau Curcuma domestica Val)
kunyi juga termasuk ke dalam salah satu jenis tanaman rimpang yang di ketahui juga memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh. kunyit ini memiliki rasa yang agark pahit, sedikit agak pedas, berbau sangat khas sekali, dan juga dapat bersifat penyejukan dan juga tidak beracun. kunyit ini bisa di jadikan sebagai salah satu obat alami yang sangat khas untuk menurunkan kadar asam lambung. selain itu kunyit juga banyak sekali di manfaatkan sebagai obat obatan herbaluntuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.hal tersebut di karenakan andanya kandungan caffed acid yang bersifat anti radang, anti bakteri dan juga yang lainnya.

untuk membuat ramuan herbal dari bahan kunyit unutk mengatasi masalah kadar asam lambung yang tinggi sangat mudah sekali yaitu dengan mengambil kunyit seckunya lalu cuci sampai bersih. setelah itu rebuslah sampai mendidih. minumlah ramuan alami tersebut secara rutin setiaphari sampai kadar asam lambung anda normal kembali.

7. nanas

nanas ternya juga bisa di manfaatkan sebagai obat alami masalah kada asam lambung yang tinggi. jenis buah buahan yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh. kandungan nurtisi tersebut seperti kandungan enzim bromelain, dekstrosa, sukrosavitamin A, C, kalsium, magnesium, besi, fosfor, kalium, natrium, dan juga zat besi. salah satu kandungan nutrisi yang berperan penting dalam penyembuhan asam lambung yaitu kadungan bromelin. bromelin ini memilii manfaat dan juga khasiat sebagai zat anti radang untuk membantu melunakan makanan yang telah masuk ke dalam lambung anda. untuk mengatasi kadar asam lambung ini dengan menggunakan buah nanas sangat sederhana sekali caranya yaitu anda bisa secara rutin mengkonsumsi buah nanas ini setiap hati selain itu anda juga bisa membuat nanas ini sebagai jus yang sangat segar sekali.

8. daun sambilto (Andrographis paniculata)

dan sambiloto ini juga banyak di percaya sebagai obat alami untuk mengatasi kadar asam lambung yang tinggi. hal tersebut di karenakan daun sambiloto ini memiliki kandungan seerti kalgemin, antrograhit, andrograpolit, kandungan garam kalium, garam natrium, serta juga minyak goreng. dengan ada banyaknya kandungan nutrisi di dalam daun sambiloto ini maka tak heran jika daun sambiloto ini banyak sekali di gunakan sebagai obat alami berbagai jenis penyakit.

untuk membuat ramuan alami menggunakan daun sambiloto ini sebagai obat alami asam lambung sangat mudah sekali yaitu dengan menyiapkan daun sambiloto yang sudah kering secukupnya, lalu rebuslah daun yang sudah di siapkan tadi. tunggu hingga mendidih dan ambil air rebusan tersebut minumlah air rebusan daun sambiloto ini secara rutin setiap hari sebanyak 2 aki sehari sampai kadar asam lambung anda menjadi normal kembali.

9. asam jawa (Tammarindus Indica L)

asam jawa juga bisa di manfaatkan sebagai salah satu obat alami penurun kadar asam lambung yang tinggi. agar bisa mendapatkan manfaat dari asam jawa ini untuk menurunkan kadar asam lambung yang tinggi anda harus mengolah asam jawa tersebut. caranya yaitu dengan mengolah kulit batang asam jawa yang kemudian di rebus dengan mengguakan air sebanyak 3 gelas tunggu sampai mendidih dan menyisakan air 1 gelas saja. setelah itu saringlah air rebusan tersebut. lalu minumlah air rebusan asam jawa tersebut secara rutin setiap hari sampai kadar asam lambung anda kembali normal.

10. tanaman kumis kucing (Orthosiphon Spicatus)

tanaman kumis kucing juga bisa di manfaatkan sebagai obat alami untuk menurunkan kadar asam lambung yang tinggi. kunis kucing ini juga di percaya dapat di gunakan sebagai obat alami berbagai jenis peyakit. untuk dapat mendapatkan manfaat dari tanaman kumis kucing ini sebagai obat alami asam lambung caranya yaitu yang pertama siapkan tanaman kumis kucing ini secukupnya, lalu cuci sampai bersih. kemudian rebuslah daun kumis kucing tersebut sampai mendidih. setelah itu ambil air rebusan daun kimis kucing dan minumlah secara rutin sampai sembuh.