11 Bahaya Bulu Kucing Bagi Kesehatan

Posted on

Bahaya bulu kucing bagi kesehatan tubuh manusiaKucing merupakan salah satu jenis binatang yang paling di sukai oleh banyak orang untuk di jadikan hewan peliharaan. Hal tersebut karena kucing ini memiliki tingkal laku yang sangat menggemaskan sekali. Apalagi dengan ada banyaknya beragam jenis ras kucing yang ada di dunia ini. Salah satu hewan peliharaan ini mampu membuat banyak orang betah untuk berlama lama bermain dengannya. Tetapi di balik tingkal laku yang menggemaskan dari si kucing ini, ternyata dengan memelihara kucing ini bisa menimbulkan risiko yang bisa berbahaya terhadap kesehatan tubuh manusia. Bahaya dan juga dampak dari bulu kucing yang telah kita pelihara ternyata sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh manusia jika tidak di rawat dengan baik dan juga benar.

Bahaya bulu kucing bagi kesehatan tubuh manusia
Bahaya bulu kucing bagi kesehatan tubuh manusia

Terlebih lagi jika kucing yang kita pelihara berkeliaran di tempat –tempat yang sangat kotor sekali sehingga membuat bulu kucing tersebut terkontaminasi oleh berbagai jenis parasit dan juga berbagai jenis bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Meski hal tersebut bukan salah satu penyebab yang utama, berbagai jenis parasit dan juga jenis bakteri bisa menempel di bulu kucing tersebut ketika kucing tersebut bermain di lingkungan yang kotor. Hal tersebut lah yang bisa membahayakan kesehatan tubuh manusia, terutama pada ibu hamil. Selain itu juga bisa menimbulkan berbagai penyakit pada gangguan daya tahan tubuh.

Walaupun hewan peliharaan yang satu ini memiliki tingkah laku yang sangat menggemaskan hingga membuat anda ingin menggendongnya dan juga ingin menciumnya. Anda harus lebih berhati hati, bahwa bulu kucing tersebut memiliki bahaya dan juga dampak bagi kesehatan tubuh manusia yang belum anda ketahui. Apalagi jika bulu kucing tersebut masuk ke dalam sistem pernapasan anda, hal tersebut bisa sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh anda. Di balik bulu kucing yang begitu indah tersebut tersimpan potensi berbagai jenis penyakit yang bisa merugikan kesehatan tubuh anda. Berikut ini beberapa bahaya atau dampak yang di sebabkan oleh bulu kucing yang sangat indah tersebut. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

Dapat menyebabkan timbulnya beberapa gejala infeksi

Sebenarnya infeksi yang telah di sebabkan oleh bulu kucing ini biasanya tidak bisa di kenali, hal tersebut dikarenakan hanya bisa menimbulkan gejala -gejala yang sifatnya ringan bahkan juga hampir tidak tampak jika menimbulkan gejala. Tetapi, karena hal tersebut bisa menimbulkan hal -hal yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda maka sebainya anda menghindari bulu kucing tersebut.

Adapun beberapa gejala atau tanda yang biasanya di timbulkan dari adanya infeksi akibat dari bulu kucing tersebut diantaranya yaitu seperti demam, hydrocephalus, jaundice (kuning). Selain itu juga bisa menyebabkan terjadinya pendarahan bawah kulit, anemia, pembesaran hati, dan juga memar. Memang gejala yang di timbulkan adanya infeksi ini bersifat ringan, tetapi jika hal ini di biarkan saja lama kelamaan hal tersebut bisa berdampak dan juga berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh anda bahkan juga bisa menyebabkan penyakit yang serius.

Mengakibatkan timbulnya penyakit toxoplasma

Jenis penyakit ini pada awalnya di timbulkan oleh adanya sejenis parasit dan juga bakteri yang hidup di dalam usus kucing. Jenis parasit dan juga bakteri terebut bisa menular ke tubuh kita melalui banyak media. Beberapa media yang bisa menyebabkan parasit dan juga bakteri pada kucing menular ke tubuh manusia yaitu melalui tinja kucing tersebut, bulu kucing, dan juga wadah bekas makanan kucing tersebut.

Jenis parasit dan juga bakteri tersebut juga dapat hidup di dalam tubuh manusia dan pada akhirnya hat tersebut bisa menimbulkan penyakit zoonosis pada tubuh manusia. Penyakit sejenis ini tidak memiliki ciri -ciri dan juga gejala khusus, hal ini bisa sangat menyulitkan kita untuk dapat mengetahui bahwa kucing peliharaan anda memiliki parasit tersebut atau tidak.

Bisa menyebabkan bayi lahir cacat dan juga keguguran

Seorang ibu hamil yang terkena penyakit toxoplasma yang di akibatkan oleh adanya parasit yang dapat di timbulkan oleh bulu kucing, dapat mengalami hal yang sangat berbahaya sekali. Dari hal tersebut bisa menyebabkan bayi lahir cacat dan juga sangat rentan sekali mengalai keguguran. Gejala yang bisa di timbulkan pada ibu hamil yang terkena penyakit ini bisa berupa adanya penurunan pada daya tahan tubuhnya seperti mengalami flu, tersa nyeri di kepala, demam dan juga tubuh mudah lelah.

Sebaiknya bagi kaum wanita yang ingin merencanakan program kehamilan atau juga bagi ibu yang sedang hamil bisa menghindari peliharaan kucing dan tidak memeliharanya. Atau juga boleh memelihara kucing tetapi pisahkan kucing tersebut dengan lingkungan keseharian anda, karena kesehatan tubuh ibu yang sedang hamil dan juga kesehatan janin lebih terpenting.

Bisa menyebabkan timbulnya penyakit asma

Bulu kucing yang anda pelihara bisa sangat berbahaya sekali, apalagi bulu kucing tersebut sudah menyerang sistem pernapasan anda. Bulu kucing tersebut bisa menyebabkan terjadinya penyakit asma. Hal tersebut dikarenakan, bulu kucing banyak sekali membawa berbagai jenis virus yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit asma. Jika tubuh anda sudah terjangkit penyakit asma, maka penyakit asma yang anda derita tersebut bisa sangat sulit untuk di hilangkan dan bahkan bisa menurun ke keturunan anda kelak.

Gejala atau tanda yang di akibatkan oleh bulu kucing tersebut bisa anda rasakan sedini mungkin dengan deteksi kelainan pada sistem pernapasan anda. Untuk dapat menghindari hal tersebut sebaiknya anda jangan sampai menciumi bulu kucing tersebut. Karena bulu kucing tersebut memiliki berbagai virus dan bisa masuk ke dalam tubuh anda memalui sistem pernapasan anda, memang dampaknya yang terjadi tidak saat itu tetapi di kemudian hari.

Menyebabkan terjadinya alergi

Bulu kucing ini juga bisa menyebabkan terjadinya alergi pada tubuh manusia, apabila bulu kucing tersebut masuk ke dalam tubuh anda memalui sistem pernapasan. Setelah bulu kucing tersebut berhasil masuk ke dalam tubuh anda melalui sistem pernapasan. Maka tubuh anda bisa merespons nya dengan menyintesis histamin beserta zat kimia lainnya yang dapat membuat suatu reaksi alergi ter picu. Alergi yang bisa di timbulkan pun dapat bermacam macam jenisnya termasuk radang seperti misalnya gatal -gatal, mata yang berair, batuk, bersin, dan juga sulit untuk bernapas.

Timbulnya penyakit diare kronis

Penyakit jenis ini bisa terjadi jika jenis makanan yang sudah di endus bahkan juga sudah di jilat oleh kucing peliharaan anda. Jika hal tersebut terjadi maka sebainya anda jangan mengkonsumsi makan yang sudah di jilat oleh kucing tersebut. Hal tersebut karena air liur dan juga rongga mulut kucing mengandung berbagai parasit dan juga bakteri yang pastinya bisa berpindah ke makanan yang telah di jilat tersebut. Hal tersebut bisa terjadi pada jenis kucing yang tidak terawat dan juga patinya sudah terserang oleh berbagai jenis penyakit. Apabila makanan yang sudah di jilat oleh kucing tersebut di makan oleh anda, maka secara tidak langsung bakteri dan juga parasit yang ada di dalam mulut kucing tersebut bisa menyebar pada sistem pernapasan dan juga bisa melukai dinding lambung yang akhirnya bisa menyebabkan penyakit diare dan juga mencret.

Terjadi pembesaran organ hati

Nah, untuk yang satu ini yaitu tambahan dari adanya toxoplasma. Untuk parasit dan juga bakteri toxoplasma yang sudah masuk pada jaringan organ hati, hal tersebut bisa merusak dan juga bisa mengganggu kinerja organ hati anda. Dengan demikian organ hati anda bisa kehilangan kemampuan dalam menguraikan kandungan hemoglobin yaitu untuk dapat membersihkan darah dan juga menyaring kandungan racun yang di hasilkan oleh radikal bebas serta juga obat dan juga jenis makanan yang sudah di konsumsi. Kegagalan pada jaringan organ hati dalam mengikat kandungan racun bisa menyebabkan organ hati anda menjadi meradang dan juga bisa timbul pembengkakan.

Risiko terjadi kemandulan

Terjadinya kemandulan ini juga tambahan dari dampak bulu kucing bagi tubuh. Khususnya untuk para wanita yang lebih rentan terhadap adanya gangguan kesuburan yang telah di akibatkan adanya parasit dan juga bakteri yang sudah menempel pada bulu kucing dan juga pada air liur kucing. Jika parasit tersebut tumbuh pada sistem reproduksi wanita maka bisa menyebabkan kesulitan untuk mendapatkan anak atau keturunan atau sangat rentan sekali terjadi kemandulan. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan area reproduksi pada wanita tersebut sudah mengalami kerusakan.

Menyebabkan terjadinya radang paru-paru

Hal ini bisa terjadi karena adanya parasit dan juga bakteri yang ada pada bulu kucing dan juga pada air liur kucing. Parasit dan juga bakteri tersebut juga dapat masuk pada pembuluh darah adan menuju paru -paru. Hal tersebut lah yang bisa menyebabkan jaringan paru -paru anda menjadi iritasi dan juga dapat menimbulkan peradangan pada paru -paru anda. Terjadinya peradangan pada paru -paru anda juga bisa mengakibatkan paru -paru anda menjadi terganggu dan juga bisa kehilangan kemampuan dalam hal sistem ereksi pada paru -paru anda. Untuk kondisi seperti ini juga bisa menyebabkan oksigen yang masuk di dalam tubuh bisa menjadi terhambat dan juga sistem pernapasan anda menjadi rusak.

Terjadinya kurap

Seseorang bisa terserang penyakit kulit seperti kurap ini di akibatkan karena kucing peliharaan tersebut bermain di tempat yang sangat kotor sekali. Kemudian bulu kucing tersebut dihinggapi oleh parasit dan juga bakteri yang bisa menyebabkan penyakit kulit tersebut. Karena bulu kucing yang sudah terkontaminasi oleh parasit dan juga bakteri bisa membuat penyakit kulit tersebut semakin buruk. Selain hal tersebut juga bisa menyebabkan terjadinya gejala demam, seperti kepala tersa sangat pusing sekali, kehilangan nafsu makan dan juga terjadi pendarahan di bawah kulit anda.

Penglihatan menjadi terganggu

Penglihatan yang terganggu bisa juga di sebabkan oleh bakteri dan juga parasit toxoplasma yang sudah menempel pada bulu kucing. Yang kemudian bulu kucing tersebut berpindah ke tangan manusia kemudian bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada mata anda. Hal tersebut bisa terjadi ketika anda berkontak langsung dengan bulu kucing dan tanpa sengaja anda mengaruk bagian mata anda kerana gatal. Secara otomatis bakteri dan juga parasit yang sudah menempel pada tangan anda juga bisa berpindah pada mata anda. Bakteri dan juga parasit tersebut juga bisa berkembang biak pada jaringan mata dan juga pada retina, hal tersebut bisa menimbulkan efek penglihatan anda menjadi kabur.