11 Tips Mudah Mencegah Terjadinya Katarak

Posted on

Tips Mencegah Terjadinya Katarak – Katarak merupakan salah satu jenis penyakit mata yang pada umumnya banyak menyerang orang yang berusia lanjut. katarak merupakan suatu kondisi kelainan mata yang bisa menyebabkan timbulnya bagian mata yang keruh di sekitar lensa mata.

bagian yang keruh tersebut bisa terus berkembang ke bagian pupil dan iris mata, sehingga lama kelamaan kondisi tersebut dapat menghilangkan pandangan.

Tips Atasi Katarak
Tips Atasi Katarak

Umumnya usia paling awal orang yang terkena penyakit katarak ini yaitu sekitar 40 tahunan, tetapi ada juga beberapa kasus penyakit katarak ini menyerang pada orang yang usianya masih muda.

katarak ini merupakan jenis penyakit mata yang sangat ditakuti oleh banyak orang karena dapat menyebabkan penderitanya menjadi buta. setiap orang yang terkena katarak mungkin awalnya berfikir tidak akan menyebabkan kebutaan.

meskipun katarak ini bisa diatasi dengan cara di operasi namun pencegahan yang dilakukan sejak dari awal merupakan langkah yang sangat penting. nah berikut ini merupakan beberapa capa untuk mencegah terjadinya katarak yang dapat anda lakukan sedak dari awal guna mencegah terjadinya katarak.

1. Hindari paparan asap rokok

Asap rokok ini juga memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan mata, salah satunya yaitu dapat meningkatkan risiko terkena katarak. didalam asap rokok tersebut terdapat kandungan nikotin dan juga zat kimia lainnya yang berbahaya dan akan merusak kesehatan serta kebersihan mata anda. anda bisa mencoba untuk selalu menghindari bahaya asap rokok sejak masih muda agar terbebas dari serangan katarak.

2. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menunjukan bahwa orang yang memiliki kadar gula tinggi atau orang yang menderita diabetes memiliki risiko terkena katarak lebih besar dibandingkan orang yang sehat. karena hal itu kemampuan tubuh untuk dapat mengatasi gula darah yang tinggi ternyata juga dapat mempengaruhi kesehatan mata. untuk itu, mulai lah untuk mengkonsumsi makan makanan yang sehat yang didalamnya bayak mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, beta karoten, anti-oksidan, dan juga yang lainnya. serta batasi juga jumlah konsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan gula tinggi.

3. Melindungi mata dari sinar UV

melindungi mata dari bahaya sinar UV juga sangat baik bagi kesehatan mata. anda bisa menggunakan kaca mata pada saat bekerja atau juga saat menyetir kendaraan di siang hari. sinar UV ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata seperti salah satunya yaitu dapat mempercepat pembentukan katarak. jika anda tidak merasa nyaman dengan memakai kaca mata maka anda bisa menggunakan topi yang lebar guna menutupi area mata anda dari sinar UV.

4. Memeriksakan kesehatan mata secara teratur

terkadang beberapa jenis penyakit atau kelainan pada mata dapat terdeteksi jika sudah dalam keadaan yang memburuk. oleh karena hal itu, melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara rutin sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya katarak. cara ini dapat membantu untuk menemukan diagnosa dan juga deteksi awal terjadinya kelainan mata yang telah terjadi. langkah ini juga sangat baik sekali jika dilakukan sejak masih anak anak.

5. Hindari minum minuman yang beralkohol

kebiasaan mengkonsumsi minuman yang beralkohol juga dapat meningkatkan risiko terna katarak. banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa alkohol bisa merusak kesehatan mata. minuman alkohol yang masuk ke dalam tubuh dan akan mengalir ke dalam darah kemudian bisa menyebabkan beberapa risiko timbulnya penyakit seperti diabetes dan yang lainnya. hal tersebut bisa mengakibatkan munculnya katarak dengan mudah jika fungsi organ dan juga saraf mata terus menerus mengalami tekanan.

6. Banyak mengkonsumsi makanan kaya vitamin C

anti-oksidan merupakan salah satu bahan yang dapat mencegah proses stres oksidatif. proses tersebut terjadi karena adanya zat radikal bebas yang telah masuk ke dalam tubuh anda. beberapa jenis makanan yang didalamnya ada kandungan zat anti-oksidan yaitu makanan yang kaya akan kandungan vitamin C didalamnya. vitamin C merupakan jenis vitamin yang bisa menghalangi proses terbentuknya katarak pada mata anda. dengan demikian sangat disarankan sekali untuk mengkonsumsi vitamin C setidaknya 250 mg setiap harinya agar terbebas dari katarak.

7. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan beta karoten

makanan yang memiliki banyak kandungan beta karoten didalamnya ternyata tidak hanya bisa bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. ternyata beta katoten ini juga bisa bermanfaat sekali untuk mencegah terjadinya katarak. beta karoten merupakan kandungan vitamin yang mudah larut dalam lemak, oleh karena itu sangat disarankan sekali untuk selalu mencukupi kebutuhan asupan kandungan tersebut. jenis makanan yang kaya akan beta karoten didalamnya yaitu seperti kangkung, wortel, pepaya, sawi, lobak, bayam, dan yang lainnya.

8. Mengkonumsi jenis makanan tinggi akan vitamin E

Banyak orang menganggap bahwa hanya vitamin A saja yang memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan mata. tetapi ternyata vitamin E ini juga memiliki manfaat yang sangat baik dan juga dibutuhkan sekali karena dapat menjaga proses penuaan dan juga kerusakan pada lensa mata. cukup dengan selalu mencukupi asupan kandungan vitamin E didalam tubuh makan akan bisa melindungi mata anda dari serangan katarak. beberapa jenis makanan yang didalamnya terdapat kandungan vitamin E tinggi yaitu kacang almond, sawi, bayam, biji bunga matahari, minyak zaitun, mangga, alpukat, cabai merah, dan beberapa jenis makanan yang lainnya.

9. Mengkonsumsi teh secara rutin

teh merupakan salah satu minuman super yang memiliki manfaat dapat mencegah berbagai jenis penyakit salah satunya yaitu katarak. teh ini didalamnya mengandung senyawa anti-oksidan yang tergolong sangat kuat sekali sehingga bisa mencegah katarak dan juga berbagai jenis penyakit mata yang lainnya. minuman teh tanpa gula ternyata juga dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi kadar gula darah yang tinggi. sebuah uji coba yang teh dilakukan dengan tikus membuktikan bahwa minum teh setiap hari ternyata dapat menjaga kesehatan dan juga lensa mata agar selalu jernih.

10. Turunkan berat badan jika obesitas

obesitas ini bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. kondisi tubuh obesitas dapat meningkatkan terjadinya berbagai penyakit didalam tubuh anda. jika anda memiliki berat badan yang berlebihan dan ingin tetap mempertahankan kesehatan mata anda, maka anda harus mulai bisa untuk menurunkan berat badan anda yang berlebihan. ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menurunkan berat badan anda yaitu dengan berolahraga dan juga mengkonsumsi jenis makanan sehat untuk diet anda.

11. mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B2 dan B3

Beberapa jenis makanan yang didalamnya memiliki kandungan vitamin B2 dan vitamin B3 ternyata bisa bermanfaat sangat baik sekali untuk dapat menjaga kesehatan mata anda. jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin B didalamnya memang bukan termasuk dalam golongan anti-oksidan, tetapi mampu melindungi lensa mata dari timbulnya katarak. orang yang kekurangan asupan kandungan niacin dan juga riboflavin di dalam tubuhnya bisa mengalami risiko terkena katarak yang lebih tinggi. beberapa jenis makanan yang didalamnya terdapat kandungan vitamin B2 dan B3 diantaranya yaitu daging tanpa lemak, yogurth, kopi, bayam, ikan tuna, daging ayam tanpa kulit, ikan salmon, kacang merah, jamur, biji bunga matahari dan yang lainnya.