13 Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

13 Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan Tubuh – Pada saat ini banyak sekali orang gemar sekali merokok, baik itu pria maupun wanita. Meskipun mereka telah mengetahui dampak negatif yang dapat di timbulkan oleh rokok bagi kesehatan tubuh. Di masa ini, kemajuan teknologi sudah maju dan sangat canggih sekali. Pada saat ini rokok pun sudah di modifikasi menjadi bermacam macam jenis seperti contohnya rokok elektrik seperti ini. Untuk penggunaan rokok elektrik ini memang terkesan sangat praktis sekali dan sangat mudah sekali. Banyak orang yang mengira bahwa jika merokok rokok elektrik ini bisa aman padahal hal tersebut tidak benar. Rokok elektrik itu sendiri pun memiliki dampak yang sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh.

13 Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan Tubuh
13 Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan Tubuh

Dari hasil berbagai penelitian yang telah di lakukan di berbagai negara. Telah menemukan bahwa kandungan formalin dan juga kandungan aset aldehida yang ada pada uap yang dapat si hasilkan sari beberapa cairan rokok elektrik tersebut dampaknya sangat berbahaya sekali jika di bandingkan dengan rokok biasa. Dari penelitian tersebut juga menemukan kandungan karsinogen di dalam uap yang di hasilkan sari rokok elektrik tersebut. Kandungan formaldehyde yang di temukan di dalam uap rokok elektrik tersebut bisa sangat membahayakan kesehatan tubuh. Kandungan zat tersebut merupakan salah satu zat yang biasa di gunakan dalam bahan -bahan bangunan dan juga pembalseman cairan. Tidak hanya hal itu saja, di dalam satu rokok elektrik tertentu juga telah di temukan adanya 10 kali kandungan karsinogen nya jika di bandingkan dengan satu batang rokok biasa.

Di indonesia sendiri, badan kesehatan dunia WHO telah meminta ke seluruh negara agar tidak menjual jenis rokok elektrik ini. Ketika seseorang ingin mencoba berhenti menggunakan rokok elektrik tersebut, maka hal tersebut tidak benar -benar bisa di lakukan. Pasalnya seseorang yang sudah candu menggunakan rokok elektrik ini merasa ingin menggunakan rokok tersebut setiap waktu. Tidak hanya hal itu saja rokok elektrik ini juga dapat menimbulkan efek mudah marah, timbulnya rasa cemas gelisah, dan juga rasa kecemasan. Hal tersebut juga bisa sangat berbahaya sekali bagi orang yang memiliki penyakit jantung. Penggunaan rokok elektrik ini tentunya tidaklah aman bagi kesehatan tubuh manusia.

Berdasarkan pada hasil penelitian lainnya, juga menunjukkan bahwa rokok elektrik ini memiliki kandungan bahan kimia di dalamnya. Kandungan bahan kimia yang ada di dalam rokok elektrik tersebut bisa berdampak buruk pada jaringan paru -paru anda. Bahan kimia tersebut juga bisa mengurangi kemampuan sel paru -paru untuk dapat menjaga paru -paru dari berbagai jenis kuman dan zat yang berbahaya.  Hal tersebut bisa terjadi karena adanya kandungan nikotin di dalam rokok elektrik yang dapat menyebabkan sel paru -paru anda mudah di serang zat yang berbahaya dari luar tubuh.

Rokok elektrik ini memiliki dampak yang sangat buruk sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Lalu apa saja dampak atau bahaya yang dapat di timbulkan oleh rokok elektrik ini. Berikut ini ada beberapa ulasan tentang bahaya atau dampak rokok elektrik bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

Rokok elektrik bisa meledak

Ada sebuah kasus yang terjadi pada seorang pria yang langsung dilarikan ke rumah sakit, di akibatkan karena mulur seorang pria tersebut terbakar di sebabkan oleh penggunaan jenis rokok elektrik yang sedang diisap dan tiba -tiba rokok tersebut meledak. Hal tersebut merupakan suatu hal yang sangat berbahaya sekali apabila rokok elektrik tersebut di gunakan. Sekecil apapun kapasitas baterai dan juga arus listrik yang telah di hasilkan rokok elektrik tersebut tetap saja ledakan tersebut sewaktu waktu bisa saja terjadi seperti halnya yang telah di alami oleh pria tersebut.

Dapat menghambat gerak oksigen di dalam tubuh

Di dalam cairan pada rokok elektrik di dalamnya terdapat kandungan karbon monoksida yang memiliki dampak sangat bahaya bagi kesehatan tubuh. Pasalnya kandungan karbon monoksida tersebut bisa menghambat jalanya oksigen yang nantinya di edarkan ke seluruh tubuh memalui pembuluh darah. Bisa sangat banyak dampak negatifnya apabila kandungan karbon monoksida ini masuk kedalam pembuluh darah. Hal tersebut bisa sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh anda.

Kadar nikotin yang tidak menentu pada rokok elektrik

Kandungan nikotin yang ada di dalam rokok elektrik tersebut juga tidak bisa tercantum jumlahnya atau sedikit banyaknya. Sehingga hal tersebut bisa sangat berbahaya sekali apabila terlalu banyak kandungan nikotin yang telah di isap dan juga bisa merusak jaringan tubuh anda. Jika jaringan tubuh anda telah rusak maka dapat membahayakan kesehatan tubuh anda bahkan dapat menimbulkan kematian.

Dapat merusak otak

Rokok elektrik ini juga dapat merusak otak anda, hal tersebut juga merupakan salah satu dari dampak negatif yang telah di timbulkan dati penggunaan rokok elektrik tersebut. Di dalam sebuah rokok elektrik terdapat kandungan tetramer hylpyrazine yang bisa berdampak sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan zat yang ada di dalam rokok elektrik tersebut pun memiliki dampak yang sangat berbahaya sekali jika di bandingkan dengan kandungan zat yang ada di dalam tembakau.

Timbulnya gangguan pada sistem pernapasan

Di dalam sebuah rokok elektrik juga terdapat kandungan zat dietilen glikon, yang mana kandungan zat ini merupakan salah satu kandungan zat anti beku yang bisa membuat kandungan nikotin yang ada di dalam rokok elektrik tersebut tetap cair dan juga tidak dapat membeku. Efek dan bahaya yang dapat di timbulkan dari kandungan zat tersebut, bisa menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan pada sistem pernapasan akut pada yang menggunakan rokok elektrik tersebut. Faktanya kandungan zat yang ada di dalam rokok elektrik tersebut sudah di tetapkan sebagai salah satu kandungan racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Adanya efek samping dari proses reffil

Selain kandungan nikotin yang tetap cair yang dapat memicu terjadinya penyakit kanker. Rokok elektrik ini juga memiliki kandungan zat senyawa yang sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh yang terjadi dari proses reffil. Karena pada saat proses reffil berlangsung bisa di tambahkan bahan -bahan lainnya yang bisa membuat kandungan zat tersebut menumpuk. Hal tersebut bisa menimbulkan efek yang sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh manusia.

Kandungan nikotin

Banyak orang menganggap bahwa kandungan nikotin yang ada di dalam rokok elektrik tersebut jumlahnya lebih rendah jika di bandingkan dengan yang ada di dalam tembakau. Namun hal tersebut belum benar adanya, bisa saja kandungan nikotin yang ada di dalam rokok elektrik tersebut lebih bayak jumlahnya di bandingkan pada tembakau. Tentunya hal tersebut dapat membahayakan sekali bagi kesehatan tubuh orang yang menggunakan rokok elektrik tersebut. Bahkan perintahkan di negara cina yang merupakan negara dari asal rokok elektrik ini di produksi, melarang masyarakatnya untuk menggunakan jenis rokok elektrik ini. Karena memang rokok elektrik ini memiliki dampak yang sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh manusia.

Dapat menyebukan pneumonia

Penyebab yang paling utama dari terjadinya pneumonia atau yang sering di sebut peradangan paru -paru adalah adanya infeksi dan juga berbagai virus, serta juga bakteri dan juga jamur. Rokok elektrik ini sendiri pun bisa memicu terjadinya peradangan paru -paru dan hal tersebut perlu anda hindari. Dengan kebiasaan menghisap rokok elektrik ini bisa berpotensi menyebabkan munculnya berbagai jenis bakteri. Hal tersebut dikarenakan kandungan nikotin cair yang ada di dalam rokok elektrik tersebut. Untuk dapat bisa menghindari terjadinya peradangan pada paru -paru anda, maka sebaiknya anda menghindari juga penggunaan rokok elektrik ini karena sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh.

Menyebabkan rasa pusing

Sakit kepala ini biasanya bisa terjadi karena kekurangan tidur, tatapi untuk orang yang menggunakan rokok elektrik tersebut bukan karena itu penyebabnya. Rokok elektrik ini dapat menyebabkan rasa pusing -pusing pada penggunanya. Hal tersebut merupakan salah satu dari dampak negatif dari penggunaan rokok elektrik ini. Mengingat adanya efek atau dampak buruk dari masuknya uap rokok elektrik tersebut ke dalam darah dan juga dapat mengikat oksigen di dalam tubuh. Menurut BPOM, rokok elektrik ini biasanya di isi dengan bahan pelarut gliserin, propylene glikon. Yang di mana semua proses tersebut pemanasan, hal tersebut dapat menghasilkan kandungan nitrosamine. Kandungan zat tersebut memiliki dampak atau efek dapat memicu terjadinya penyakit kanker.

Meningkatkan risiko timbulnya asma

Selain rokok elektrik ini dapat menimbulkan iritasi dan juga peradangan pada paru -paru anda. Rokok elektrik ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit asma yang sangat besar pada orang yang menggunakannya. Dampak negatif dari rokok elektrik tersebut dapat mempengaruhi kesehatan paru aru anda. Untuk dapat mengurangi dari potensi terjadinya penyakit asma maka sebaiknya anda menghindari kebiasaan merokok, baik itu jenis rokok elektrik maupun rokok biasa.

Risiko terjadinya penyakit stroke

Selain rokok elektrik ini dapat menyebabkan terjadinya penyakit serangan jantung dan juga penyakit asma. Penggunaan rokok elektrik ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit stroke yang lebih tinggi. Cairan nikotin dan juga uap yang di hasilkan dari rokok elektrik tersebut bisa memberikan dampak negatif yang sangat berbahaya sekali bagi organ tubuh penggunanya. Khususnya apabila kandungan oksigen di dalam tubuh penggunanya sudah terikat, hal ini bisa sangat berbahaya sekali.

Polusi udara

Penggunaan rokok elektrik selama ini di anggap paling aman dan juga baik sekali sehingga ada banyak orang yang telah menggunakan rokok ini. Rokok elektrik ini memiliki varian rasa yang bermacam macam dan sangat menggiurkan. Namun WHO telah memberikan anjuran agar tidak lagi memproduksi rokok tersebut. Faktanya uap yang bisa di hasilkan dari rokok elektrik tersebut mampu memicu terjadinya polusi udara. Sehingga hal tersebut dapat di isap oleh banyak orang bahkan orang yang tidak merokok sekalipun.

Terjadi iritasi pada paru -paru

Pada sebuah penelitian menyatakan bahwa di dalam rokok elektrik ini terdapat kandungan nikotin cair. Kandungan nikotin cair yang ada pada rokok elektrik tersebut memiliki dampak yang amat sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Cairan nikotin yang ada di dalam rokok elektrik tersebut juga dapat memicu terjadinya iritasi pada paru -paru penggunanya. Hal tersebut dikarenakan kandungan cairan nikotin tersebut terbuat dari cairan sintetis yang bisa berbahaya sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *