13 Manfaat Daun Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat daun belimbing bagi kesehatan tubuh – Daun belimbing merupakan salah satu jenis daun yang berasal dari tanaman buah belimbing. Tanaman buah belimbing merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak sekali di temukan di indonesia. Selama ini masyarakat hanya mengenal dari buah belimbing nya saja, yaitu buah yang memiliki bentuk seperti bintang dan juga memiliki rasa yang sedikit asam.

Manfaat daun belimbing bagi kesehatan tubuh
Manfaat daun belimbing bagi kesehatan tubuh

Jika anda sudah pernah mengkonsumsi buah belimbing dengan di olah menjadi berbagai olahan. Anda juga perlu mengetahui lebih lanjut tentang manfaat dan juga khasiat dari daun belimbing ini. Daun belimbing ini memiliki manfaat dan juga khasiat yang sangat ampuh sekali untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda agar tubuh anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Daun belimbing ini memiliki beberapa manfaat dan juga khasiat bagi kesehatan tubuh yang tidak kalah baiknya dengan manfaat dan juga khasiat buah belimbing. Daun belimbing ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya. kandungan nutrisi yang ada di dalam daun belimbing tersebut berupa beberapa kandungan senyawa yang memiliki manfaat dan juga khasiat sangat ampuh untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Manfaat dan juga khasiat daun belimbing pun sudah di kenal sejak zaman dahulu yaitu sebagai pengobatan alternatif. Serta juga di jadikan sebagai bahan herbal untuk di jadikan sebagai obat alami yang berkhasiat dapat menyehatkan tubuh. Daun belimbing ini tidak hanya dapat mengatasi atau mengobati berbagai macam jenis penyakit. Tetapi daun belimbing ini juga bermanfaat dan juga berkhasiat dapat memberikan tubuh anda perlindungan yang alami serta juga yang sehat.

Agar tidak salah dalam memahami tentang manfaat dan juga khasiat daun belimbing tersebut bagi kesehatan tubuh. Berikut ini ada beberapa penjelasan tentang manfaat dan juga khasiat daun belimbing bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

a. Mengatasi dan mengobati penyakit cacar air

Manfaat dan juga khasiat dari daun belimbing yang pertama yaitu dapat mengatasi dan juga dapat mengobati penyakit cacar air. Daun belimbing ini memiliki kandungan senyawa yang sangat ampuh untuk mengasi dan juga untuk mengobati penyakit cacar air tersebut. Daun ini juga sangat ampuh sekali untuk bisa menyembuhkan penyakit dengan secara belahan tanpa menimbulkan efek samping bagi tubuh.

b. Sebagai obat sakit kepala

Daun belimbing ini juga memiliki manfaat dan juga khasiat yang sangat bagus sekali untuk mengatasi sakit kepala yang sedang anda derita. Berbagai jenis penyakit yang masih berhubungan dengan sakit kepala bisa di atasi atau di obati dengan menggunakan daun belimbing ini termasuk migrain. Dengan mengkonsumsi sari dari daun belimbing ini maka anda bisa mendapatkan manfaat dan juga khasiat untuk menjaga kesehatan kepala anda agar tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit.

c. Mengatasi penyakit kulit

Daun belimbing tidak hanya memiliki manfaat dan juga khasiat dapat mengobati sakit kepala saja, tetapi juga bermanfaat dan juga berkhasiat untuk mengatasi beberapa jenis penyakit kulit. Beberapa jenis penyakit kulit tersebut misalnya seperti penyakit borok, gatal -gatal pada kulit, dan juga jenis penyakit kulit lainnya yang di sebabkan oleh jamur. Dengan menggunakan daun belimbing masalah kesehatan tersebut bisa di atasi dan juga di obati. Dengan menggunakan daun belimbing juga bisa membuat kulit tubuh anda bisa semakin sehat dan juga bisa terjaga lapisannya.

d. Sebagai zat anti bakteri

Daun belimbing ini juga memiliki manfaat dan juga khasiat sebagai zat anti bakteri yang sangat ampuh sekali untuk menjaga tubuh anda agar tidak mudah terserang berbagai jenis bakteri. Daun belimbing ini juga bisa bermanfaat dan juga berkhasiat untuk melawan berbagai jenis bakteri yang sudah masuk ke dalam tubuh anda. Dengan demikian tubuh anda tidak mudah terserang berbagai penyakit.

e. Mengatasi dan mencegah terjadinya peradangan

Daun belimbing ini memiliki manfaat dan juga khasiat yang sangat baik sekali untuk mengasi dan juga mencegah terjadinya peradangan. Daun belimbing ini memiliki kandungan zat senyawa yang bersifat anti inflamasi. Zat senyawa tersebut memiliki khasiat yang sangat ampuh sekali untuk mengobati dan juga mengatasi radang yang terjadi di beberapa bagian tubuh anda. Penyakit radang tersebut misalnya terjadi pada bagian kulit tubuh dan juga pada tenggorokan anda.

f. Mengatasi dan juga mencegah hipertensi

Daun belimbing ini juga memiliki manfaat dan juga khasiat dapat mengatasi dan juga mengobati penyakit hipertensi. Daun belimbing ini juga sangat bagus sekali untuk orang yang sedang menderita penyakit hipertensi yaitu untuk mencegah supaya tidak kambuh. Bagi anda yang tidak memiliki penyakit hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi pun bisa memanfaatkan daun belimbing ini untuk menghindari terjangkitnya atau timbulnya penyakit tekanan darah yang satu ini.

g. Berkhasiat bisa menambah nafsu makan

Daun belimbing ini bisa anda alah menjadi ramuan herbal atau alami yang bermanfaat dan juga berkhasiat dapat menambah nafsu makan anda. Manfaat dan juga khasiat daun belimbing ini sanga bagus sekali untuk anda yang sedang dalam masa penyembuhan. Agar bisa meningkatkan rasa ingin makan atau nafsu makan anda.

h. Bisa melancarkan buang air kecil

Daun belimbing ini memiliki manfaat dan juga khasiat dapat melancarkan buang air kecil. Buang air kecil yang tidak lancar adalah salah satu dari gejala bahwa saluran kencing anda mengalami masalah atau tidak sehat. Hal tersebut bisa di sebabkan adanya bakteri dan juga kebiasaan kencing yang tidak sehat. Untuk bisa mengatasi masalah kesehatan tersebut anda bisa mencoba dengan menggunakan daun belimbing ini secara teratur.

i. Sebagai obar nyeri pada persendian

Rasa nyeri yang terjadi pada persendian bisa menimbulkan rasa sakit yang sering sekali kambuh. Dengan adanya rasa nyeri tersebut bisa mengganggu aktivitas keseharian anda. Untuk itu, anda dapat menggunakan daun belimbing ini untuk dapat menyembuhkan dan juga mengatasi rasa nyeri pada persendian anda. Hal tersebut dikarenakan daun belimbing ini memiliki kandungan semacam zat fitokimia yang ada di dalamnya. Bahkan di dalam beberapa kali penelitian yang telah di lakukan terungkap bahwa daun belimbing ini memiliki kandungan alkaloid, kandungan tannin dan juga kandungan saponin di dalamnya. Semua jenis kandungan senyawa yang ada di dalam daun belimbing tersebut bisa sangat efektif untuk mengatasi masalah nyeri pada persendian.

j. Bisa mencegah terjadinya penyakit ISK

ISK atau penyakit infeksi saluran kencing merupakan jenis penyakit yang sangat umum terjadi. Jika anda tidak menjaga kebersihan di saat sehabis buang air kecil maka masalah kesehatan tersebut bisa sangat mudah timbul. Jika tubuh anda sudah terlunjur terjangkit jenis penyakit tersebut, anda bisa mengatasi atau juga bisa mengobati penyakit tersebut dengan menggunakan daun belimbing ini secara teratur setiap harinya.

k. Sebagai obat jerawat

Masalah jerawat sudah menjadi suatu hal yang sangat mengganggu bagi semua orang baik itu kaum pria maupun kaum wanita. Jerawat bisa timbul di sebabkan karena adanya bakteri atau kuman yang bersarang di bagian kuit wajah anda. Akibatnya kuman dan juga bakteri tersebut bisa berkembang dan akhirnya bisa menimbulkan jerawat pada kulit wajah anda. Dengan menggunakan daun belimbing masalah jerawat yang ada di kulit wajah anda bisa teratasi. Daun belimbing ini memiliki zat anti infalasi yang sangat baik sekali untuk mengatasi masalah timbulnya jerawat pada kulit wajah anda.

l. Sebagai obat batuk

Pemanfaatan daun belimbing untuk pengobatan batuk sudah di kenal sejak zaman dahulu. Daun belimbing ini ternyata memiliki manfaat dan juga khasiat bisa mengobati sakit tenggorokan dan juga bisa mengatasi dan juga meredakan batuk pada anak -anak. Daun belimbing ini memiliki kandungan ekstrak etanol yang bermanfaat dan juga berkhasiat bisa meredakan sakit tenggorokan dan juga meredakan batuk.

Artikel Batuk :

m. Mengobati serta mengatasi rasa gatal-gatal pada kulit tubuh

Daun belimbing ini juga di percaya bermanfaat dan juga berkhasiat dapat mengatasi gatal -gatal yang ada pada kulit tubuh anda. Rasa gatal -gatal pada kulit tubuh anda bisa di sebabkan karena di akibatkan oleh gigitan serangga, adanya jamur pada kulit tubuh anda, di sebabkan oleh adanya bakteri serta jenis penyakit kulit ekstrem lainnya, serta juga kutu air dan juga penyakit kulit lainnya. Untuk bisa mendapatkan manfaat dan juga khasiat daun belimbing untuk mengatasi masalah kesehatan pada kulit anda bisa menggunakan daun belimbing ini.

Baca juga :

Sejarah pengobatan menggunakan daun belimbing

Pohon belimbing ini di anggap sebagai salah satu jenis pohon yang memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat di kawasan asia. Sejarah pemakaian pohon belimbing ini tidak terbatas pada daunnya saja yang bisa di gunakan. Bahkan juga buah, akar atau tunas, dab juga bunga dari tanaman buah belimbing ini sudah di pakai sebagai bahan ramuan obat herbal atau alami sejak lama sekali untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Adapun untuk cara pengelolaannya yaitu dengan merebus 10 gram daun belimbing yang masih muda. 10 gr daun kepel, serta juga 5 gr daun sambi roto. Kemudian rebus bahan -bahan tersebut dengan menggunakan 5 gelas air bersih tunggu hingga tersisa 3 gelas air. Setelah air rebusan daun belimbing tersebut dingin anda bisa mengkonsumsi ramuan herbal tersebut secara teratur 3 kali dalam satu hari masing -masing sebanyak 1 gelas. Dengan mengkonsumsi ramuan herbal tersebut secara teratur setiap harinya, maka pada 3 hari pertama anda pun bisa merasakan manfaat dan khasiat dari ramuan baun belimbing tersebut.

Nah, itulah beberapa manfaat dan juga khasiat daun belimbing bagi kesehatan tubuh anda, serta juga untuk kecantikan kulit tubuh anda. Selain dari hal tersebut, masih banyak lagi manfaat dan juga khasiat dari daun belimbing ini yang bisa kita dapatkan bagi kesehatan tubuh anda. Serta juga tidak dapat kami uraikan semuanya. Hingga sekarang daun belimbing ini masih di kembangkan dan juga masih di gunakan sebagai salah satu bahan obat herbal yang alami. Adanya berbagai jenis kandungan senyawa dan juga kandungan zat kimia yang terdapat di dalam daun belimbing ini sangat di percaya untuk menjadi salah satu agen pengobatan yang sangat sederhana dan juga tidak menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *