14 Obat Alami Asam Urat yang Efektif dan Manjur

Posted on

Obat Alami Asam Urat – Asam urat ini merupakan zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Dalam kondisi normal asam urat biasanya dikeluarkan dalam tubuh melalui fases dan urin . Namun dalam kondisi tertentu ginjal tidak dapat mengeluarkan zat asam urat dengan seimbang hal ini menyebabkan kelebihan zat asam urat dalam darah , kelebihan zat ini dapat menumpuk dan tertimbun dalam persendian termasuk dalam ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal, karena penumpukan kristal kristal inilah yang terkadang membuat nyeri bengkak dan juga meradang. Sedangkan penumpukan kristal kristal pada ginjal hal ini dapat menyebabkan batu ginjal.

Mengobati Asam Urat Secara Alami
Mengobati Asam Urat Secara Alami

Penyakit asam urat ini merupakan penyakit yang sangat umum diderita oleh masyarakat , secara umum asam urat dapat menyebabkan rasa nyeri yang tidak Pertahankan hal ini dikarenakan adanya pembengkakan  pada bagian persendian. Semua bagian persendian dalam tubuh dapat terkena asam urat . Namun kebanyakan yang sering terjadi pada masyarakat adalah pada bagian sendi jari jari tangan, sendi jari jari kaki, sendi pergelangan kaki dan sendi pada bagian lutut.
Penyakit asam urat ini dapat terjadi dan menyerang siapa saja , namun menurut hasil penelitian medis ternyata laki laki lebih rentan terkena asam urat dan laki laki pada usia tigapulih tahunan memiliki resiko tinggi terkena asam urat.

Penyebab Asam Urat

Ada beberapa penyebab timbulnya penyakit asam urat ini , berikut adalah faktor faktor yang dapat munculkan asam urat :

  1. Pola makan , beberapa jenis makanan yang mengandung zat purin tinggi sangat berbahaya karena dapat memicu kadar asam dalam tubuh. Oleh sebab itu anda harus berhati hati dalam memberi asupan makanan dalam tubuh
  2. Obesitas atau kelebihan berat badan
  3. Obat obatan yang dapat minimbukan efek samping terhadap kadar asam urat
  4. Faktor usia 30-35 untuk laki laki dan wanita yang memasuki masa meni-pause
  5. Karena riwayat penyakit ginjal

Gejala yang sering terjadi

  1. Persendian terasa ngilu, Nyeri, Kesemutan, hingga bengkak dan memerah
  2. Nyeri ketika bangun tidur saat pagi dan malam hari
  3. Nyeri pada bagian persendian secara berulang ulang
  4. Terasa nyeri pada bagian persendian tangan,kaki,tumit,dan siku
  5. Jika nyeri yang sudah begitu sakit biasanya membuat si penderita susah untuk bergerak

Nah, itu tadi adalah beberapa penjelasan mengenai ASAM URAT sebagai referensi dan pengetahuan buat kita . Untuk sekarang g kita bahas topik utama yaitu apa saja sih obat alami yang dapat kita manfaatkan sebagai obat asam urat?

Oke , langsung saja kita bahas berikut ini adalah beberapa obat alami yang dapat kita manfaatkan untuk mengatasi asam urat :

  1. JAHE

Tidak hanya bermanfaat sebagai rempah penyedap makanan ternyata jahe juga memiliki banyak manfaat terutama untuk membantu meringkaskan rasa nyeri pada persendian karena asam urat. Pembuatan obat herbal ini juga sangat mudah ada bisa memanfaatkannya dengan membuat sop dari bahan jahe dan anda dapat mengkonsumsi nya secara rutin setiap hari , andapun dapat merasakan khasiat si jahe dalam beberapa minggu kedepan.

  1. BUNGA ROSSELLA

Bunga rosella ini juga dapat anda manfaatkan sebagai perada rasa nyeri akibat asam urat, anda dapat memanfaatkan rosela ini dikarenakan bunga rosella memiliki kandungan zat zat seperti protein esensial, dan juga vitamin C . berikut ini adalah cara pembuatan nya :

  • Sediakan 5-6 kelopak dari bunga rosella kering dan dicuci bersih
  • Setlah itu seduh menggunakan air panas dengan jumlah 200cc
  • Berikan madu sebagai pemanis pengganti gula
  • Minum setiap hari dalam sebulan anda akan merasakan khasiatnya
  1. DAUN SELEDRI

Alasan kenapa daun seledri bisa dimanfaatkan sebagai obat dari asam urat karena seledri memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat diantaranya adalah klorin,asam lemak esensial, asam folat, sulfur, zeng, vit B1, inositol, dan vitamin A. Berikut ini adalah cara pembuatnya :

  • Ambil 5 helai daun seledri dan cuci hingga bersih
  • Rebus dengan air 100 cc hingga mendidih
  • Saring dan tuangkan dalam gelas
  • Minum sebanyak 1 kali dalam sehari
  1. DAUN SIRSAK

Sirsak memiliki kandungan fitamin C dan A yang sangat bermanfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh , selain itu daun sirsak juga dapat mengurangi rasa nyeri yang dikarenakan asam urat. Cara pembuatan nya sangat mudah yaitu :

  • 5 lembar daun sirsak yang masih muda dicuci hingga bersih
  • Rebus dengan menggunakan air bersih secukupnya hingga mendidih
  • Kemudian minum setelah hangat
  • Rutinlah meminum ramuan ini supaya anda dapat merasakan khasiatnya dengan cepat
  1. BUAH CHERRIES

Buah ini ternyata juga sangat bermanfaat untuk dapat mengobati asam urat, kandungan magnesium dalam buah ini juga dapat digunakan untuk mengatasi asam urat anda. Selain itu kandungan potasium pada buah ini juga mampu mencegah peradangan atau inflamasi.

Cara pemakaianya anda cukup mengkonsumsi 9 buah ceries dalam setiap harinya , atau pun anda dapat memanfaatkannya dengan cara lain sesuai dengan selera anda juga bisa, lakukan setiap hari mengkonsumsi buah ini.

  1. MADU

Anda jua dapat memanfaatkan madu dan nanas sebagai obat dari asam urat yang anda alami, ramuan dari madu ini telah terbukti dapat meredakan rasa nyeri bahkan menyembuhkan asam urat. Cara pembuatan nya adalah sebagai berikut.

  • Kupas nanas dan pisahkan dagiing nanas tersebut
  • Iris nanas jadi bagian tipis tipis
  • Haluskan buah nanas menggunakan blander sampai benar benar halus
  • Berikan juga satu gelas jus jes ceries taburi uga dengan jahe dan kunyit yang sebelumnya sudah disiapkan
  • Tambahkan madu secukupnya
  • Kemudian minumlah ramuan ini sehari hari dengan teratur
  • Untuk penyimpanan usahakan taruh diwadah kaca dan ditutup dengan rapat kemudian letakan dalam kulkas
  • Ramuan ini biasa bertahan hingga sebulan dlam lemari es
  1. TERAPI MENGGUNAKAN AIR HANGAT

Terapi ini sudah dikenal sejak jaman dulu , terapi ini sangat dipercaya dapat meringankan rasa nyeri pada persendian akibat asm urat. Hal ini dikarenakan dengan ber-rendam dengan air hangat dapat memperlancar pembuluh darah, hingga kotoran kotoranpun akan dengan mudah dikeluarkan . lakukan terapi ini setiap hari untuk membantu menurunkan kadar asam urat anda.

  1. BROTOWALI

Jenis tanaman ini memang memiliki banyak sekali manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit dan merupakan salah satu obat dari asam urat. Cara mengolahnya pun  cukup sederhana yaitu :

  • Rebus beberapa batang brotowali hingga mendidih
  • Kemudian saring dan ambil air rebusan tersebut
  • Minumla rutin setiaphari untuk hasil yang lebih maksimal

Selain asam urat brotowali juga dapat menurunkan darah tinggi ,menurunkan kolesterol, mengendalikan gula darah, meningkatkan imunitas tubuh, membuat kulit senantiasa kencang dan awet muda dan masih banyak yang lainnya.

  1. KUMIS KUCING

Anda mungkin sering mendengar tentang khasiat dari ramuan yang satu ini terutama mengobati batu ginjal. Selain itu ternyata kumis kucing ini juga bisa membantu untuk mengatasi asam urat. Dan untuk mendapatkan tanaman ini pun cukup mudah biasanya banyak di sekitar kita maupun di pinggir sungai. Tanaman ini mengandung zat  orthosiphonin glikosida dan diuretik sehingga akan merangsang pengeluaran asam urat melalui urin selain itu juga dapat mencegah peradangan dan infeksi pada saluran kemih. Untuk mengolahnya anda cukup merebus ramuan tersebut dan meminumnya secara rutin dan teratur.

  1. SAMBILOTO

Tanaman ini juga banyak dikenal oleh masyarakat karena khasiatnya sebagai obat tradisional. Tanaman ini banyak tumbuh dan tersebar di indonesia dan tentunya sangat mudah untuk menemukannya. Tanaman ini ternyata juga merupakan obat dari asam urat yang cukup ampuh, seluruh bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat, namun yang sering digunakan adalah bagian daunnya .
cara mengolahnya juga cukup mudah dengan cara direbus kemudian minumlah air rebusanya .

  1. DAUN SALAM

Tanaman ini lebih dikenal sebagai bun=mbu dapur atau pelengkap masakan , ternyata eh ternyata tanaman ini juga merupakan salah satu obat dari asam urat .
Cara membuatnya pun anda cukup merebus daun salam secuupnya dengan air juga secukupnya , rebus hingga mendidih , saring dn kemudian ambil air rebusanya . minumlah ramuan ini secara teratur

  1. JAHE MERAH

Tidak hanya sebagai obat dari radang tenggorokan , akan tetapi juga dapat anda gunakan untuk menyembuhkan asam urat.
Buatlah jahe merah ini menjadi minuman , atau seperti sari wedang jahe lah istilahnya. Jahe merah ini berkhasiat untuk membuang asam urat yang menumpuk dan sekaligus menyembuhkan peradangan pada sendi, melancarkan peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh anda.

  1. TEH HIJAU

Tidak hanya dimanfaatkan untuk  menurunkan lemak dan juga kolesterol . teh hijau juga merupakan obat dari asam urat, anda dapat membuat minuman teh hijau untuk membantu menyembuhkan asam urat .

  1. SIDAGURI

Tanaman  ini biasanya tumbuh bersamaan dengan rerumputan , tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat asam urat karena mengandung zat alkaloid ephedrine yang bersifat deiretik.

cara menggunakannya anda cukup merebus daun sidaguri bersamaan dengan bijinya dan kemudian saring dan minumlah air rebusan tersebut , minumlah dengan teratur  untuk mengatasi asam urat sekaligus menyembuhkan peradangan pada saluran kencing dan meningkatkan stamina.

Baca Juga : 

Pencegahan untuk menghindari gangguan asam urat

  1. Hindari makanan yang banyak mengandung zat purin seperti teri, hati, kaldu, daging, ikan tuna , ikan trouth, loster , udang, kerang, kacang kacangan, kembang kol , sarden, dan lain sebagainya.
  2. Tidak minum atau kurangi mengkonsumsi alkohol
  3. Minum air putih yang banyak mengandung alkaline 12 gelas sehari
  4. Minum susu
  5. Menjaga berat badan
  6. Mengkonsumsi multi vitamin dan vitamin C

Komplikasi yang sering terjadi akibat asam urat

Meskipun jarang menimbulkan komplikasi , tetap kita harus mewaspadai beberapa komplikasi yang dapat terjadi yaitu:

  • Munculnya benjolan keras disekitar area yang mengalami radang
  • Kerusakan pada sendi secara permanen
  • Batu ginjal yang disebabkan oleh pengendapan asam urat dan bercampur dengan kalsium dalam ginjal.

Jika anda mempunyai penyakit asam urat maka sebaiknya dikendalikan dan tangan ilah sedini mungkin , selain menimbulkan rasa nyeri yang amat sangat . bahkan berdasarkan penelitian penyakit asam urat ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang disebabkan penumpukan asam urat berlebih hingga mengakibatkan ginjal bekerja dengan ekstra.

Saya rasa cukup beberapa penjelasan mengenai ASAM URAT dan OBAT ALAMI ASAM URAT, sekian dan terimakasih…semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *