15 Manfaat Daun Bidara Untuk Rahasia Sehat Dan Cantik Alami

Posted on

Manfaat Daun Bidara Untuk Rahasia Sehat Dan Cantik Alami – Daun bidara merupakan daun yang berasal dari tanaman Bidara. Tanaman ini memang cukup populer di masyarakat. Selain mudah ditemukan, bidara tumbuh subur layaknya rumput, sehingga tidak perlu di budidaya kan tetapi bisa tumbuh sendiri di kebun-kebun. Karena tumbuhnya secara liar, banyak orang yang mengabaikan manfaat daun bidara. Tidak sedikit orang yang membersihkan kebunnya setiap hari dari tanaman bidara karena memang tidak mengerti apa saja manfaat dan khasiat nya.

Manfaat Daun Bidara Untuk Rahasia Sehat Dan Cantik Alami
Manfaat Daun Bidara Untuk Rahasia Sehat Dan Cantik Alami

Kalau dari tampilan nya, memang tidak ada yang istimewa dari daun bidara. Tanaman ini tumbuh dengan tinggi hanya 6 meter saja. Daun nya juga cukup lebat meskipun usianya masih muda. Kali ini, beberapa orang mulai memperhatikan keberadaan tanaman bidara setelah tahu apa saja manfaat daun bidara.

Daftar Manfaat Daun Bidara

Untuk yang muslim, daun bidara bahkan sering disebut didalam kitab suci Al-Quran, apakah anda menyadarinya? Pohon berduri tersebut juga mudah sekali ditanam, meskipun area pekarangan rumah anda begitu kering dan kurang air. Nah, jika anda penasaran apa saja yang bisa anda dapatkan dari daun bidara, berikut ulasannya.

1. Obat Ruqyah

Sepintas terdengar seperti mitos, tidak betul, tidak masuk akal, atau mungkin seseorang yang berbicara daun bidara dapat mengusir jin menurut anda mungkin sedang berbicara omong kosong. Fakta nya, memang daun bidara dapat dijadikan obat ruqyah atau obat untuk mengusir jin. Jin yang mengganggu dapat diatasi dengan daun bidara. Hal ini juga sudah banyak ustadz yang menyampaikan. Bahkan, sejak jaman nabi, daun bidara seringkali digunakan untuk membuat jin pergi. Selain itu, daun bidara sejak jaman nabi juga digunakan untuk mengatasi sihir secara ampuh.

Maka dari itu, jika anda, saudara, atau lainnya sedang mengalami gangguan sihir atau jin, sebaiknya sarankan untuk menggunakan daun bidara. Cara menggunakannya juga tergolong sederhana yaitu dengan mengambil beberapa helai daun bidara dan masukkan ke dalam gelas. Kemudian, bacakan berbagai ayat suci Al-Qur’an termasuk Al-Fatihah, ayat kursi atau lainnya. Basuhkan air tersebut pada pasien atau orang yang sedang mengalami gangguan jin dan sihir. Cara lainnya adalah dengan membasuh bagian mukanya saja.

Anda juga dapat menggunakan daun bidara untuk ditumbuk kemudian dimasukkan ke dalam air di gelas. Lalu, bacakan berbagai ayat suci Al-Qur’an. Cara ini bisa dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Hal terpenting adalah tetap berserah diri kepada Allah, dan jangan pernah anda takut pada jin atau sihir.

2. Untuk Memandikan Jenazah

Memandikan jenazah dengan menggunakan daun bidara ternyata memang adalah anjuran Rasul. Pada jaman dahulu, para sahabat dianjurkan Rasul untuk menggunakan daun bidara ketika mereka hendak memandikan jenazah. Mengapa demikian? Alasannya adalah kandungan pada daun bidara sangat efektif untuk membuat tubuh jenazah menjadi lebih wangi.

3. Obat Luka

Bagi kesehatan manusia, manfaat daun bidara bisa digunakan untuk mengobati luka dan menyembuhkannya dengan cepat. Seseorang yang memiliki luka bakar, luka gores dan juga luka lainnya bisa diberikan daun bidara. Daun bidara akan bekerja secara efektif untuk menghentikan pendarahan yang terjadi. Hasilnya, luka menjadi cepat kering dan cepat sembuh.

4. Obat Depresi

Tekanan ekonomi, tekana kompetisi dan tekanan lainnya membuat hidup di jaman saat ini penuh dengan tuntutan, mental yang kuat, dan salah-salah jika tidak tercapai seseorang bisa mudah sekali mengalami depresi. Untuk mengatasi masalah depresi, daun bidara ternyata cukup efektif. Penting sekali untuk mengatasi depresi sesegera mungkin karena jika dibiarkan berlarut-larut, maka dapat membuat fisik dan psikis menjadi terganggu.

Depresi juga harus mendapatkan penanganan yang tepat. Jika berlanjut pada depresi berat, ada banyak kemungkinan buruk yang terjadi. Untuk itu, anda bisa menggunakan ramuan daun bidara sebagai pencegahan alami. Daun bidara mengandung senyawa yang dapat membantu membuat saraf lebih rileks dan juga membantu memperlancar aliran darah. Hal ini penting karena dapat membuat pikiran dan tubuh seseorang yang sedang depresi kembali tenang dan rileks.

5. Obat Nafsu Makan

Nafsu makan dapat turun dengan drastis karena seseorang terlalu sibuk, terbiasa melewatkan jam makan atau karena memang terdapat suatu penyakit yang serius didalam tubuh sehingga malas makan. Hal ini benar-benar sepele, akan tetapi jika tidak diperhatikan maka akan berujung pada masalah yang serius. Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan secara rutin untuk diolah menjadi energi, maka akan berdampak pada kesehatan lainnya seperti gangguan pada usus dan juga asam lambung.

Mengkonsumsi daun bidara sangat penting untuk meningkatkan selera makan anda.

6. Obat Diabetes

Manfaat daun bidara lainnya adalah dengan digunakan sebagai obat diabetes. Fakta nya, pada saat ini masyarakat yang menderita diabetes meningkat, tidak peduli dengan usia dan jenis kelamin nya. Untuk anda yang mengalami diabetes, daun bidara dapat digunakan untuk membuat kadar gula dalam darah bisa turun. Anda harus mengkonsumsi daun bidara secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk mengobati diabetes anda.

7. Obat Metabolisme Tubuh

Meningkatkan metabolisme tubuh memang sangat penting. Hal ini dikarenakan meningkatnya radikal bebas yang cukup meresahkan seperti polusi, sinar UV dan debu yang memang sulit untuk diatasi saat ini. Satu-satunya cara yang bisa anda lakukan adalah dengan meningkatkan metabolisme atau antibodi didalam tubuh. Metabolisme tubuh yang kuat dapat membantu mencegah radikal bebas agar tidak masuk kedalam tubuh.

8. Obat Lambung

Lambung adalah salah satu organ pada tubuh manusia yang sangat penting peranannya. Lambung bekerja sebagai organ untuk menampung makanan yang dikonsumsi sebelum disalurkan ke usus. Tentu saja, lambung yang sehat tidak akan mengalami banyak gangguan. Namun, lambung yang kurang baik kesehatannya bisa mengalami berbagai gangguan seperti asam lambung, maag, dan juga kanker. Kunci agar lambung tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi daun bidara. Daun bidara yang dikonsumsi secara rutin mampu mengurangi masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan lambung.

9. Obat Bau Mulut

Untuk seseorang yang memiliki masalah dengan bau mulut, maka ini bukanlah masalah yang sepele. Bau pada mulut adalah tanda bahwa terdapat sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh. Bau mulut adalah pertanda bahwa didalam tubuh sedang ada penyakit yang terjadi. Sariawan dan bibir pecah-pecah adalah salah satu tanda bahwa mulut sedang bermasalah.

Ketika anda menggunakan daun bidara, maka manfaat daun bidara bisa anda rasakan karena terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi didalamnya untuk menghalau berbagai bakteri yang membawa penyakit dan menetap didalam mulut. Mulut juga menjadi lebih sehat secara alami.

10. Obat Kanker Dan Tumor

Anda bisa menggunakan daun bidara untuk mengatasi kanker dan tumor. Kanker dan tumor adalah dua hal yang benar-benar satu paket, tidak bisa dipisah meskipun keduanya bukanlah penyakit yang sama. Kanker dan tumor adalah penyakit yang mematikan. Cara yang bisa dilakukan agar dapat mencegah kanker dan tumor adalah dengan mengkonsumsi daun bidara secara rutin.

11. Obat Haid

Adalah takdir semua wanita untuk mengalami haid. Akan tetapi, beberapa wanita harus mendapatkan siklus haid yang kurang teratur. Haid yang teratur tentu membuat seseorang akan lebih mudah mendapatkan momongan karena pertanda bahwa bagian kesehatan reproduksi nya cukup lancar. Nah, untuk yang mengalami haid tidak lancar, menggunakan daun bidara bisa dijadikan obat.

12. Obat Rambut Kuat

Banyak sekali orang yang memiliki keluhan yang sama yaitu masalah rambut rontok meskipun semua mengakui bahwa mereka sudah rajin keramas, rajin menyisir rambut dan memilih shampo yang tepat. Memang, masalah rambut rontok adalah masalah semua orang, tidak peduli wanita atau laki-laki. Selain membuat tidak nyaman dan tidak percaya diri, rambut rontok juga mengancam para penderitanya. Seseorang dengan rambut rontok yang berlebihan memiliki resiko kebotakan.

Masalah rambut rontok berarti bukan masalah sepele dan harus diatasi dengan cara alami agar tidak membuat kondisi semakin parah. Menggunakan ramuan herbal adalah solusi tepat sebab lebih sehat. Anda bisa mengambil manfaat daun bidara yang sudah diramu dan dijadikan khusus shampoo agar rambut sehat dan lebat.

13. Obat Jerawat

Semua orang pasti akan merasa sebal ketika jerawat muncul di wajahnya. Jerawat yang membandel adalah masalah bagi banyak orang. Jerawat juga sering muncul tanpa melihat kondisi dan tepat. Pada pria dan wanita, jerawat adalah masalah yang sama. Belum lagi ditambah dengan rasa nyeri dan sakit. Jerawat bukan hanya membuat para penderitanya kesakitan, tapi juga cukup mengganggu penampilan mereka.

Nah, anda bisa menggunakan daun bidara agar dapat mengatasi jerawat secara ampuh.

14. Obat Penghilang Bau Darah

Ketika haid, fase yang alami pada semua wanita ini tentu memberikan sedikit masalah. Kondisi ketika haid adalah dinding rahim mengalami keruntuhan, dan terjadilah pendarahan yang ringan, yaitu disebut dengan haid. Haid yang normal selalu terjadi satu bulan sekali. Akan tetapi, haid menjadi bermasalah jika bau darahnya bisa tercium yang lain. Untuk anda yang menganggap ini sebagai masalah besar, anda bisa menggunakan daun bidara untuk diminum rebusan nya agar bau darah bisa hilang ketika sedang haid.

Baca juga manfaat daun lain nya :

15. Obat Dahaga

Memang ekstrak daun bidara sangat besar manfaatnya, nah ketika anda menggunakan daun bidara sebagai sirup anda pun mendapatkan manfaat yang sama. Perasan daun bidara diolah untuk dijadikan sirup dengan cita rasa sesuai selera. Sirup tersebut dapat anda gunakan untuk obat dahaga, sehingga sangat cocok untuk diminum ketika anda sedang haus betul. Sirup ini juga sangat aman untuk dikonsumsi dan tentunya sehat untuk semua kalangan.

Nah, bagaimana? Anda sudah tahu beberapa manfaat daun bidara yang cukup penting dan bisa anda dapatkan hanya dengan merebus atau menumbuk daun bidara. Manfaat lainnya juga masih banyak. Anda bisa menggunakan daun bidara sebagai masker herbal untuk membuat kulit anda tampak cerah, kencang dan lembut sehingga tampak awet muda. Atau, anda juga bisa menggunakan daun bidara untuk mengatasi kulit kering. Untuk pria, masalah ejakulasi dini juga dapat diatasi dengan daun bidara yaitu dengan menggunakan obat herbal daun bidara. Sederet manfaat lainnya adalah untuk mengatasi demam pada orang dewasa dan anak-anak, untuk mengatasi penyakit kardiovaskuler, untuk mengatasi sakit ketika buang air kecil, dan masih banyak lagi, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *