17 Makanan Untuk Penderita Anemia

Posted on

17 Makanan Untuk Penderita Anemia – Menjaga jumlah darah didalam tubuh agar tetap dalam keadaan yang normal merupakan suatu hal yang sangat penting sekali. Karena jumlah darah di dalam tubuh yang normal bisa membuat tubuh anda tetap dalam keadaan sehat dan bugar. Sebaliknya jika jumlah darah di dalam tubuh rendah maka anda bisa mengalami masalah kesehatan seperti anemia. Untuk dapat mengatasi masalah kesehatan tersebut anda bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan sehat. Makanan sehat tersebut memiliki manfaat mampu meingkatkan jumlah sel sel darah merah di dalam tubuh dan juga bisa membuat tubuh anda kembali bugar dan sehat.

Penyakit anemia merupakan salah satu penyakit yang menandakan bahwa anda kekurangan jumlah sel darah merah di dalam tubuh. Hal tersebut sama artinya dengan kandungan hemoglobin yang terkandung di dalam darah mengalami penurunan. Kandungan hemoglobin sendiri di ketahui merupakan sebuah kandungan senyawa protein yang membawa oksigen ke dalam sel darah merah. Berikut ini ada beberapa jenis makanan sehat yang bisa anda konsumsi supaya jumlah sel darah merah di dalam tubuh anda normal dan terhindar dari anemia. Makanan tersebut yaitu sebagai berikut :

Makanan Untuk Penderita Anemia
Makanan Untuk Penderita Anemia

1. Ikan Salmon

jenis ikan yang satu ini di ketahui memiliki banyak sekali kandungan omega 3 di dalamnya. Rupanya tidaknya memiliki kandungan itu saja tetapi ikan salmon ini memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Berbagai kandungan nutrisi yang ada pada ikan salmon ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh seperti dapat mencegah penyakit kanker, dan juga penyakit anemia.

2. Ikan Tuna

masalah kesehatan seperti anemia ini bisa diatasi dengan mengknsumsi ikan tuna. Hal itu di karenakan ikan tuna ini bisa memberi asupan berbagai kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Ikan tuna ini juga bisa mengatasi masalah anemia secara alami.

3. Selai Kacang

apabila sudah muncul tanda tanda anemia yang sudah berat, anda di sarankan untuk mengkonsumsi selai kacang ini untuk mengatasinya. Hal itu di karenakan selai kacang ini memiliki kandungan zat besi. Dengan mengkonsumsi selai kacang ini secara teratur maka produksi sel darah merah akan normal.

4. Oatmeal

bagi penderita penyakit jantung biasanya akan mengkonsumsi jenis makanan ini. Jenis makanan sehat yang satu ini bisa di jadikan sebagai pengganti nasi putih yang baik. Berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan ini sangat bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat mengatasi anemia.

5. Hati Sapi

tidak semua orang menyukai jenis makanan yang satu ini, tetapi untuk penderita anemia makanan ini sangat di sarankan sekali. Hal tersebut di karenakan di dalam hati sapi ini terdapat berbagai kandungan vitamin, zat besi dan juga protein yang bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh.

6. Telur

sudah tidak diragukan lagi, bahwa jenis makanan sehat yang satu ini memiliki kandungan ptrotein yang tinggi serta kandungan gizi yang lainnya. Kandungan zat besi yang ada di dalam telur ini juga tergolong cukup tinggi. Dengan demikian jenis makanan ini sangat baik sekali jika di konsumsi oleh penderita anemia. Agar mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya konsumsiah telur secara rutin setiap hari.

7. Kedelai

jenis kacang kacang yang satu ini un di ketahui sangat bagus sekali bagi penderita penyakit anemia. Dimana jenis makanan ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat mendukung dalam penyerapan kandungan zat besi di dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi kedelai ini dalam bentuk olahan tahu, olahan tempe, dan juga olahan susu kedelai.

8. Daging Merah

bagi orang yang menderita penyakit darah tinggi jenis makanan yang satu ini perlu di jauhi. Hal itu berbeda dengan penderita penyakit anemia yang justru sangat di sarankan sekali untuk mengkonsumsi jenis makanan sehat yang satu ini. Daging merah yang tak berlemak bisa bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

9. Bayam

jenis sayuran hijau yang satu ini memiliki manfaat dapat melawan penyakit anemia. Berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam bayam ini sangat efektif sekali untuk melawan penyakit anemia. Kandungan zat besi dan juga beta karoten dan juga serat yang ada di dalamnya bisa bermanfaat untuk memulihkan kondisi anemia yang sedang di alami.

10. Beras Merah

jenis makanan sehat yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang ada di dalam beras merah ini juga bia bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan bagi penderita anemia.

11. Kembang Kol

berbagai jenis kandungan nutrisi yang ada di dalam kembang kol sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrusi tersebut bisa mendukung untuk penyerapan kandungan zat besi di dalam tubuh. Jenis makanan ini sangat baik sekali bagi penderita penyakit anemia karena bisa memberi energi tambahan.

12. Brokoli

jenis sayuran yang satu ini di ketahui sangat ampuh sekali untuk melawan anemia. Brokoli ini memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk membantu penyerapan kandungan zat besi di dalam tubuh penderita anemia. Untuk itu sangat di sarankan sekali bagi penderita anemia untuk mengkonsumsi sayuran ini.

13. Buah Bit

bagi orang yang sedang menderita anemia, buah bit merah ini merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik sekali untuk di konsumsi penderita anemia. Hal itu di karenakan buah ini memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi sekali serta sangat efektif sekali untuk mengembalikan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

14. Kurma

jenis buah yang satu ini bisa bermanfaat menjadi penambah tenaga bagi penderita anemia. Berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini bisa membantu untuk memenuhi asupan nutrisi di dalam tubuh. Kurma ini selain bisa mengatasi penyakit anemia juga bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan yang lainnya.

15. Tomat

buah tomat memiliki kandungan vitamin C yang tergolong sangat tinggi di dalamnya. Kandungan vitamin C tersebut di ketahui bisa bermanfaat untuk membantu dalam penyerapan kandungan zat besi di dalam tubuh lebih cepat. Konsumsilah secara rutin buah tomat ini agar penyakit anemia bisa lebih baik.

16. Apel

tak ketinggalan buah yang satu ini yaitu buah apel. Buah apel ini siap membantu anda agar selalu dalam keadaan sehat dan bisa jauh dari berbagai penyakit. Hal itu di karenakan buah apel ini memiliki berbagai jenis kandungan nutrisi yang baik sekali bagi kesehatan tubuh. Kangungan nutrisi yang ada di ddalam apel ini bermanfaat mampu meningkatkan hemoglobin di dalam tubuh.

17. Buah Persik

bagi anda yang sedang menderita penyakit anemia, sangat penting mengetahui bahwa per 100 gr buah persik terdapat kandungan zat besi sebanyak 5,9 mg. Tidak hanya hal itu saja, kandungan vitamin C yang ada di dalam buah ini juga sangat tinggi sekali. Dengan demikian sangat bagus sekali jika buah yang satu ini di konsumsi untuk melawan penyakit anemia.