20 Bahaya Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Bahaya kopi bagi kesehatan tubuh  – Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sangat populer sekali bagi semua kalangan masyarakat sejak zaman dahulu hingga sekarang. Menurut para ahli kesehatan di dunia, kopi ini memiliki kandungan senyawa kafein yang berbentuk kristal. Kandungan senyawa tersebut memiliki rasa yang lumayan pahit dan juga dapat bekerja untuk dapat menghasilkan psikoteknik yang tergolong kuat dan juga diuretik yang tergolong ringan. Kandungan tersebut selain terkandung di dalam minuman kopi jika ada di dalam minuman teh.

20 Bahaya Kopi Bagi Kesehatan Tubuh
20 Bahaya Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Minuman kopi ini selain memiliki manfaat dan juga khasiat baik sekali bagi kesehatan tubuh juga memiliki efek atau dampak yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Dengan terlalu banyak mengonsumsi minuman kopi ini biasanya bisa terjadi efek atau dampak yang kurang menyehatkan bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi minuman kapi dengan berlebihan dapat mengakibatkan anda menjadi kecanduan. Di mana jika anda tidak minum minuman kopi ini dalam satu hari maka kepala anda bisa menjadi pusing dan juga gairah tubuh menjadi berkurang.

Lalu, apa saja damak negatif dari minuman kopi tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan tentang dampak negatif dari kebiasaan anda mengkonsumsi minuman kopi. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

20 Bahaya Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

1. Meningkatnya detak jantung

Bagi anda yang memiliki penyakit serangan jantung atau penyakit yang masih berhubungan dengan organ jantung lainnya. Akan lebih baik sekali jika anda tidak mengkonsumsi minuman kopi ini dengan dosis yang sangat berlebihan. Hal tersebut karena kandungan senyawa kafein yang ada pada minuman kopi ini dapat meningkatkan detak jantung anda. Hal ini bisa sangat membahayakan sekali bagi anda yang memiliki penyakit jantung serta penyakit yang masih berhubungan dengan organ jantung yang lainnya.

2. Tidak baik untuk kesehatan janin

Bagi para wanita yang sedang hamil sangat sarankan sekali untuk tidak mengkonsumsi minuman kopi ini. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang ada pada minuman koi ini bisa menyerang plasenta. Serta juga dapat menyerang sirkulasi darah dan juga detak jantung pada janin yang masih berada di dalam kandungan. Hal tersebut juga bisa mengakibatkan terjadinya keguguran.

3. Dapat meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh

Kandungan senyawa -senyawa yang ada di dalam minumam kopi tersebut bisa juga dapat meningkatkan tekanan darah yang ada di dalam tubuh secara drastis. Hal ini bisa sangat berbahaya sekali jika di konsumsi bagi orang yang memiliki tekanan darah yang sangat tinggi.

4. Daya tahan tubuh dapat menurun

Kandungan niacin yang ada di dalam minuman kopi merupakan salah satu jenis kandungan senyawa yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan kandungan senyawa niacin tersebut yang ada di dalam kopi bisa menyerap kandungan vitamin yang ada di dalam tubuh. Kandungan senyawa vitamin itu sendiri tentunya sangat di butuhkan sekali oleh tubuh untuk dapat melakukan proses -proses yang terdapat pada tubuh kita. Dengan demikian sangat di anjurkan sekali untuk mengkonsumsi minuman kopi dengan dosis yang tepat dan juga tidak berlebihan.

5. Dapat merusak sel mulut

Terkadang ada banyak sekali orang yang menikmati minuman kopi ini dengan berbagai macam cara untuk meminumnya. Salah satunya yang paling sering sekali yaitu mengkonsumsi kopi ketika minuman kopi tersebut masih dalam keadaan masih sangat panas sekali. Nah, perlu anda ketahui dan juga anda perhatikan dengan mengkonsumsi minuman kopi yang masih dalam keadaan masih panas bisa mengakibatkan rusaknya sel -sel yang ada pada mulut anda serta juga ada kerongkongan anda. Dengan demikian bisa menimbulkan dampak terjadinya kanker pada bagian mulut dan juga pada bagian kerongkongan.

6. Dapat menimbulkan insomnia

Pasti anda sudah sering sekali mendengar orang -orang berbicara minum kopi dulu biar tidak mengantuk. Hal tersebut memang banar yaitu dengan mengonsumsi minuman kopi terkadang bisa membuat tubuh kita terasa jadi segar dan juga dapat membuat mata kita jadi tidak mengantuk lagi. Namun, perlu anda ketahui dan juga anda perhatikan jika mengkonsumsi minuman kopi ini secara berlebihan dan juga dalam dosis yang berlebihan juga maka bisa menimbulkan gejala penyakit insomnia. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya efek dari kandungan minuman kopi tersebut. Selain hal itu minuman kopi juga dapat mengganggu kesehatan tubuh anda tentunya, dan juga dapat mengganggu aktivitas pada esok hari tentunya.

7. Dapat meningkatkan produksi asam lambung

Dengan mengkonsumsi minuman kopi secara berlebihan dan dalam dosis yang sangat besar maka kandungan keasaman pada kopi pun dapat bertambah. Hal tersebut bisa meningkatkan kandungan asam lambung yang ada di dalam tubuh anda. Hal tersebut juga bisa mengakibatkan timbulnya penyakit mag dan yang lainnya.

8. Dapat meningkatkan risiko gangguan pada organ mata

Masalah kesehatan ini masih berlaku untuk orang -orang yang menderita penyakit glaukoma atau bagi orang -orang yang mempunyai riwayat keluarga terkena penyakit glaukoma. Bagi orang -orang yang memiliki penyakit glaukoma sanga t di sarankan sekali agar tidak mengkonsumsi jenis minuman yang satu ini. Hal tersebut dikarenakan minuman kopi ini dapat meningkatkan aliran darah yang di akibatkan adanya kandungan kafein dalam kopi tersebut. Pengaruh adanya kandungan kafein yang ada pada kopi ini sangat berpengaruh terhadap peningkatan pada tekanan bola mata atau juga tekanan intra ocular.

9. Dapat meningkatkan terjadinya osteoporosis

Setiap kali jika anda mengkonsumsi minuman kopi sebanyak 180 ml kopi, keadaan tersebut bisa menimbulkan efek langsung pada kandungan kalsium yang ada di dalam tubuh anda. Hal tersebut dikarenakan jika seseorang mengkonsumsi minuman kopi sebanyak 180 ml kopi maka bisa mengakibatkan seseorang tersebut dapat kehilangan sekitar 5 mg kandungan kalsium di dalam tubuhnya. Kandungan kafein yang ada pada minuman kopi tersebut bisa memicu keluarnya kandungan kalsium melalui air urine atau juga air kencing.

10. Dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi

Kandungan kafein yang ada di dalam minuman kopi ini bisa menjadi semacam zat diuretik yang mana zat tersebut dapat memicu seseorang yang mengkonsumsi kopi ini menjadi sering ingin buang air kecil terus menerus.  Mengkonsumsi minuman kopi dalam jumlah yang sangat berlebihan bisa berpengaruh dengan sering sekali terasa nya ingin buang air kecil terus menerus, sehingga hal tersebut bisa memicu terjadinya dehidrasi.

11. Dapat memicu terjadinya kerutan -kerutan pada wajah

Meskipun minuman kopi ini sangat di gadang -gadang memiliki kandungan antioksidan. Ternyata dengan mengonsumsi minuman kopi dalam jumlah yang berlebihan justru dapat memicu timbulnya kerutan -kerutan di bagian wajah anda. Dengan mengkonsumsi minuman kopi dengan jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan rasa ingin buang air kecil yang terus menerus. Yang mana keadaan tersebut bisa menimbulkan terjadinya dehidrasi jika hal tersebut tidak diimbangi dengan adanya as upan air yang lainnya. Dari keadaan tersebutlah yang dapat memicu atau mengakibatkan timbulnya kerutan -kerutan yang terjadi pada wajah anda.

12. Dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran

Meskipun hal ini belum terbukti dengan sepenuhnya, namun bagi para wanita yang sedang hamil yang mengonsumsi minuman kopi sebanyak lebih dari 3 gelas dalam satu harinya dapat memicu untuk meningkatkan terjadinya keguguran pada kandungannya. Dengan demikian sanga di sarankan sekali bagi para wanita yang sedang hamil agar lebih menghindari untuk mengkonsumsi minuman kopi atau juga dapat mengurangi untuk mengkonsumsi minuman kopi dalam sehari harinya. Karena hal tersebut bisa membahayakan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan anda.

13. Dapat meningkatkan risiko sulit untuk dapat keturunan

Mengkonsumsi minuman kopi dalam jumlah yang terlalu banyak bagi pra kaum wanita bisa sangat berpengaruh terhadap sistem reproduksi hormon estrogen. Jika proses reproduksi hormon estrogen tersebut terganggu maka bisa sangat berpengaruh juga terhadap tingkat kesuburan pada kaum wanita. Sehingga hal tersebut bisa mengakibatkan untuk mendapatkan keturunan.

14. Dapat mengurangi keindahan gigi

Dengan mengkonsumsi minuman kopi ini bisa menyebabkan gigi anda menjadi kuning, berkarang bahkan juga berwarna hitam. Seseorang bisa lebih terlihat cantik jika memiliki gigi yang putih dan bersih. Dengan terlalu banyak mengkonsumsi minuman kopi tersebut dapat membuat gigi anda kurang sehat dan juga dapat berwarna kuning.

Artikel Gigi:…

15. Terjadi kelainan pada bayi

Bagi anda para wanita yang sedang hamil, anda perlu mengetahui bahwa dengan mengonsumsi minuman kopi yang terlalu banyak selama dalam beberapa hari pertama dapat mengakibatkan bayi tersebut susah tidur. Serta juga dapat mengakibatkan denyut jantung si bayi tersebut mejadi lebih cepat. Serta juga dapat menyebabkan bayi lahir dengan keadaan yang prematur. Dengan demikian alangkah baiknya jika para wanita tidak mengkonsumsi minuman kopi ini setelah melahirkan sampi bayi tidak menyusu pada ibunya.

Artikel Tentang Bayi :…

16. Terjadi iritasi di dalam sistem pencernaan

Banyaknya kandungan senyawa kafein serta juga kandungan asam yang ada di dalam minuman kopi ini dapat menyebabkan terjadinya iritasi di dalam perut anda dan juga dapat menimbulkan iritasi pada lapisan usus kecil anda. Selain hal itu, efek samping dari mengonsumsi minuman kopi ini untuk proses pencernaan lainnya yaitu seperti terjadinya diare dan juga yang lainnya.

17. Panas dalam

Masalah kesehatan seperti panas dalam ini bisa di sebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman kopi. Kandungan zat yang ada di dalam kopi ini dapat mengganggu kesehatan esofagus di bagian bawah. Serta kemudian dapat memicu munculnya kandungan asam klorida yang bisa membuat tubuh anda terkena panas dalam.

Baca Juga : 10 Penyebab Panas dalam dan cara mengatasinya

18. Tubuh kekurangan kandungan mineral

Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan minuman kopi ini dapat mempengaruhi kemampuan organ ginjal untuk dapat memproduksi kandungan kalsium, kandungan zink, serta kandungan magnesium. Hal tersebut bisa berpengaruh bagi kesehatan anda.

19. Timbul rasa stres

Kandungan senyawa yang ada di dalam kopi ini bisa meningkatkan produksi hormon cortisol di dalam tubuh anda serta juga hormon epinefrin, dan norepinephrine. Hormon tersebut bisa membuat anda selau merasa awan di sepanjang waktu. Oleh karena hal tersebutlah dengan mengkonsumsi kopi secara berlebihan bisa memberi tubuh anda waktu untuk beristirahat sejenak hingga menimbulkan anda rasa stres.

20. Dapat mengurangi kepadatan tulang

Karena dengan mengonsumsi kopi ini bisa membuat tubuh kita menjadi kekurangan kandungan mineral di dalam tubuh anda. Maka hal tersebut juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tulang tubuh anda. Kepadatan kandungan mineral yang ada di dalam tulang anda bisa menurun.