Jenis Infeksi Gigi dan Akibatnya yang Perlu Diketahui

1 min read

Jenis Infeksi Gigi

Jenis Infeksi Gigi – Jika dibiarkan, infeksi gigi dapat makin meluas, memunculkan rasa tidak nyaman, serta mengganggu kegiatan setiap hari. Oleh karenanya, kamu butuh memperhatikan kesehatan gigi serta mulut supaya terlepas dari infeksi gigi.

Jenis Infeksi Gigi

Terdapat beberapa jenis infeksi gigi yang kemungkinan berlangsung. Berikut beberapa macam infeksi gigi serta mengakibatkan yang penting kamu tahu:

Sakit Gigi

Sakit gigi berlangsung waktu rongga gigi (pulpa) alami infeksi. Infeksi ini biasanya diikuti dengan rasa ngilu selama seharian atau ngilu yang ada serta hilang dengan berkali-kali.

Sebabnya dapat berbagai macam, dari mulai pembusukan serta penyusutan gusi, gigi retak, dan penimbunan nanah di fundamen gigi karena infeksi bakteri.

Tanda-tanda yang dirasa berbentuk pusing, demam, bengkak di seputar gigi yang terinfeksi, serta timbulnya berbau busuk dari gigi yang terinfeksi.

Karies Gigi

Karies gigi salah satu keluhan umum pada gigi. Ini berlangsung karena terdapatnya penimbunan plak, yakni bakteri atau kotoran yang melekat serta hidup di rongga mulut karena tersisa makanan pada gigi. Pada infeksi ini, bakteri yang bertindak ialah Streptococcus mutans serta Lactobacillus.

Tanda-tanda ciri khas karies gigi ialah gigi peka, sakit gigi, timbulnya lubang pada gigi, ngilu waktu makan, serta munculnya bercak putih, cokelat, atau kehitaman pada gigi. Bila dibiarkan, infeksi ini dapat membuat ngilu, gigi berlubang, serta kerontokan gigi.

Radang Gusi (Gingivitis)

Radang gusi ialah infeksi (inflamasi) yang berlangsung pada gusi. Sama dengan karies gigi, radang gusi dikarenakan oleh penimbunan plak pada gigi. Infeksi ini membuat gusi meradang (merah serta bengkak) serta membuat gusi rawan berdarah waktu kamu menggosok gigi.

Walau gampang teriritasi, pada infeksi ini, gigi masih tertanam kuat serta tidak ada kerusakan tulang atau jaringan. Tetapi bila dibiarkan, infeksi ini dapat meluas serta mengubah jaringan, gigi, dan tulang yang ke arah pada penyakit gusi (periodontitis).

Infeksi Gusi (Periodontitis)

Periodontitis ialah fase lanjut pada penyakit gusi. Ini adalah infeksi gusi serius yang dapat mengakibatkan kerusakan jaringan lunak serta tulang yang menyokong gigi.

Tanda-tanda yang muncul salah satunya ialah berbau mulut, perkembangan warna gusi (gusi jadi merah jelas atau keunguan), pembengkakan serta perdarahan pada gusi.

Bila dibiarkan, infeksi ini dapat mengakibatkan kerusakan jaringan serta tulang pada gusi, tingkatkan efek kerusakan gigi, membuat kerontokan gigi, serta masuk ke saluran darah dan menyerang organ badan yang lain seperti paru-paru serta jantung.

Pengobatan Infeksi Gigi

Pengobatan pada infeksi gigi akan sesuai dengan pemicu fundamen serta keadaan kesehatan gigi. Untuk mengenali pemicu, biasanya dokter akan lakukan penilaian keadaan gigi serta tentukan perlakuan yang pas.

Dokter kemungkinan memberi resep obat antibiotik untuk menangani infeksi, obat analgetik untuk menurunkan ngilu, atau menyarankan mekanisme khusus seperti penambalan gigi, perawatan akar gigi, atau pencabutan gigi bila dibutuhkan.

Infeksi gigi seharusnya diatasi dengan selesai supaya tidak memunculkan komplikasi selanjutnya. Karena, bila tidak selekasnya diatasi, infeksi gigi dapat menebar ke jaringan lain, seperti gusi, tulang gigi, serta jaringan penyangga yang lain. Jadi, jika kamu memiliki keluhan pada gigi serta mulut, seharusnya kamu selekasnya bicara pada dokter.

Gagal Ginjal Akut atau Kronis, Lebih Berbahaya Mana?

Ginjal ialah organ badan yang bertindak penting dalam memfilter serta buang sampah produk dari darah. Saat ginjal alami kerusakan, produk sampah serta cairan menimbun...
BangBend
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *