5 Daftar Obat Sakit Perut Anak Terbukti Paling Manjur

Posted on

Bagi setiap orang tua, pengetahuan tentang obat sakit perut anak adalah hal yang wajib. Sakit perut memang hal yang lumrah, terutama untuk anak yang masih berusia empat sampai delapan tahun. Akan tetapi, sakit perut bisa menjadi masalah yang membuat badan anak tidak fit, lemah, dan bahkan dehidrasi.

5 Daftar Obat Sakit Perut Anak Terbukti Paling Manjur
5 Daftar Obat Sakit Perut Anak Terbukti Paling Manjur

Penyebab sakit perut memang bervariasi. Faktor utama yang paling sering adalah makanan yang dikonsumsi, otot yang sedang kram, dan anak-anak mengalami stress psikologis. Ketika anak mulai mengeluh sakit perut, anda sebaiknya harus memberikan pertolongan berikut sebagai pertolongan pertama.

Apa Saja Obat Sakit Perut Anak Yang Paling Ampuh Dan Aman?

Obat sakit perut anak yang ampuh dan aman adalah dengan menggunakan bahan tradisional dan alami. Selain membuat perut anak menjadi nyaman, obat dari bahan tradisional tidak memberikan efek samping. Berikut adalah daftar obat tradisional untuk sakit perut anak yang bisa anda coba.

  1. Teh

The bisa membantu membuat anak merasa nyaman. Sebab, kandungan anti-radang didalamnya dapat melegakan sakit perut yang terjadi karena kram otot. The mampu memberikan rasa nyaman karena otot perut menjdai lemas, mengurangi kram, dan menurunkan stres.

Caranya, anda tinggal menyajikan secangkir teh hangat. Anda juga bisa mencampurkannya dengan madu untuk menambah rasa.

  1. Jahe

Jahe adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa meredakan sakit perut anak, sehingga bisa anda jadikan obat sakit perut anak. Kandungan gingerol yang ada pada jahe akan mengurangi jumlah radikal bebas yang ada dalam tubuh. Gingerol sebagai antioksidan juga dapat mengurangi rasa mual dan tidak nyaman. Selain itu, jahe juga mengandung anti radang yang berfungsi untuk menetralkan pH. Akan tetapi, jika anak tidak suka minum jahe, sebaiknya jangan dipaksa. Sebab, jika stress secara psikologis hanya akan membuatnya semakin kesakitan.

  1. Kompres perut dengan botol

Gunakan botol yang diisi air panas untuk dikompreskan ke area perut anak. Caranya juga mudah, anda hanya tinggal mendudukkan atau membaringkan anak supaya nyeri di perut cepat reda. Cara ini juga sangat membantu meningkatkan aliran darah di kulit perut karena suhu yang hangat. Menggunakan kompres dengan botol dapat menetralkan rasa sakit perut. Cara lainnya adalah dengan mengoleskan minyak telon atau minyak lainnya yang memberikan sensasi hangat supaya sakit perut bisa hilang.

  1. Beri makanan tawar

Makanan yang mengandung banyak bumbu, bersaus, pedas, dan bahkan berminyak sangat rentan membuat saluran pencernaan anak yang masih belum kuat menjadi teriritasi. Itulah mengapa anak mengalami nyeri perut. Makanan tawar yang cocok diberikan ketika anak sedang sakit perut adalah pasta, yogurt, roti, nasi, dan juga bubur. Jenis makanan tawar ini mudah sekali dicerna oleh bagian pencernaan sehingga akan membantu mengembalikan sistem pencernaan.

  1. Yogurt

Jika sakit perut disebabkan oleh diare, maka sebaiknya anda memberikan yogurt untuk anak anda. Disebut diare jika anak BAB lebih dari tiga kali sehari. Yogurt memiliki bakteri baik yang dapat mengembalikan keseimbangan bakteri baik dalam usus.

Nah, memberikan obat sakit perut anak dengan bahan tradisional dan alami adalah pilihan penting sebagai pertolongan pertama. Selama perawatan ini, anda harus waspada dan tetap memerphatikan kondisi anak. Jika anak sakit perut disertai demam tinggi, atau tidak mampu berdiri dan duduk karena perutnya sakit serta tidak  mau dipegang perutnya, sebaiknya anda harus segera membawanya ke dokter. Kondisi sakit perut yang harus anda waspadai adalah jika disertai lendir atau darah di BAB anak, nyeri saat BAK, BAB lebih dari 4X sehari, dan jumlah air kencing menurun.

Semoga bermanfaat, dan semoga lekas sembuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *