5 Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil Yang Manjur Dan Aman Untuk Janin

Posted on

Hampir semua orang pasti pernah merasakan sakit gigi mulai dari para orang tua, remaja, dan bahkan anak-anak. Sakit gigi juga terjadi pada ibu hamil. Tidak sedikit ibu hamil mengeluhkan sakit gigi karena memang pengaruh dari hormone kehamilan. Memilih obat sakit gigi untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan. Anda harus mencari obat yang manjur, aman untuk janin dan penggunaannya juga sebaiknya atas saran dokter.

5 Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil Yang Manjur Dan Aman Untuk Janin
5 Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil Yang Manjur Dan Aman Untuk Janin

Ibu hamil membutuhkan obat untuk sakit gigi yang tidak memberikan efek membahayakan untuk janin. Ketika hamil, sebaiknya anda harus waspada karena rawan dengan gigi sensitif, karies, infeksi gigi dan masalah gigi lainnya. Hal ini terjadi karena tingkat hormone yang tidak seimbang, disertai dengan kadar hormone estrogen atau progesterone yang meningkat.

Apa saja obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman dan manjur?

  1. Parasetamol

Siapa bilang bahwa parasetamol berfungsi sebagai obat demam saja? Untuk anda yang ingin mengobati sakit gigi saat hamil adalah dengan menggunakan parasetamol, sebab sebagai pereda nyeri. Tetapi, anda tidak disarankan mengkonsumsinya terlalu banyak. Sebab, parasetamol ternyata masih memiliki efek samping yang kurang baik untuk kondisi janin anda.

  1. Air Hangat

Anda juga bisa meredakan sakit gigi dengan menggunakan air hangat. Air hangat bisa disiapkan untuk obat kumur.

Caranya sangat mudah, sebab anda tinggal menyediakan air hangat yang sudah dicampur garam. Kemudian, aduk garam sampai melarut dan rata. Gunakan cairan ini untuk berkumur. Tahan didalam mulut sampai 1 menit, dan ulangi berkumur dengan air garam ini sebanyak 3 sampai  kali, terutama setelah makan. Cara ini terbukti efektif mengobati sakit gigi pada ibu hamil. Selain itu, air campuran ini dapat membersihkan sisa makanan yang menempel pada gusi dan gigi yang rentan memicu sakit gigi.

  1. Daun Bayam

Daun bayam adalah obat sakit gigi tradisional yang bisa anda gunakan saat hamil dan sedang mengalami sakit gigi. Anda bisa menguyah segenggam daun bayam. Atau, anda juga bisa memasak daun bayam untuk disantap sebagai obat sakit gigi untuk ibu hamil.

  1. Air Es

Air es bisa digunakan untuk mengkompres area yang sedang nyeri. Misalnya, anda bisa mengkompres di bagian sisi luar gigi yang terasa sakit dengan cara menyiapkan handuk. Celupkan handuk pada air es untuk mengkompres. Sebaiknya, anda tidak mencoba menggunakan es batu, sebab jika menggunakan es batu malah akan membuat gigi terasa sakit.

  1. Daun Jambu Biji

Alternatif lainnya yang bisa anda coba adalah dengan mengunyah daun jambu biji. Kandungan anti bakteri dalam daun jambu biji sangatlah bermanfaat dan cukup efektif untuk meringankan sakit gigi. Untuk menggunakan daun jambu biji, anda tinggal mengunyah daun tersebut sampai keluar lendir. Kemudian, biarkan selama beberapa menit dan tempatkan kunyahan tersebut di bagian gigi yang dirasa sakit.

Baca Juga :

  1. Daftar Gejala Penyakit Gula Yang Harus Diwaspadai
  2. Gejala Darah Rendah Yang Paling Sering Terjadi
  3. 5 Penyebab Terlambat Datang Bulan Tapi Tidak Hamil

Itulah beberapa daftar obat sakit gigi untuk ibu hamil yang sangat efektif, manjur, dan tidak menimbulkan efek membahayakan bagi janin anda. Tidak semua orang bisa dikaruniai anak dengan mudah. Itulah mengapa anda sebaiknya bersyukur dan menjaga agar janin anda tetap sehat, walaupun anda mengalami berbagai gangguan kesehatan saat hamil. Sebagai tanda kasih sayang anda terhadap janin, sebaiknya anda menggunakan cara tradisional dari bahan alami supaya tidak ada masalah dengan janin anda nantinya. Semoga membantu, dan semoga cepat sembuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *