5 Penyebab Sering Buang Air Kecil Yang Harus Anda Waspadai

Posted on

Buang air kecil jika terlalu sering bisa menjadi tanda bahwa kondisi tubuh harus anda waspadai. Bisa jadi, penyebab sering buang air kecil terjadi karena adanya penyakit yang mengganggu kesehatan anda. Secara umum, buang air kecil adalah suatu kondisi tubuh yang sedang melakukan fungsinya dengan normal.

5 Penyebab Sering Buang Air Kecil Yang Harus Anda Waspadai
5 Penyebab Sering Buang Air Kecil Yang Harus Anda Waspadai

Seseorang harus buang air kecil paling tidak dua sampai tiga kali sehari dengan mengkonsumsi minuman dan makanan yang biasa. Nah, bagaimana jika anda sering buang air kecil bahkan terus-menerus serta intensitasnya tinggi? Berikut beberapa penyebab sering buang air kecil yang harus anda waspadai.

  1. Diabetes Melitus

Seseorang yang sering kencing, kemungkinan memiliki gejala diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Kencing yang terlalu sering disebabkan oleh ginjal yang memproses insulin (gula) yang dimuat oleh darah. Kondisi ini membuat ginjla akan membuang gula tersebut dengan kencing. Itulah mengapa, seseorang yang memiliki diabetes akan mendapati kandungan gula pada air seninya.

  1. Hamil (Penyebab Kaki bengka Saat hamil)

Untuk wanita, hamil bisa menjadi penyebab mengapa sering buang air kecil. Seiring berjalannya waktu, dari minggu ke minggu, usia janin akan besar dan intensitas buang air kecil akan bertambah. Mengapa?

Sebab, air seni yang harus ditampung di bagian kandung kemih menjadi lebih sedikit. Itulah mengapa ibu hamil akan sering buang air kecil. Ini adalah kondisi normal, tidak ada yang harus anda khawatirkan.

  1. Prostat

Untuk kaum pria, salah satu penyebab sering buang air kecil adalah karena penyakit prostat. Jika anda sering buang air kecil disertai rasa sakit ketika membuangnya, maka anda harus waspada. Penyakit prostat merupakan penyakit yang mengganggu bagian saluran kandung kemih bawah yang bekerja untuk membentuk sperma.

Mengapa penderita prostat bisa sering buang air kecil? Prostat terus membesar, sehingga akan menekan uretra. Uretra adalah tabung untuk membantu mengeluarkan urin dari tubuh. Kondisi ini akan membuat aliran urin terhambat, kandung kemih jadi mudah tegang dan menimbulkan rasa sakit serta sering buang air kecil.

  1. Jika sering buang air kecil berintensitas banyak

Jika urin yang dikeluarkan tubuh cukup banyak, serta terus-menerus hal ini adalah respon tubuh terhadap lingkungan. Penyebabnya pun bervariasi, seperti karena anda terlalu banyak minum, karena udara sedang dingin, karena anda mengkonsumsi apapun yang mengandung kafein, karena anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan karena kondisi kandung kemih hiperaktif.

Untuk faktor terakhir, tentang kandung kemih yang hiperaktif, hal ini adalah sebuah kelainan walaupun masih dianggap wajar.

  1. Jika sering buang air kecil intensitas urin sedikit

Jika anda sering buang air kecil terus-menerus, sedangkan jumlah urinnya sedikt maka bisa jadi pertanda bahwa ada kondisi yang tidak normal pada bagian pencernaan dalam tubuh. Beberapa kemungkinan yang terjadi walaupun hanya 15% adalah radang kandung kemih, batu ginjal, serta gejala kanker. (Ketahui 7 Penyebab Infeksi Saluran Kencing Berikut Ini)

Itulah beberapa penyebab sering buang air kecil yang harus anda waspadai. Beberapa faktor menjadi pertanda bahwa anda sedang mengalami gangguan kesehatan. Untuk itu, ketika anda sering buang air kecil, anda harus memahami berbagai gejala yang bersangkutan dengan faktor-faktor yang sudah disebutkan di atas. Dengan berbagai gejala yang berhubungan dengan faktor-faktor tersebut, maka anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Anda juga harus rajin-rajin menjaga kesehatan organ-organ pencernaan. Hal ini dibutuhkan untuk mencegah kemungkinan buruk yang akan membuat kesehatan anda jadi terganggu, apalagi jika gejala yang muncul berhubungan dengan penyakit yang serius dan berbahaya. Semoga bermanfaat!