5 Penyebab Terlambat Datang Bulan Tapi Tidak Hamil

Posted on

Penyebab terlambat datang bulan pada wanita mungkin seringkali disangkutkan dengan kondisi berbadan dua, atau hamil. Ya, banyak perempuan menduga bahwa dirinya hamil ketika terlambat datang bulan selama seminggu atau dua minggu, dan ketika sudah di periksa hasilnya adalah negatif.

5 Penyebab Terlambat Datang Bulan Tapi Tidak Hamil
5 Penyebab Terlambat Datang Bulan Tapi Tidak Hamil

Faktanya, hamil hanyalah satu dari sekian banyak faktor mengapa anda bisa terlambat datang bulan. Pada dasarnya, datang bulan adalah siklus bulanan. Siklus ini terjadi ketika lapisan dinding rahim yang menampung darah dan cairan kemudian meluruh, sehingga darah keluar dari vagina sebagai pertanda bahwa tidak ada pembuahan yang terjadi. Periode ini tentu tidak sama antara satu wanita dengan wanita lainnya. Nah, apa saja penyebab terlambat datang bulan padahal tidak hamil? Berikut daftarnya.

  1. Stres

Saat tubuh sedang stress, maka tentu akan membuat banyak hal tidak teratur, termasuk siklus menstruasi. Tubuh yang sedang tertekan akan memproduksi hormone GnRH yang lebih sedikit, sehingga wanita tidak haid. Biasanya akan bisa kembali normal jika stress menghilang atau dengan bantuan dokter.

  1. Sakit

Sakit yang terjadi dalam waktu lama bisa menyebabkan terlambat datng bulan. Sehingga, kondisi ini hanyalah kondisi yang sementara. Jika sakit sudah sembuh, datang bulan kembali pada siklus normalnya.

  1. Pola hidup berubah

Seseorang yang mengubah pola hidupnya sudah pasti membuat tubuhnya mengubah performanya. Misalnya saja, jika seorang karyawan pindah jam kerja dari siang ke malam atau sebaliknya, maka tidak heran jika tamu bulanan menjadi telat datang, dan tidak teratur. Inilah mengapa pola hidup yang berubah dapat menjadi salah satu penyebab terlambat datang bulan.

  1. Sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Seseorang yang sedang berada pada kondisi harus mengkonsumsi berbagai obat-obatan, pastinya akan membuat siklus bulanannya menjadi berubah. Salah satu obat yang dapat membuat haid terlambat datang adalah obat gatal-gatal. Obat lainnya adalah obat sakit telinga.

  1. Terlalu gemuk

Seseorang yang terlalu gemuk maka membuat hormone pada tubuh dapat mengubah siklus menstruasi. Di kondisi tertentu, mungkin menstruasi akan berhenti total. Jika berat badan sudah kembali turun, maka kondisi ini pun akan berhenti dan tamu bulanan kembali datang.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat membuat mensturasi terlambat datang. Ada berbagai usaha yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan siklus pada kondisi normal. Anda bisa mencoba menggunakan testpack, jika anda positif hamil maka sebaiknya anda segera mengunjungi dokter kandungan supaya dapat mengetahui kondisi janin.

Baca juga :

  1. 5 Penyebab Sering Buang Air Kecil Yang Harus Anda Waspadai
  2. Ini Lho 5 Penyebab Mimisan Pada Anak Dan Balita Yang Paling Sering
  3. 5 Daftar Obat Sakit Perut Anak Terbukti Paling Manjur

Namun, jika hasil estpack menunjukkan bahwa anda negatif, maka ada beberapa penyebab lainnya yang harus anda ketahui. Bisa jadi anda salah hitung, badan terlalu kurus, kondisi anda sedang dalam pra menopause, atau menopause. Solusi lainnya yang bisa anda lakukan setelah mencoba testpack yang negative adalah dengan sabar menunggu sekitar satu minggu lagi untuk mencoba tes kedua. Jika hasil menunjukkan masih negatif, maka sudah pasti ada faktorlain yang menjadi penyebab mengapa anda bisa terlambat datang bulan.

Kalau mengetahui penyebab terlambat datang bulan belum membuahkan hasil, bisa saja karena anda memiliki jam biologis yang tidak stabil, kurang istirahat, atau karena kondisi tubuh anda sedang lemah. Untuk menjawab pertanyaan anda, anda bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter. Sampaikan keluhan anda mengenai mengapa anda bisa terlambat datang bulan, dan apa kemungkinan penyebabnya. Jika karena anda sedang mengkonsumsi obat tertentu dengan efek samping yang mengarah pada siklus datang bulan anda, dokter pun akan membantu memberikan obat lainnya. Semoga bermanfaat!