7 Makanan Sehat Menunjang Tumbuh Kembang Anak

Posted on

7 Makanan Sehat Menunjang Tumbuh Kembang Anak – Pola makan pada anak anak merupakan salah satu faktor yang sangat penting sekali untuk masa pertumbuhanya. Asupan jenis makanan yang sehat sangat diperlukan sekali untuk menunjang tumbuh kembangya tubuh dan juga orak anak. Anak anak memerlukan asupan nutrisi dari berbagai jenis makanan yang di konsumsi. Tetapi kurangnya pengetahuan dan juga keinginan anak untuk mengkonsumsi jenis makanan yang tidak sehat akan menyebabkan pertumbuhan otak dan juga tubuh si anak bisa terhambat serta gampang sekali sakit. Dengan memberikan asupan jenis makanan yang sehat serta memiliki kandungan vitamin dan juga kandungan mineral di dalamnya. Maka tumbuh kembang anak menjadi baik dan juga tidak mudah sakit.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan sehat yang sangat di rekomendarikan untuk di konsumsi anak. Agar anak lebih cerdas dan mudah menangkap pelajaran di sekolah. Selain itu juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak.

7 Makanan Sehat Menunjang Tumbuh Kembang Anak
7 Makanan Sehat Menunjang Tumbuh Kembang Anak

1. Ikan Tuna

jenis makanan sehat yang satu ini sangat berguna sekali untuk menunjang pertumbuhan anak dan juga perkembangan otak. Jenis ikan tuna yang satu ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi di dalamnya. Kandungan asam lemak omega 3 tersebut sangat bermanfaat atau berperan penting untuk masa pertumbuhan dan juga perkembangan otak anak.

Selain hal itu, ikan tuna ini juga mengandung berbagai kandungan vitamin dan juga mineral dan juga bermanfaat sebagai sumber kandungan protein yang tergolong sangat tinggi. Anda dapat mengkombinasikan ikan tuna ini dengan beberapa jenis makanan sehat yang lainnya untuk di sajikan sebagai salah satu menu makanan sehat untuk anak. Agar mendapatkan manfaat atau hasil yang maksimal sebaiknya hidangkanlah jenis makanan sehat ini secara teratur setiap hari.

2. Daging

jenis makanan lain yang baik untuk pertumbuhan dan juga perkembangan otak anak yaitu daging. Daging ini memiliki berbagai kandungan gizi di dalamnya. Kandungan gizi tersebut sangat baik sekali untuk pertumbuhan dan juga perkembangan otak anak. Jenis daging yang sangat baik sekali untuk di konsumsi anak yaitu jenis dangi yang tidak memiliki kadar lemak di dalamnya. Sajikanlah danging tanpa lemak ini ke dalam menu makanan sehat si anak guna melengkapi kebutuhan gizi pada anak.

Danging yang tidak berlemak merupakan jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai sumber makanan yang mengandung banyak zat besi dan juga protein yang tergolong tinggi. Kedua kandungan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh anak dalam melengkapi kebutuhan gizi di dalam tubuh selama dalam masa pertumbuhan dan juga perkembangan otak.

3. Susu

anak anak yang sedang dalam masa perkembangan sangat membutuhkan sekali kandungan kalsium yang jumlahnya lebih banyak. Hal itu di karenakan kandungan kalsium ini bermanfaat sekali untuk pembentukan tulang dan juga gigi anak. Kandungan kalsium ini berperan sangat penting dalam pembentuka tulang agar lebih kuat dan sehat.

Susu juga bisa di jadikan sebagai salah satu sumber kandungan protein dan juga lemak yang bermanfaat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh anak. Dengan demikian sangat di sarankan sekali untuk memberikan susu kepada anak secara rutin agar tumbuh kembangnya lebih baik.

4. Telur

jenis makanan sehat yang satu ini sangat mudah sekali untuk memperolehnya dan juga cara mengolahnya. Telur ini merupakan salah satu jenis sumber makanan sehat dengan berbagai kandungan gizi di dalamnya. Kandungan gizi tersbut seperti kandungan vitamin, protein, zat besi, dan juga kandungan mineral. Kandungan gizi tersebut memiliki peranan yang sangat penting sekali untuk mendukung tumbuh kembang anak. Kandungan protein hewani yang ada ada telur memiliki manfaat yang sangat penting sekali dalam mengoptimalkan perkembangan anak.

5. Sayuran

jenis makanan sehat selanjutnya yaitu sayur sayuran. Sayuran ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik sekali untuk tumbuh kembangnya anak. Kandungan serat, vitamin, dan juga kandungan mineral yang sangat tinggi di dalamnya menjadikan sayur ini sebagai salah satu jenis makanan sehat yang terbaik guna menunjang pertumbuhan dan juga perkembangan anak.

Untuk menunjang tumbuh kembangnya anak, sebaiknya anda memberikan sayuran ini untuk di konsumsi. Untuk mengatasi bisa anak tidak menyukai sayuran ini sebaiknya anda menyajikan sayuran ini dengan cara yang lebih variatif. Dengan demikian anak anakpun bisa lebih tertarik untuk mengkonsumsi jenis makanan sehat yang satu ini.

6. Kacang Kacangan

terkadang para orang tua merasa khawatir dengan terjadinya elergi pada saat harus memberikan jenis makanan sehat yang satu ini. Tetapi, perlu para orang tua ketahui bahwa kacang merupakan salah satu jenis makanan sehat yang memiliki kandungan antioksidan dan juga kandungan vitamin E di dalamnya. Kedua kandungan nutrisi tersebut sangat bermanfaat sekali untuk menunjang pertumbuhan dan juga perkembangan anak.

7. Buah Buahan

jenis makanan sehat yang satu ini sangat mudah sekali untuk di berikan kepada anak. Anda tidak perlu mengolah kembali jenis makanan ini. Buah buahan ini memiliki berbagai jenis nutrisi yang baik sekali untuk tumbuh kembang anak. Kandungan nutrisi tersebut seperti kandungan vitamin, dan yang lainnya. Kandungan vitamin seperti vitamin C memiliki peranan sangat penting sekali sebagai zat antioksidan guna menangkal radikal bebas. Dengan demikian, sangat di sarankan sekali untuk memberi buah buahan pada anak agar kebutuhan nutrisi di dalam tubuhnya tercukupi selama masih dalam masa pertumbuhan.