8 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh manusia tidak perlu di ragukan lagi, sudah lama sekali sejak nenek moyang kita, bahwa temulawak banyak di manfaatkan sebagai obat obatan herbal. Temulawak selama ini memang sudah di kenal sebagai obat obatan herbal asli dari Negara Indonesia yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan
Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Bagian temulawak yang banyak di manfaatkan adalah bagian akarnya atau juga yang sering di sebut rimpang. Akar tersebutlah yang akan diolah menjadi obat obatan alami atau hebal. Cara pengelolahan temulawak juga berbeda beda. Berikut ini adalah beberapa menfaat  dari tamnaman temulawak yang baik sekali untuk kesehatan tubuh manusia dan juga penting untuk kita ketahui:

  1. Menjaga kesehatan pada hati

Manfaat tanaman temulawak bagi kesehatan pada hati sangat baik sekali. Dimana dengan mengkonsumsi tanaman temulawak fungsi hati sangat terjaga kesehatanya. Tanaman temulawak sangat baik untuk menjaga dan juga memelihara kesehatan pada hati. Hal ini di karenakan banyak mengandung kandungan katagogo. Kandungan katagogo ini lah yang dapat membantu hati untuk memproduksi empedu dan juga dapat memberikan rangsangan agar mengosongkan empedu.

  1. Mengurangi radang pada sendi

Tanaman temulawak juga mengandung kandungan kurkumin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Terutama untuk mengurangi radang pada sendi.

  1. Menurunkan lemak pada darah

Manfaat tanaman temulawak untuk kesehatan tubuh manusia selanjutnya adalah tanaman temulawak bisa menurunkan kadar lemak dalam darah. Tanaman temulawak dapat mengahasilkan ekstrak temulawak dan juga fraksi kurkuminoid. Hal ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

  1. Mengatasi penyakit maag

Untuk mengatasi penyakit maag kida dapat menggunakan tanaman temulawak. Caranya siapkan tanaman temulawak satu rimpang, lalu cuci sampai bersih dan juga buang kulitnya, kemidian iris temulawak tersebut menjadi tipis tipis lalu rebus menggunakan air sebanyak lima gelas. Setelah sudah mendidih, diamkan rebusan tersebut hingga dingin dan jika sudah dingin minum air rebusan temulawak tersebut secara rutin.

  1. Memperlancar pencernaan

Jika kita memiliki masalah dengan pencernaan kita seperti misalnya perut kembung, dan juga masuk angin. Hal tersebut bisa kita atasi dengan cara mengkonsumsi temulawak. Caranya sangat mudah sekali, yaitu dengan cara mengkonsumsi temulawak secara rutin dapat mengatasi masalah yang terjadi pada pencernaan kita.

  1. Dapat menyehatkan jantung

Tanaman temulawak atau yang sering di sebut curcuma ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung kita. Manfaat tanaman temulawak untuk kesehatan jantung ini tentu juga tidak dapat di ragukan lagi  manfaatnya. Tanaman temulawak memang memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, tak terkecuali untuk menjaga kesehatan jantung kita.

  1. Mengatasi penyakit kanker

Tanaman temulawak juga di percaya dapat mengahambat perkembangan atau pun pertumbuhan pada kanker prostat, dimana cara kerjanya adalah dengan cara menghentikan darah yang mendukung pertumbuhan kanker.

  1. Mengatasi gangguan pada ginjal

Manfaat tanaman temulawak untuk kesehatan ginjal sudah tidak dapat di tagukan lagi, dengan mengkonsimsi temulawak secara rutin maka gangguan yang ada pada ginjal yang telah terjadi dapat di atasi dengan baik. Yaitu dengan cara menyiapkan tanaman temulawak sebanyak 2 rimpang, kemudian daun kumis kucing satu genggam, 1 genggap daun maniran, dan juga gula batu secukupnya.

Lalu cuci bersi semua bahan tersebut, setelah itu iris tipis temulawak, kemudian campurkan semua bahan tersebut, rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih tunggu air tersebut sampai jadi setengah lalu angkat dan saring aitnya. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin setiap hati.