8 Manfaat Vitamin B5 Bagi Tubuh

Posted on

Vitamin B5 atau yang dikenal dengan asam pantotenat merupakan salah satu kandungan nutrisi yang sangat penting sekali bagi tubuh. Vitamin B5 atau asam pantotenat ini dapat bermanfaat sekali dalam metabolisme tubuh untuk proses pemecahan karbihidrat, protein, dan juga lemak. Vitamin B5 ini sangat mudah sekalu larut dalam air sehingga bisa membuat vitamin B5 ini tidak bisa bertahan lama didalam tubuh. Kandungan nutrisi ini bisa kita peroleh dengan sangat mudah sekali dari berbagai jenis makanan diantaranya seperti jeroan, gandum utuh, produk susu, ragi telur, ubi, brokoli, dan juga kacang kacangan.

Vitamin B5 ata asam pantotenat ini merupakan jenis kandungan vitamin yang serbaguna, hal itu karena vitamin B5 ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Dari berbagai manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi vitamin B5 ini diantaranya yaitu sebagai berikut :

manfaat vitamin B5
manfaat vitamin B5

1. Membantu merangsang produksi hormon adrenalin

vitamin B5 ini sangat bermanfaat sekali untuk membantu merangsang produksi hormon adrenalin didalam tubuh. Hormon tersebut sangat berguna sekali untuk mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh. Selain itu juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan tekanan darah dan juga membantu merangsang kerja otak.

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

vitamin B5 ini juga dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada didalam tubuh. Kebiasaan mengkonsumsi jenis makanan terutama jenis makanan yang memiliki kadar lemak tinggi secara berlebihan bisa menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol dan juga trigliserida yang tentunya tidak memiliki efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Untuk dapat menurunkan dan juga menormalkan kembali kadar kolesterol didalam tubuh maka bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin B5 didalamnya contohnya seperti seledri, bawang merah, kubis, kunyit, dan masih banyak yang lainnya.

3. Menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut

tidak hanya wajah saja yang perlu kita jaga kesehatannya, rambut kita pun harus kita jaga agar selalu sehat dan dan terhindar dari timbulnya gejala dari penuaan dini seperti munculnya uban dengan cepat. Vitamin B5 ini bisa sangat bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan dan juga pertumbuhan rambut anda. Selain itu juga bisa bermanfaat untuk menjadikan rambut menjadi lebih sehat, kuat, dan juga panjang.

4. Mencegah timbulnya infeksi dan mempercepat penyembuhan luka

vitamin B5 bersama dengan kandungan vitamin C juga memiliki peranan yang sangat baik dalam menyembuhkan luka secara lebih cepat dan juga daat terhindar dari terjadinya infeksi dan juga peradangan.

5. Menjaga kesehatan mata

Selama ini mungkin banyak orang yang mengetahui bahwa hanya vitamin A lah yang baik bagi kesehatan mata. Tatapi sebenarnya vitamin B5 ini juga berperan dalam membantu kandungan vitamin A dalam proses sintesis biokimia yang tejadi didalam tubuh serta dapat membantu mengoptimalkan fungsi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.

6. Menjaga kesehatan kulit

Mungkin kita kurang mengetahui peranan vitamin B5 ini dalam menjaga kesehatan kulit. Umumnya kandungan vitamin yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit yaitu vitamin C, dan Vitamin E. Padahal vitamin B5 ini juga memiliki peranan dalam memelihara kesehatan kulit juga.

7. Mencegah dan mengatasi jerawat

dengan rutin mengkonsumsi vitamin B5 juga bisa bermanfaat dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Selain itu vitamin B5 ini juga bisa megatasi masalah jerawat yang sudah terlanjut tumbuh. Bahkan juga bekas bekas jerawat juga bisa diatasi dengan vitamin B5 ini.

8. Baik untuk program diet

vitamin B5 ini juga sangat baik sekali untuk program diet anda. Vitamin B5 ini adalah salah satu jenis ko-enzim yang dapat berperan dalam mengubah lemak tubuh menjadi energi. Dengan adanya asupan vitamin b5 yang cukup didalam tubuh anda, maka tubuh anda akan mampu mengoptimalkan perubahan lemak dalam tubuh menjadi energi.