8 Obat Alami Penyakit Asma / Tradisional

Posted on

Obat alami penyakit asma – Asma meruakan salah satu jenis penyakit paru paru yang dapat menyebabkan penderitanya susah untuk bernapas atau sesak napas. Penyakit asma ini juga termasuk jenis penyakit yang bisa berubah menjadi jenis penyakit akut atau kronis. Serangan penyakit asma ini bisa terjadi pada saat ada suatu rangsangan pada aliran udara yang masuk ke dalam organ paru paru.

Penyebab pasti dari terjadinya penyakit asma ini belum di ketahui, tetapi dapat di picu leh beberapa faktor yaitu seperti alergi, polusi udara, adanya infeksi pernpasan, emosi, kondisi cuaca, kandungan di dalam makanan, serta juga beberapa pengobatan. Biasanya penyakit asma ini akan menimbulkan gejala seperti batuk, bengik, napas yang pendek, serta juga sesak di bagian dada.

Penyakit Asma - Obat Alami atau Tradisional (Kunyit)
Penyakit Asma – Obat Alami atau Tradisional (Kunyit)

Ada banyak sekali cara pengobatan untuk dapat mengatasi penyakit asma ini. Namun akan lebih baik jika pengobatan tersebut di lakukan dengan cara tradisional dan dengan obat obatan alami. Dengan menggunakan jenis obat obatan alami untuk mengobati penyakit asma selain aman untuk di gunakan juga sanat mudah sekali untuk mendapatkannya, serta juga tidak memerlukan biaya yang cukup mahal.

Nah, berikut ini kita akan membahas tentang cara dan juga jenis obat obatan alami untuk mengobati penyakit asma. Perlu anda ketahui juga selain menggunakan pengobatan tradisional ini anda juga perlu berkonsultasi juga pada dokter, hal tersebut bertujuan agar anda mengetahui diagnosis serta perawatan yang tepat.

1. jahe

jahe ini merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang di ketahui memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Jahe ini juga memiliki manfaat dan juga khasiat dapat mengatasi berbagai jenis penyakit salah satunya yaitu penyakit asma. Pada sebuah penelitian menemukan bahwa jahe ini bermanfaat dapat membantu mengurangi peradangan pada salurang pernapasan dan juga bisa menghalangi kontraksi pada saluran pernapasan. Selain hal tersebut pada studi megidikasikan bahwa jahe ini juga bermanfaat dapat meningkatkan relaksasi pada otot seperti yang terdapat pada beberapa otot asma atau saluran perapasan.

Untuk membuat obat alami dari jahe sebagai obat tradisional penyakit asma sangat mudah sekali yaitu dengan mengambil jahe secukupnya lalu kupas dan bersihkan. Kemudian potong jahe yang sudah bersih menjadi kecil kecil. Lalu masukan ke dalam panci dan rebus, tunggu hingga rebusan tersebut mendidih. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai hangat kemudian minumlah air rebusan jahe tersebut secara rutin setiap hari 2 kali sampai sembuh.

2. madu

jenis obat tradisional penyakit asma yang sangat ampuh selanjutnya yaitu medu murni. Madu adalah bahan alami yang dapat di hasilkan dari hewan yang bernama lebah. Madu ini di ketahui memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu madu juga bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit salah satunya yaitu dapat mengobati penyakit asma. Madu ini juga sangat efektif sekali untuk membantu mengencerkan dahak yang bisa menghambat saluran pernapasan. Dengan demikian dahak tersebut bisa lebih mudah untuk di keluatkan.

Cara pengobatan tradisional penyakit asma dengan menggunakan madu caranya sangat mudah sekali yaitu anda hanya melakukan hal berikut. Campurkan madu murni sebanyak 2-3 sendok makan ke dalam 1 gelas air hangat. Kemudian aduk sampai tercampur dengan merata. Setelah itu minumlah air madu tersebut secara teratur dan juga rutin setiap hari minimal 2 kali sehari yaitu di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jika penyakit asma anda sedang kambuh, maka anda hanya perlu meningkatkan disisnya saja, yang awalnya 2-3 sendok menjadi 3-4 sendok makan. Selain itu anda juga bisa menambahkan dengan bubuh kunyit sebanyak 1 sendok agar mendapatkan manfaat dan juga khasiat yang lebih ampuh.

3. buah cermai

pada umumnya jenis buah buahan yang satu ini hanya di konsumsi biasa saja. Di samping hal tersebut ternyata buah cermai ini memiliki manfaat dan juga khasiat baik untuk kesehatan serta juga bisa mengatasi berbagai jenis penyakit. Selain itu, bunga dari pohon cermai juga dapat kita manfaatkan untuk di jadikan sebagai obat tradisional penyakit asma yang ampuh dan juga sangat cepat untuk meredakan sesak napas. Dalam pembuatan obat alami penyakit asma menggunakan buah cermai ini caranya sangat mudah sekali yaitu dengan meyiapkan dulu beberapa bahan bahan yang akan di butuhkan seperti buah sermai sebanyak 6 biji, 1 siun bawang merah, dan juga ¼ ganggam akar kara.

Cara membuatnya sebagai berikut, cuci bersih dulu bauh cermai yang sudah di siapkan. Kemudian tumbuk bersama bahan bahan yang lainnya. Setelah itu rebuslah bahan yang sudah di tumbuk tersebut dengan menggunakan air sebanyak 1 gelas. Tunggu sampai rebusan tersebut mendidih, setelah itu angkat dan biarkan beberapa saat dan kemudian saring. Minumlah air rebusan buah cermai tersebut secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari sampai sembuh.

4. bunga kenanga kering

bunga kenanga merupakan salah satu jenis tanaman bunga hias yang banyak sekali kita temukan di sekitar pekarang kita. Namun selain dapat bermanfaat untuk tanaman hias, bunga kenanga ini ternyata juga memiliki manfaat dan juga khasiat untuk kesehtan tubuh serta juga bisa mengatasi penyakit, salah satunya yaitu dapat mengatasi penyakit asma secara alami tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Cara membuat ramuan obat tradisional penyakit asma dengan menggunakan bunga kenanga sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut. Yang pertama siapkan dulu 1 bunga kenanga yang sudah kering, lalu rebuslah bunga kenanga kering tersebut dengan menggunakan air sebanyak 1 gelas hingga mendidih. Setelah sudah mendidih angkat dan diamkan dulu beberapa saat hingga dingin. Setelah itu minumlah air rebusan bunga kenanga tersebut secara rutin setiap hari dan teratur 2 kali sehari. Untuk mengindari penyakit asma anda kambuh di sarankan untuk mengkonsumsi ramuan alami ini secara rutin 1 kali sehari saja.

5. daun ki tolod

mungkin untuk sebagian orang daun tanaman yang satu ini terasa masih asing. Daun ki tolod merupakan salah satu daun tanaman yang memiliki manfaat dan juga khasiat yang sangat ampuh sekali untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satu manfaat dan juga khasiat daun ki tilod ini untuk menyembuhkan penyakit yaitu bisa mengatasi penyait asma secara alami dan cepat.

Cara membuat ramuan alami untuk mengatasi penyakit asma menggunakan daun ko tolod yaitu sebagai berikut. Siapkan daun ki tolod dulu sebanyak kurang lebih 2 lembar. Lalu cuci dulu sampai bersih, kemudian rebuslah dengan menggunakan air sebanyak 1 gelas sampai mendidih. Setelah mendidih angkat dan tunggu beberapa saat sampai dingin dan saring. Setelah itu minumlah air rebusan daun ki tolod tersebut secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari sampai penyakit asma anda reda atau sembuh.

6. minyak kayu putih

minyak kayu putih ini di ketahui memiliki manfaat dan juga khasiat dapat menghangatkankan tubuh. Selain itu minyak kayu utih juga sangat bagus sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Minyak kayu putih terutama yang masih murni, bisa kita manfaatkan sebagai obat alami penyakit sesak napas yang di akibatkan oleh gejala penyakit asma. Minyak kayu putih ini juga sudah di teliti, dan menunjukan bahwa di dalamnya memiliki kandungan eucallyptol yang bermanfaat dapat memecah lendir. Dengan demikian minyak kayu putih ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah sesak napas.

Untuk menggunakan munyak kayu putih ini sebagai obat tradisional penyakit asma caranya cukup mudah yaitu ambil beberapa tetes minyak kayu putih yang bisa anda teteskan pada handuk atau tisu, kemudian kompreskanlah ke bagian kepala seperti halnya saat mengompres saat demam. Lakukanlah hal tersebut secara rutin setiap hari yaitu di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Atau anda dapat menggunakan cara yang lainnya yaitu dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air rebusan yang sudah mendidih. Kemudian uap yang keluar dari rebusan tersebut bisa anda hirup, dan juga mengambil napas dalam dalam. Hasil yang bisa anda dapatkan dari pengobatan ini bisa sangat cepat dan aman dalam mengatasi penyakit sesak napas yang di akibatkan adanya gejala penyakit asma.

7. bawang putih

bawang putih ini pada umumnya di manfaatkan sebagai salah satu bumbu penyedap masakan. Selain itu bawang putih ternyata juga memiliki manfaat dan juga khasiat dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Salah satu manfaat dan khasiat bawang putih yaitu dapat megatasi penyakit asma. Tetapi ada sebaian orang yang merasa takut dan juga cemas dengan bahaya bawang putih ini jika di konsumsi mentah. Tetapi terlepas dari semua itu, jika bawang putih ini di konsumsi dengan dosis yang tepat serta juga cara yang benar maka bisa menghasilkan manfaat dan juga khasiat yang sangat optimal dalam mengobati penyakit asma dan juga sesak napas.

Cara membuat ramuan alami untuk mengatasi penyakit asma atau sesak naas dengan menggunakan bawang putih yaitu sebagai berikut. Ambil beberapa sium bawang putih kemudian bisa anda rebus dan di campurkan lagi sengan susu sebanyak ¼ cangkir. Tunggu sampai mendidih kemudian di angkat. Tunggu sampai dingin setelah itu bisa anda minum. Cara pengobatan yang satu ini bisa sangat efisien sekali dalam mengatasi dan juga dapat memperlancar saluran pernapasan yang macet. Bagi orang yang menderita penyakit asma taha awal, pengobatan alami dengan menggunakan bawang putih ini sangat baik sekali untuk kesehatan paru paru.

baca juga :

8. kunyit

kunyit merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang di ketahui memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat untuk kesehatan tubuh. Biasanya kunyit ini sering sekali di manfaatkan sebagai salah satu bahan untuk membuat jamu tradisional. Kunyit ini juga bisa anda andalkan untuk di jadikan sebagai obat alami penyakit asma secara alami tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Cara membuat ramuan alami obat penyakit asma menggunakan kunyit sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut. Ambil beberapa rimpang kunyit, lalu kupas dan bersihkan. Kemudian potong menjadi beberapa bagian dan rebuslah sampai mendidih. Setelah mendidih angkat dan tunggu beberapa saat dan minumlah air rebusan kunyit tersebut secara rutin.

One thought on “8 Obat Alami Penyakit Asma / Tradisional

  1. Sesak napas itu  bisa terkena pada  orang dewasa atau anak-anak pun bisa terjadi . karena penyebab sesak napas hipoksida (kurangnya oksigen) Idiopathic pulmonary fibrosis (IPF) merupakan penyakit yang menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru melalui luka parut yang progresif (terus-menerus).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *