9 Manfaat Jus Nanas Yang Luar biasa

Posted on

Jus Nanas – Nanas adalah buah yang bercirikan sebuah mahkota diatasnya dan memiliki rasa manis serta sedikit tajam pada lidah bila di konsumsi terlalu banyak. Nanas biasa hidup di tempat yang kering dan sedikit lembab. Nanas tidak memiliki pohon seperti umumnya namun berdaun panjang dan berduri tajam.

Nanas bisa dijadikan banyak macam makanan dan minuman seperti rujak, selai, jus dan lain sebagainya. Kandungan vitamin c yang tinggi nanas sangat baik bagi kesehatan. Tidak banyak orang mengetahui dari manfaat jus nanas itu sendiri dan berikut ini adalah Manfaat jus nanas bagi kesehatan :

Manfaat Jus Nanas Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa
Manfaat Jus Nanas Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa

1. Mencegah degenerasi macula

Kandungan zat beta karoten yang ada pada nanas sangat bermanfaat terutama bagi mereka yang sudah mengalami degenerasi macula yaitu orang tua atau yang sudah berumur tua yang biasanya pengelihatanya berkurang. Dengan mengkosumsi jus nanas mengurangi terkenanya masalah tersebut.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan gizi pada nanas seperti zat asam amino, vitamin C dan antioksidan membuat nanas sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah nanas ini baik secara langsung maupun dibuat jus memiliki manfaat yang luar biasa system imun.

3. Melancarkan Pencernaan

Ketika sulit untuk buang air besar karena bermasalah dalam system pencernaan maka dengan mengkonsumi nanas diharapkan bisa mengatasi masalah ini. Nanas memiliki kandungan bromelain yang dapat memecah protein pada usus sehingga memperlancar anda buang air besar.

4. Menghilangkan Mual

Bagi anda yang sering mengalami mual atau ketika akan pergi perjalanan maka sebelum berangkat bisa mengkonsumsi buah nanas sebab buah ini dapat mencegah Anda untuk mual. Unuk disarankan jika ingin mengkonsumsi nanas sebelumnya harus makan makanan berat seperti nasi dan lain sebagainya guna tidak mengalami asam lambung.

5. Melembabkan Kulit

Nanas juga bermanfaat bagi kulit baik pria dan wanita. Kandungan vitamin c pada nanas dapat bermanfaat sebagai pelembab sehingga kulit Anda tidak mudah kering ketika beraktivitas di luar ruangan ketika terkena sinar matahari.

6. Meningkatkan kesehatan mata

Tidak hanya wortel yang sering kita dengar sebagai makanan yang dapat menyehatkan mata, tetapi buah nanas juga memiliki manfaat dalam meningkatkan kesehatan mata dan mencegah gangguan penglihatan terkait usia atau penuaan.

7. Menurunkan risiko penyakit jantung coroner

Kandungan vitamin C pada nanas juga memiliki dampak baik bagi kesehatan. Dengan rutin mengkonsumsinya maka mengurangi resiko terkenanya jantung coroner.

8. Membantu menjaga kesehatan kulit dan tulang

Nanas Memiliki Kandungan yang disebut dengan mangan. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yaitu untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan terutama jika terkena sinar UV. Tidak hanya itu saja, mangan juga membantu mencegah terjadinya osteoporosis, dan meningkatkan kepadatan tulang serta kebutuhan mineral secara keseluruhan.

9. Mencegah kanker usus

Mengkonsumsi jus buah nanas berdampak baik bagi pencernaan juga serta berperan penting dalam mencegah kanker pada usus. Antioksidan yang terkandung dalam nanas dari vitamin C mampu mengatasi sel-sel berbahaya seperti kanker yang ada dalam tubuh manusia. Tak hanya itu, Jus buah nanas juga terdapat banyak kandungan antioksidan lainnya, diantaranya adalah vitamin A, beta karoten, bromelain, dan berbagai senyawa flavonoid. Jus Buah nanas juga Memiliki kemampuan untuk dapat menangkal radikal bebas yang kuat akan penyebab pertumbuhan kankernya.

Efek Samping Jus Buah Nanas

Jus buah nanas memang baik bagi system pencernaan atau lainnya, Namun tidak baik kalau dengan mengonsumsinya yang berlebihan. Beberapa efek yang akan dialami adalah agak gatal di bagian, bibir, lidah, dan pipi bagian dalam. Ini di karenakan sifat daging nanas itu sendiri yang panas, dan baru akan akan hilang dalam beberapa jam. Tapi kalau disertai gatal-gatal sampai sulit bernapas, bisa jadi Anda memang alergi buah nanas.

Terkhusus bagi wanita hamil, asupan kandungan bromelain yang mana jika di konsumsi atau masuk dalam tubuh berlebihan dapat menyebabkan terjadinya kontraksi rahim yang berpotensi menyebabkan keguguran pada kandungan. Oleh karena itu bagi ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi buah nanas dengan wajar saja tidak usah berlebihan.