9 Tips Obat Alami Panas Dalam

Posted on

9 Tips Obat Alami Panas Dalam – Panas dalam merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering sekali dikeluhkan oleh banyak orang. Mungkin semua orang pasti sudah pernah mengalami masalah gangguan kesehatan seperti ini. Tidak sedikit pula orang yang mengetahui bagaimana mengobati gangguan kesehatan seperti ini yang sangat sederhana. Atau juga masih banyak yang merasa bingung obat seperti apa yang harus di konsumsi untuk dapat meredakan gejala dari gangguan kesehatan ini.

9 Tips Obat Alami Panas Dalam
9 Tips Obat Alami Panas Dalam

Jika ditinjau dari sisi medis, panas dalam merupakan bukanlah termasuk salah satu penyakit. Melainkan suatu gejala yang timbul di akibatkan oleh adanya suatu penyakit. Pada dasarnya, panas dalam merupakan suatu istilah awam yang menuju ke suatu gangguan yang telah terjadi di saluran pencernaan, mulai dari organ mulut hingga lambung. Gangguan kesehatan tersebut sering sekali di sertai dengan sensasi panas dan juga rasa terbakar yang terjadi daerah tenggorokan dan juga di bagian dada.

Panas dalam ini juga bisa datang berulang ulang, hal tersebut tentunya bisa membuat anda merasa tidak nyaman dan juga sangat terganggu aktivitasnya. Oleh karena hal tersebut, gangguan kesehatan tersebut harus segera di atasi. Untuk dapat mengatasi panas dalam ini sangat lah mudah sekali, yaitu dengan mengubah pola hidup yang lebih sehat lagi, banyak minum air putih, serta mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga cukup istirahat.

Menjalani pola hidup yang lebih sehat merupakan salah satu solusi yang terbaik untuk dapat terhindar dari gangguan masalah kesehatan seperti ini. Tetapi ketika masalah kesehatan tersebut datang menyerang tubuh anda, ada beberapa obat alami atau tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengatasi panas dalam ini. Bahan -bahan alami atau herbal sangat mudah sekali di temukan di sekitar kita yang sangat ampuh sekali untuk mengatasi masalah kesehatan ini.

Berikut ini ada beberapa rangkuman tentang obat herbal atau alami yang berkhasiat dapat mengobati panas dalam. Obat alami panas dalam ini sangat mudah sekali untuk di dapatkan di sekitar anda. Jika anda sedang mengalami masalah kesehatan seperti ini anda bisa mencoba salah satunya untuk mengobati panas dalam yang sedang anda derita.

Air garam

Obat panas dalam tradisional yang pertama yang bisa anda coba untuk mengatasi panas dalam yang sedang anda derita yaitu dengan air garam. Air garam ini memiliki fungsi atau kemampuan untuk dapat mengikat keseimbangan PH dan juga untuk dapat merangsang produksi saliva di dalam mulut.

Selain hal itu, air garam ini memiliki kandungan senyawa mineral alami yang bersifat sebagai zat anti bakteri sangat membantu sekali untuk dapat mengatasi panas dalam dan juga beberapa masalah kesehatan yang menyertainya. Untuk dapat menjadikan air garam ini sebagai obat panas dalam sangat lah mudah sekali, yaitu cukup gunakan air garam tersebut untuk berkumur.

  • Ambil garam sebanyak 2 sendok teh, kemudian masukan kedalam 1 gelas air hangat
  • Lalu aduk garam tersebut hingga larut, kemudian gunakan air garam tersebut untuk berkumur
  • Lakukan hal tersebut secara teratur setiap hari terutama pagi dan malam hari

Air kelapa muda

Anda juga bisa menggunakan air kelapa muda ini untuk dapat mengatasi panas dalam secara alami. Salah satu penyebab munculnya panas dalam yaitu tubuh anda kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Air kelapa muda ini merupakan salah satu obat alami panas dalam yang bisa di andalkan.

Air kelapa muda ini sangat terkenal sebagai salah satu minuman isotonic alami pengganti cairan tubuh untuk dapat mencegah dehidrasi. Air kelapa muda ini di dalamnya memiliki komposisi kandungan mineral dan juga gula yang sangat sempurna.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam air kelapa muda ini tergolong sangat tinggi sekali yang berupa isotonic. Selain hal tersebut, air kelapa ini juga dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kandungan vitamin C di dalam tubuh setiap harinya. Air kelapa muda juga berkhasiat dapat menetralkan panas dalam dan juga bisa membuat tubuh anda menjadi lebih segar.

  • Ambil 1 buah kelapa yang masih muda
  • Kemudian belah lalu ambil air kelapa tersebut
  • Lalu minumlah air kelapa muda tersebut secara rutin minimal 1 gelas sehari
  • Biasanya dalam jangka 3 hari panas dalam bisa teratasi secara total

Air kacang hijau

Air kacang hijau ini merupakan salah satu obat alami yang sangat manjur untuk mengatasi panas dalam. Bahkan panas dalam yang sudah parah sekalipun bisa di atasi dengan air kacang hijau ini. Selai air kacang hijau ini sebagai salah satu obat alami yang sangat murah sekali, juga untuk membuatnya sangat mudah sekali. Air kacang hijau ini juga sangat di anjurkan sekali untuk mengobati panas dalam pada anak atau bayi.

Di dalam air rebusan kacang hijau tersebut banyak sekali terdapat kandungan vitamin B yang larut di dalam air tersebut. Fungsi dari kandungan nutrisi yang ada di dalam air kacang hijau tersebut sebagai enzim yang dapat melancarkan metabolisme di dalam tubuh kita. Dengan mengkonsumsi air kacang hijau ini secara rutin juga dapat membantu untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh kita. Mengkonsumsi air kacang hijau ini juga berkhasiat dapat mengatasi seriawan dan juga bibir pecah -pecah.

  • Ambil sebanyak 2 genggam kacang hijau
  • Rendam lalu cuci sampai bersih
  • Lalu rebus kacang hijau tersebut dengan air sebanyak 3 gelas
  • Tunggu hingga mendidih lalu saring air rebusan kacang hijau tersebut
  • Minumlah air rebusan tersebut dalam keadaan masih hangat

Madu

Madu merupakan salah satu obat herbal yang sangat populer sekali, madu juga merupakan salah satu obat herbal yang sangat efektif sekali untuk dapat mengatasi panas dalam. Madu ini juga bisa bermanfaat dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit dari yang berat sampai penyakit yang ringan.

Madu juga bisa berkhasiat dapat menurunkan suhu tubuh dan juga mengatur sekresi, dengan demikian madu dapat mengatasi sakit demam. Di dalam madu ada kandungan unsur kimia yang memiliki efek koligemik yaitu asetilkolin.

Kandungan tersebut berfungsi dapat melancarkan peredaran darah dan juga mengurangi tekanan darah di dalam tubuh. Berdasarkan pada penelitian ilmiah madu ii bisa menyebabkan berkurangnya kandungan zat asam. Madu juga memiliki kandungan zat yang mampu melakukan reaksi alkali, yaitu dapat menetralkan kandungan asam dengan membentuk garam.

  • Siapkan dulu air kedalam gelas
  • Kemudian tuangkan madu sebanyak 2 sendok makan
  • Lalu aduk secara merata dengan menggunakan sendok yang berbahan plastik
  • Minumlah air madu tersebut secara rutin 2 kali sehari

Daun sirih

Daun sirih ini merupakan salah satu obat alami yang bisa anda coba untuk mengatasi panas dalam yang sedang anda derita. Daun sirih ini terkenal dengan daun yang memiliki seribu manfaat dan juga sering sekali untuk di jadikan sebagai obat tradisional untuk dapat mengobati berbagai jenis penyakit.

Daun sirih ini juga dapat di gunakan sebagai salah satu obat alternatif untuk dapat mengobati panas dalam. Daun sirih ini juga bisa bermanfaat dapat mengatasi atau mengobati sari awan dan juga bibir pecah -pecah. Masyarakat pada zaman dahulu biasa mengunyak daun sirih ini karena daun sirih ini memiliki efek yang dapat mendinginkan dan juga memiliki kandungan zat anti peradangan.

  • Ambil sebanyak 5 lembar daun sirih, cuci sampai bersih
  • Lalu rebus daun sirih tersebut dengan air sebanyak 4 gelas
  • Tunggu hingga dingin, kemudian saring kedalam gelas
  • Minumlah air rebusan daun sirih tersebut secara rutin 2 kali dalam sehari

Daun sambiloto

Daun sambiloto ini merupakan salah satu jenis daun yang dapat di manfaatkan untuk mengatasi panas dalam secara alami. Daun ini merupakan salah satu daun dari tanaman yang cukup terkenal di mana daun ini sering sekali di jadikan sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit.

Salah satu manfaat dari daun ini yaitu dapat mengatasi panas dalam secara alami. Daun ini memiliki kandungan zat anti piratical yang sangat ampuh sekali untuk dapat menurunkan panas dalam.

  • Ambil daun sambiloto sebanyak 1 genggam
  • Lalu tumbuk sampai rata, kemudian tambahkan air sebanyak setengah cangkir
  • Saring air tumbukan tersebut
  • kemudian minumlah air ramuan tersebut secara rutin

jus mentimun

semua orang pasti sudah pernah mengkonsumsi buah mentimun. Mentimun merupakan salah satu buah yang kaya dengan kandungan serat di dalamnya. Kandungan serat yang ada di dalam buah mentimun ini sembilan puluh persennya terdiri dari air yang berkhasiat sangat ampuh sekali untuk mengatasi panas dalam. Buah mentimun ini juga sangat baik sekali untuk di konsumsi oleh para penderita asam lambung.

Mentimun ini bermanfaat dapat mengurangi rasa nyeri pada perut yang telah di akibatkan oleh naiknya kandungan asam lambung di dalam tubuh. Untuk dapat mengatasi panas dalam mentimun ini dapat di konsumsi secara langsung, dan juga dapat di olah mejadi minuman jus. Mentimun ini juga bisa bermanfaat dapat mengatasi sari awan dan juga masalah bau mulut.

  • Siapkan sebanyak 2 buah mentimun
  • Kemudian kupas mentimun tersebut
  • Lalu blender mentimun tersebut hingga halus
  • Tuangkan kedalam gelas, lalu minum jus tersebut secara rutin setiap harinya

Kencur

Obat tradisional selanjutnya yang dapat mengatasi panas dalam yaitu kencur. Kencur ini merupakan salah satu obat herbal yang sangat mudah sekali untuk di dapatkan. Kencur ini merupakan salah satu jenis tanaman yang umumnya telah di jadikan sebagai obat herbal maupun juga di jadikan sebagai bumbu masakan. Kencur ini memiliki kandungan zat nutrisi yang alami yang berkhasiat dapat mengobati panas dalam.  Dapat melegakan tenggorokan dan juga dapat membuat tubuh kita menjadi fit lagi.

  • Ambil sebanyak 2 ruas kencur
  • Kupas lalu cuci sampai bersih kencur tersebut
  • Parut sampai halus
  • Peras parutan kencur tersebut
  • Tambahkan dengan setengah gelas air hangat
  • Minumlah ramuan herbal tersebut secara rutin 2 kali sehari

Lemon

Buah lemon merupakan salah satu buah buahan yang memiliki manfaat dapat mengatasi panas dalam secara alami. Buah lemon ini memiliki kandungan vitamin C yang tergolong sangat tinggi di dalamnya. Kekurangan kandungan vitamin C di dalam tubuh kita bisa menyebabkan terjadinya panas dalam. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kandungan vitamin C ini memilki peranan yang sangat penting sekali dalam meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

  • Ambil 2 buah lemon lalu belah menjadi 2
  • Peras kemudian campurkan dengan air hangat
  • Tambahkan dengan 2 sendok madu murni, aduk hingga rata
  • Minumlah ramuan tersebut secara rutin sebanyak 2 kali sehari