Apa Penyebab Jantung Berdebar Cepat Dan Terus Menerus

Posted on

Anda harus segera mencari tahu apa penyebab jantung berdebar cepat jika frekuensinya terlalu sering. Sebab, hal ini tidak boleh disepelekan dan harus segera diperiksakan. Jantung merupakan organ penting yang jika kinerjanya sudah tidak normal, maka sudah berarti ada gangguan didalanya. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung mengalami gangguan, maka sudah pasti aliran darah pun menjadi terganggu.

Umumnya, jantung bisa berdebar cepat jika anda sedang berhadapan dengan sesuatu yang diluar kemampuan, seperti ketika sedang gugup karena wawancara kerja, menunggu hasil pengumuman, atau lainnya. Dalam kondisi tersebut, sangat wajar jika jantung terasa berdebar. Yang menjadi masalah adalah jika jantung terus berdebar setiap hari.

Apa Penyebab Jantung Berdebar Cepat Dan Terus Menerus
Apa Penyebab Jantung Berdebar Cepat Dan Terus Menerus

Daftar Penyebab Jantung Berdebar Hampir Setiap Hari

Normalnya, jantung berdenyut sekitar 60-100 denyutan per menit. Umumnya, jantung berdenyut sebanyak 70 denyutan per menit. Jika lebih dari 100 denyutan, maka bisa dikatakan ada penyakit yang sedang menyerang tubuh. Berikut beberapa penyebab jantung berdebar yang paling umum:

  1. Kebocoran Jantung

Itulah mengapa jantung yang berdebar-debar cepat dan terjadi hampir setiap hari tidak boleh disepelekan, karena bisa jadi jantung anda bocor. Kebocoran terjadi di bilik jantung, sehingga jantung kekurangan darah, anemia terjadi. Ketika anemia, darah yang dipompa menjadi lebih cepat dibandingkan biasanya, dan ini mempengaruhi debaran jantung yang kemudian menjadi cepat.

  1. Jantung Koroner

Jika anda merasa sering jantung berdebar disertai nyeri di bagian dada atau nyeri seperti terasa tertusuk benda tajam, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa anda terkena jantung koroner. Serangan jantung koroner menjadi salah satu alasan mengapa seseorang bisa mengalami mati mendadak. Padahal, jantung koroner muncul dengan beberapa gejala, namun karena tidak diperhatikan dan tidak segera ditangani.

  1. Anemia

Jantung anda juga bisa sering berdebar jika anda memiliki masalah amnesia. Penyebabnya karena memang sel darah merah tidak memberikan asupan oksigen yang cukup ke otot. Itulah mengapa anda jadi merasa berdebar-debar.

  1. Tubuh Kekurangan Magnesium Dan Kalium

Selain faktor-faktor di atas, seseorang yang kekurangan magnesium atau kalium juga bisa mengalami jantung berdebar. Sebab, makanan yang mengandung kalium dan magnesium sangatlah penting guna membantu pembentukan sel darah merah. Magnesium dan kalium mampu menjaga tubuh dari masalah anemia.

  1. Junk Food

Anda suka mengkonsumsi makanan cepat saji, alias junk food? Sebaiknya hentikan. Pasalnya, terlalu sering menyantap junk food dapat memberatkan kinerja jantung karena kandungan kimia serta bahan pengawet didalamnya. Jantung yang terbebani akan bekerja untuk memompa darah lebih cepat dan berujung pada jantung berdebar lebih cepat dibanding sebelumnya.

  1. Merokok

Jantung berdebar-debar juga bisa dikarenakan anda merokok. Kebiasan merokok akan membuat jantung harus bekerja secara mati-matian, karena memang adanya kandungan nikotin. Nikotin memang memberikan sensasi jantung berdebar dibanding sebelumnya.

  1. Alkohol

Jiak anda ingin tidak mengalami jantung berdebar-debar, sebaiknya anda tidak lagi mengkonsumsi minuman beralkohol. Sebab, alkohol memiliki berbagai kandungan kimia yang berbahaya dan membuat pembuluh darah yang ada di jantung bisa mengalami penyempitan. Jantung yang terbeban harus memompa lebih kuat lagi, supaya darah bisa mengalir ke seluruh tubuh. Seseorang yang sering minum alkohol, maka serangan jantung menjadi lebih besar dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

  1. Kafein

Seseorang yang meminum atau memakan apapun yang mengandung kafein dalam jumlah banyak bisa mengalami gangguan jantung seperti berdebar-debar. Kafein bukan asupan yang dapat menyehatkan jantung, jika dikonsumsi berlebihan maka justru akan membahayakan.

Baca Juga :

  1. Obat Sakit Pinggang Sebelah Kiri Yang Ampuh Dan Cepat
  2. 5 Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil Yang Manjur Dan Aman Untuk Janin
  3. Daftar Gejala Penyakit Gula Yang Harus Diwaspadai
  4. Gejala Darah Rendah Yang Paling Sering Terjadi

Itulah beberapa penyebab jantung berdebar terus-menerus dan dengan cepat. Faktor lainnya yang sering memicu jantung berdebar adalah obesitas, konsumsi obat-obatan tertentu, stress, kolesterol, diabetes, karena keturunan, radikal bebas dan asam urat. Semoga bermanfaat!