Apa Penyebab Jerawat Selalu Ada Terus Di Wajah

Posted on

Tidak ada yang mau wajahnya berjerawat. Anda mungkin akan bertanya-tanya, kenapa jerawat di wajah anda selalu ada terus dan apa penyebab jerawat. Selain mengganggu penampilan, jerawat menimbulkan rasa tidak nyaman, kurang enak di lihat, dan membuat percaya diri hilang. Padahal, semua penyebab jerawat sendiri adalah karena kebiasaan yang anda tidak sadari memicu munculnya jerawat sendiri.

Apa Penyebab Jerawat Selalu Ada Terus Di Wajah
Apa Penyebab Jerawat Selalu Ada Terus Di Wajah

Jika kebiasaan tersebut terus diulang, maka wajah anda pun tidak akan pernah terbebas dari jerawat. Nah, berikut beberapa kebiasaan yang membuat jerawat selalu muncul di wajah.

  1. Terlalu sering mencuci muka

Mencuci muka adalah kebiasan yang bagus karena dapat menghindarkan wajah yang kotor dan memicu timbulnya jerawat. Tapi, bagaimana jika anda melakukannya terlalu sering dan berlebihan? Dampaknya, wajah jadi kehilangan minyak alami kulit karena terus dibilas, apalagi jika cuci mukanya pakai sabun. Ketika wajah kehilangan minyak alami tersebut, maka secara otomatis akan memproduksi lebih banyak minyak. Inilah mengapa wajah jadi mudah jerawatan walaupun sudah sering cuci muka setiap hari.

Mencuci muka yang paling bagus adalah dua kali. Mencuci muka yang benar adalah dengan menggunakan air hangat. Sah-sah saja jika ingin menggunakan sabun untuk membersihkan muka, namun yang harus diketahui adalah pilih sabun yang ringan. Jangan menggunakan waslap seusai mencuci muka. Anda hanya perlu menggunakan jari anda untuk mengusap air di wajah.

  1. Jangan memencet jerawat

Anda mungkin gemas dengan jerawat yang tidak kunjung kempes, apalagi kalau jerawat tersebut meradang dan tampak besar di area yang tidak anda inginkan di wajah. Sehingga, anda ingin membuatnya cepat hilang dengan cara memencet. Padahal, cara ini hanya memicu masalah lainnya. Memencet jerawat membuat sumbatan pori di bagian kulit dalam menjadi tertekan. Dampaknya, wajah menjadi bernoda hitam karena bekas jerawat. Selain itu, memencet jerawat tidak mempercepat penyembuhan jerawat, tapi malah melambatkannya.

Cara menangani jerawat yang tepat adalah dengan memberikan obat jerawat di lokasi yang tampak berjerawat. Cara ini dapat membuat jerawat kempes lebih efektif. Selain itu, hentikan kebiasaan menyentuh jerawat apalagi menggunangan tangan. Sebab, minyak pada tangan bisa membuat pori-pori kulit sehingga dapat menjadi alasan apa penyebab jerawat meradang bisa timbul dan lebih parah.

  1. Barang Pribadi Kotor

Ponsel, sapu tangan, dan barang pribadi lainnya terkena keringat dan minyak. Ponsel yang sedang digunakan untuk menelepon menempel di pipi sehingga membuat jerawat menjadi muncul. Pola ini terus terjadi. Layar ponsel yang kotor ketika menempel di pipi untuk mengangkat telepon seseorang akan terus membuat wajah anda kotor dan berjerawat.

Itulah mengapa anda harus sering-sering membersihkan layar ponsel. Jika tidak, anda bisa menggunakan ear phone sehingga wajah tidak harus menempel di ponsel.

  1. Make-Up Tebal

Suka pakai make-up dan masih heran kenapa wajah berjerawat terus? Apa penyebab jerawat bagi wanita karir atau wanita rumahan yang suka pakai make up sudah jelas. Make up berlebihan dapat membuat pori-pori wajah tertutup, sulit bernafas, bercampur keringat dan kotoran tidak terlihat yang memicu jerawat.

Sangat penting untuk membiasakan diri anda untuk membersihkan wajah dari make up ketika hendak tidur. Kulit yang berjerawat juga tidak boleh pakai make-up sembarangan. Anda harus menggunakan make up yang memiliki kandungan bebas minyak, tidak memicu komedo dan mampu menyembunyikan jerawat.

Apa penyebab jerawat ada terus dan seperti tidak pernah hilang dari wajah masih banyak, seperti produk rambut yang dibiarkan menetes di area wajah sehingga pori-pori wajah jadi tersumbat, mengkonsumsi makanan manis atau yang diproses secara berlebihan, kurang rutin mengobati wajah dari jerawat, dan gaya hidup lainnya yang kurang sehat seperti suka makan makanan yang digoreng, semoga bermanfaat!