Berbagai Makanan Sehat Untuk Asam Lambung

Posted on

Berbagai Makanan Sehat Untuk Asam Lambung – Bagi sebagian orang yang sedang menderita penyakit asam lambung atau GERD, sangat penting sekali untuk memiliki jenis makanan yang akan di konsumsi. Pasalnya salah satu jenis makanan yang di konsumsi secara sembarangan dapat membuat asam lambung di dalam tubuh meningkat, dan dapat memicu kambuhnya penyakit GERD. Berikut ini ada beberapa pilihan jenis makanan yang aman dikonsumsi bagi orang yang menderita penyakit asam lambung atau GERD.

Jenis makanan seperti makanan cokelat, jenis makanan yang berlemak, makanan pedas, buah asam, tomat, bawang bombay, bawang putih bis memicu kambuhnya penyakit asam lambung. Selain itu juga bisa menyebabkan timbulnya gejala yang di sebabkan oleh asam lambung itu sendiri. Gejala yang kerap timbul pada penyakit ini yaitu rasa mual, kembung, muntah, perut panas, dan juga makanan yang telah di konsumsi naik kembali ke kerongkongan. Tetapi efek dari makanan tersebut bisa berbeda beda pada setiap orangnya. Untuk mengontrol dan juga untuk mencegah timbulnya gejala yang sering sekali muncul, anda bisa mencoba untuk lebih memperhatikan kembali jenis makanan apa saja yang bisa memicu timbulnya atau kambuhnya penyakit asam lambung.

Makanan Sehat untuk asam lambung
Makanan Sehat untuk asam lambung

Dengan demikian sangat di sarankan sekali bagi anda untuk mengkonsumsi jenis makanan seperti di bawah ini agar bisa mengurangi timbulnya gejala penyakit asam lambung yang sering sekali muncul.

1. Oatmeal

orang yang sedang menderita penyakit asam lambung sangat memerlukan asupan makanan yang banyak mengandung serat di dalamnya. Kandungan setar tersebut dapat bermanfaat untuk menbantu mengatasi gejala dari penyakit asam lambung tersebut. Jenis makanan yang satu ini juga bisa menyerap kandungan asam lambung sehingga bisa menurunkan gejala reflux akibat asam lambung meningkat. Selain hal itu, jenis makanan yang satu ini tidak hanya banyak mengandung serat di dalamnya, tetapi juga memiliki kandungan lain yang bisa bermanfaat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

2. Jahe

salah satu jenis tanaman rempah yang satu ini tenyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya bisa menhangatkan tubuh saja, tetapi jahe juga bisa bermanfaat dapat mengurangi naiknya asam lambung. Jahe ini di dalamnya memiliki kandungan zat anti inflamasi yang bermanfaat mampu mengatasi masalah kesehatan pada sistem pencernaan anda. Selain itu juga bisa bermanfaat sebagai obat alami penyakit asam lambung dan juga maag. Agar bisa mendapatkan manfaat jari jahe ini anda bisa mengkonsumsinya dengan cara di parut atau di potong kemudian di jadikan sebagai minuman hangat.

3. Lidah Buaya

lidah buaya ini di dalamnya ada banyak sekali kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang ada di dalam lidah buaya juga bisa bermanfaat sebagai penyembuh yang alami. Lidah buaya ini juga di percaya dapat mengatasi masalah asam lambung. Cara agar bisa mendapatkan manfaat dari lidah buaya ini yaitu dengan mengkonsumsinya. Anda bisa mengkonsumsi lidah buaya ini dengan cara di buat menjadi minuman. Perlu anda ketahui juga bahwa lidah buaya ini juga bisa bermanfaat sebagai cairan penggumpal atau pengental alami.

4. Sayuran Hijau

sayuran hijau ini memang memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Sayuran hijau tersebut yaitu seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan juga asparagus. Berbagai jenis sayuran hijau tersbut memiliki manfaat untuk membantu menurunkan asam lambung dalam tubuh. Dengan demikian sayuran hijau tersebut sangat bagus sekali untuk di konsumsi oleh penderita asam lambung.

5. Daging Tampa Lemak

mengkonsumsi jenis makanan yang berlemak dan juga berminya tidak di sarankan bagi orang yang sedang menderita penyakit asam lambung. Dengan demikian jika anda penderita penyakit asam lambung dan ingin mengkonsumsi ikan atau jenis makanan laut serta daging, sebaiknya anda memilih jenis makanan yang tidak berlemak atau anda bisa mengolahnya dengan cara di panggang atau dengan cara di rebus saja.

6. Buah Pisang

buah pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 di dalamnya. Buah pisang bisa di jadikan sebagai salah satu jenis buah buahan yang sangat baik untuk di konsumsi oleh penderita asam lambung. Selain buah pisang yang sangat di sarankan untuk di konsumsi, penderita asam lambung jufa bisa mengkonsumsi jenis buah buahan yang lainnya yaitu seperti buah pier, apel, dan juga melon.

7. Roti

untuk jenis makanan yang satu ini, ternyata juga bisa di jadikan sebagai jenis makanan yang baik untuk di konsumsi oleh penderita penyakit asam lambung. Roti yang diolah dari bahan gandunm dan juga beragam biji bijian memiliki banyak sekali manfaat. Pasalnya, jenis roti yang satu ini memiliki banyak sekali kandungan vitamin, serat dan juga kandungan nutrisi yang lainnya. Kandungan nutrisi tersebut memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh salah satunya dapat mengatasi masalah asam lambung.

Selain dengan cara memasukan beberapa jenis makanan sehat tersebut ke dalam salah satu menu makanan harian penderita asam lambung, juga harus memperhatikan beberapa hal yang bisa memicu naiknya kandunfgan asam lambung di dalam tubuh. Anda juga harus bisa menghidari kebiasaan buruk seperti tiduran setalah makan, merokok, makan dengan porsi besar, serta mengkonsumsi jenis minuman bersodan dan juga beralkohol.

Janga biarkan kadar asam lambung di dalam tubuh naik dan dapat mengganggu kenyamanan anda dalam melakukan aktivitas sehari hari.