Biduran – Penyebab & 8 Obat Alami Mengatasi

Posted on

Obat alami biduran – Biduran merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi di bagian kulit tubuh yang biasanya juga di sebut dengan nama kaligata atau juga dengan sebutan nama ilmiahnya urtikaria. Secara umum untuk jenis penyakit yang satu ini merupakan suatu reaksi kulit tubuh yang sangat sensitif terhadap suatu alergi atau juga dengan zat adiktif yang lainnya yang dapat menyebabkan kulit tubuh anda timbul sebuah bercak atau bilur yang berwarna kemerahan yang menonjol atau juga benjolan yang berwarna kemerahan. Benjolan atau tonjolan kemerahan tersebut bisa menimbulkan rasa gatal yang sangat luar biasa pada kulit yang terkena serangan gangguan kesehatan tersebut.

Biduran - Penyebab & 8 Obat Alami Mengatasi
Biduran – Penyebab & 8 Obat Alami Mengatasi

Bentol yang telah di akibatkan oleh biduran biasanya jika di pencet bisa berubah warna menjadi putih atau agak kekuningan, dan jika di lepas benjolan tersebut bisa berubah menjadi kemerahan kembali. Rasa gatal yang di timbulkan oleh adanya biduran tersebut bisa sangat mengganggu anda sehingga anda tidak merasa nyaman dengan kondisi tersebut. Oleh karena itu kodisi tersebut harus segera anda tangani atau di obati agat tidak mengganggu aktivitas anda dalam sehari hari.

Penyebab terjadinya biduran atau kaligata

penyakit biduran atau kaligata ini akan muncul pada kulit anda karena di akibatkan beberapa hal. Berikut ini merupakan beberapa hal atau beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya biduran atau kaligata pada kulit tubuh anda. Diantaranya sebagai berikut:

  • adaya alergi terhadap salah satu jenis makanan tertentu misalnya seperti ikan laut, daging daging terntu, susu, kacang kacangan, dan yang lainnya.
  • Adanya infeksi tertentu seperti misalnya heptitis, adanya demam kelenjar, dan yang lainnya.
  • Terkena gigitan hewan atau serangga tertentu
  • adanya alergi terhadap benda tertentu seperti misalnya bulu hewan, lateks dan yang lainnya.
  • Adanya alergi terhadap bahan bahan zat adiktif pada makanan tertentu, misalnya seperti adanya bahan pengawet, penguat rasa, pemanis buatan, pengental, pewarna makanan dan yang lainnya.
  • Adanya alergi terhadap bahan pakaian yang sedang di kenakan
  • adanya alergi terhadap jenis obat obatan tertentu seperti misalnya obat antibiotik, aspirin, dan yang lainnya.

Penyakit biduran atau kaligata ini pada umumnya di tandai dengan timbulnya gejala yang berbeda beda. Oleh karena hal tersebut, penyakit biduran ini bisa di bedakan menjadi 2 jenis, yang pertama jenis penyakit biduran jangka pendek atau yang lebih di kenal dengan sebutan urtikaria akut. Dan yang kedua yaitu jenis biduran jengka panjang atau yang lebih di kenal dengan sebutan urtikaria kronis yaitu jenis penyakit biduran yang bisa berlangsung lama.

Jenis obat obatan herbal untuk mengatasi biduran atau kaligata secara alami dan ampuh

untuk dapat mengatasi masalah biduran atau kaligata yang sedang anda dertia, anda dapat mencoba mengguakan jenis obat obatan herbal untuk mengatasinya. Jenis obat obatan herbal tersebut bisa anda dapatkan atau anda temuakan denga mudah di sekitar anda. Berikut ini beberapa penjelasan tentang jenis obat obatan herbal untuk mengatasi masalah biduran. diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. kelapa hijau

dengan memanfaatkan air kelapa hijau, sangat efektif sekali untuk membantu anda mengatasi masalah biduran yang sedang anda derita. Air kelapa hijau itu sendiri dapat bermanfaat membantu tubuh anda untuk menghilangkan kandungan racun yang ada di dalam tubuh anda. Selain itu air kelapa hijau juga memiliki manfaat dan juga khasiat bisa mengatasi masalah biduran yang di akibatkan oleh adanya alergi terhada salah satu jenis makanan yang telah anda konsumsi sebelumnya.

Cara untuk menjadikan air kelapa hijau ini sebagai obat alami masalah biduran sangat mudah sekali yaitu dengan meminum langsung air kelapa hijau yang sudah di siapkan secara rutin setiap hari minimal 2 kali sehari agar proses penyembuhan masalah biduran cepat sembuh.

Baca juga : Manfaat Daging Kelapa

2. daun sirih

daun sirih ini diketahui memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Daun sirih juga bisa bermanfaat dan berkhasiat dapat mengatasi berbagai jenis penyakit, salah satunya yaitu dapat mengatasi masalah biduran secara alami dan juga cepat. Anda bisa sangat mudah sekali untuk mendapatkan daun sirih ini karena daun tanaman yang satu ini sudah banyak di tanam oleh banyak masyarakat untuk di jadikan sebagai obat tradisional.

Cara membuat ramuan alami untuk mengatasi masalah biduran dengan menggunakan daun sirih sangat mudah sekali yaitu, pertama ambil daun sirih sebanyak kurang lebih 20 lembar, cuci hingga bersih, kemudian rebuslah hingga mendidih. Setelah mendidih saringlah air rebusan daun sirih tersebut dan kemudian minumlah air rebusan tersebut secara rutin sampai masalah biduran anda hilang atau sembuh.

Baca juga : Mengenal Manfaat Daun Sirih Untuk Wanita

3. jahe dan cuka beras hitam

jahe memang sudah terbukti memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Campuran jahe dan juga cuka beras hitam bisa bermanfaat sangat ampuh sekali untuk mengatasi masalah biduran yang menyerang kulit anda secara alami dan aman.

Cara membuat ramuan tradisional dari campuran jehe dan cuka beras hitam untuk mengatasi masalah biduran sangat mudah sekali. Siapkan dulu jahe sebanyak kurang lebih 30 gram, dan juga cuka beras hitam sebanyak 100 cc. Sebagai bahan tambahanya anda bisa mencampurkan lagi gula merah secukupnya. Pertama tumbuh jahe sampai halus, kemudian rebuslah tumbukan jahe tersebut bersama dengan bahan bahan yang lainnya. Jika rebusan tersebut sudah mendidih, diamkan dulu rebusan tersebut sampai hangat. Setelah itu minumlah ramuan alami tersebut secara rutin setiap hari sampai masalah biduran yang ada pada kulit anda menghilang.

4. buah asam dan temulawak

buah asam dan juga temulawak ini di ketahui memiliki manfaat dan juga khasiat bisa membantu tubuh anda dalam mengatasi masalah biduran secara alami dan aman tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Cara membuat ramuan alami unruk mengobati masalah biduran dengan menggunakan buah asam dan temulawak sangat mudah anda perlu melakukan hal berikut.

Siapkan dulu temulawwak sebanyak kurang lebih 15 gram, dan juga buah asam secukupnya. Kemudian cuci hingga bersih bahan bahan tersebut, lalu rebuslah dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas sampai mendidih. Setelah sudah mendidih angkat dan saring ambil airnya. Kemudian anda bisa memimun air rebusan tersebut secra rutin setiap hari sampai masalah biduran anda hilang atau sembuh.

5. minyak kayu putih dan minyak zaitun

minyak kayu putih ini di ketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, selain itu minyak zaitun juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Keduannya sama sama memiliki manfaat dan juga khasiat yang baik bagi kesehatan. Kedua bahan tersebut juga bisa membantu tubuh anda untuk mengatasi masalah biduran dengan cara mengurangi rasa gatal yang telah di akibatkan oleh timbulnya biduran tersebut. Dengan demikian bisa membuat tubuh anda menjadi lebih nyaman dalam melakukan sebuah aktivitas.

Cara membuat ramuan alami dari kedua bahan tersebut untuk mengobati masalah biduran sangat mudah sekali yaitu dengan menyiapkan 1 sendok makan dari masing masing bahan tersebut. Kemudian campurkanlah sampai benar benar merata. Setelah sudah tercampur dengan merata anda bisa menggunakan campuran tersebut untuk dioleskan ke bagian kulit tubuh anda yang sedang terserang masalah biduran secara merata. Lakukanlah cara pengobatan trasisional tersebut secara rutin setiap hari agar rasa gatal yang di timbulkan oleh biduran tersebut hiang.

6. daun jombang

daun jombang ini ternyata juga bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah biduran yang sedang anda alami saat ini secara alami dan juga aman tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya tentunya. Cara pengobatan tradisional dengan menggunakan daun jombang ini bisa membantu tubuh anda untuk dapat mengurangi rasa gatal yang di timbulkan oleh masalah biduran tersebut yang ada di kulit tubuh anda.

Cara penggunaan daun jombang ini sebagai obat alami masalah biduran sangat mudah sekali yaitu sebagai belikut. Siapkan daun jombang ini sebanyak kuran lebih 30 gram, yang kemudian direbus samai medidih, dengan menggunakan air sebanyak 400 cc. Setelah sudah mendidih, angkat dan ambil airnya kemudian anda bisa meminum air rebusan tersebut secara rutin setiap hari sampai masalah biduran yang sedang anda derita menghilang atau sembuh.

7. kunyit dan daun sambiloto

kunyit dan juga daun sambiloto ini di ketahui memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah bisa mengatasi masalah biduran yang sedang anda derita saat ini secara alami dan juga aman tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Kedua bahan tersebut biasanya sering sekali di jadikan sebagai bahan untuk membuat jamu tradisional.

Cara mebuatramuan tradisional menggunakan kunyit dan juga daun sambiloto untuk mengatasi masalah biduran. Yang pertama yaitu dengan menyiapkan bahan bahanya terlebih dulu yaitu kunyit sebanyak 20 gram kemudian daun sambiloto sebanyak 10 gram. Serta bahan tambahan yang lainnya yaitu bawang merah 1 siung saja, dan juga daun kelor sebanyak 30 gram. Kemudian tumbuklah semua bahan yang telah disiap tadi sampai halus dan menjadi satu. Setelah sudah halus rebus lah dengan menggunakan air sebanyak 600 cc. Kemudian saring ambil airnya dan minumlah ramuan alami tersebut secara rutin sampai masalah biduran anda hilang.

8. kayu manis

kayu manis merupakan salah satu bahan untuk membuat makanan atau bumbu masakan yang memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat bagi kesehatan tubuh. Kayu manis ini juga bisa bermanfaat dapat membantu tubuh anda untuk mengatasi masalah biduran yang telah menyerang kulit tubuh anda. Serta dapat mengurasi rasa gatal yang di sebabkan oleh masalah biduran itu sendiri. Selain itu juga bisa bermanfaat untuk mengembalikan kondisi kulit tubuh anda menjadi sedia kala.

Untuk membuat ramuan alami dari kayu manis sebagai obat alami masalah biduran yang sedang anda alami saat ini sangat mudah sekali anda cukup melakukan hal hal berikut ini. Yang pertama yaitu dengan menyiapkan bahan bahanya dulu seperti kayu manis sebanyak beberapa batang, serta bahan tambahan yang lainya yaitu meniran. Kemudian tumbuklah kedua bahan tersebut hingga halus, setelah sudah halus siapkan air mendidih dan kemudian campurkan bahan yang sudah di haluskan tadi. Ramuan alami tersebut dapat anda minum selagi masih hangat sebanyak 2 kali dalam sehari.