Buah Sirsak Untuk Program Diet Sehat Anda

Posted on

Manfaat buah sirsak untu program diet yang sehat – Buah sirsak merupakan salah satu jenis buah buahan yang memiliki banyak sekali manfaat yang baik sekali bagi kesehatan tubuh. Manfaat buah sirsak yang paling terkenal yaitu sangat baik untuk program diet. Penggunaan buah sirsak ini merupakan salah satu cara yang alami atau cara tradisional yang bisa di terapkan guna mengurangi berat badan. Buah sirsak ini memiliki bentuk buah yang sangat unik sekali yaitu memiliki gerigi di sekitar kulit buah yang berwarna hijau. Buah ini juga memiliki daging yang lembek jika sudah matang.

Buah sirsak pada saat ini sangat mudah sekali di temukan, baik itu di supermarket maupun di pasar pasar tradisional. Jenis buah buahan yang satu ini bisa di olah menjadi minuman seperti misalnya jus buah sirsak atau juga bisa di konsumsi secara lansung. Buah sirsak ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi tersebut yaitu berbagai kandungan vitamin dan juga kandungan serat. Kandungan nutrisi tersebut memiliki manfaat yang sangat baik sekali untu kesehatan tubuh manusia. Selain itu jenis buah buahan yang satu ini juga mampu memberikan efek kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut di karenakan kandungan serat yang ada di dalamnya.

Manfaat sirsak untuk program diet
Manfaat sirsak untuk program diet

Dengan mengkonsumsi buah sirsak ini maka tubuh anda dapat merasakan manfaatnya secara langsung mauun berlahan. Hal tersebut berbeda dengan jenis buah buahan yang lainnya. Buah sirsak ini juga memiliki manfaat dapat menjaga kandungan ion di dalam tubuh seseorang guna untuk mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Selain itu buah sirsak ini juga sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker, dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar seimbang, dan dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tidak hanya itu aja buah sirsak juga sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah aagar tetap dalam keadaan normal, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuahan luka, dan juga dapat menangkal radikal bebas.

Berikut ini ada beberapa penjelasan tentang manfaat buah sirsak untuk program diet yang aman bagi kesehatan, diantaranya yaitu sebagai berikut.

Buah Sirsak Untuk Program Diet Sehat Anda

1. kaya akan kandungan serat

buah sirsak ini memiliki kandungan manfaat serat yang tergolong sangat tinggi sekali. Kandungan serat yang ada pada buah sirsak ini selain mampu untuk menjaga pergerakan sistem pencernaan pada usus juga sangat berguna sekali untuk menjaga dan juga mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Sama seperti halnya dengan manfaat daun sirsak, kandungan serat yang ada di dalamnya mampu untuk mempertahankan rasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama dan juga bisa membantu dalam menjaga berat badan serta program diet yang sedang di lakukan.

2. rendah karbohidrat

karbohidrat merupakan salah satu kandungan yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Kandungan karbihidrat memiliki banyak manfaat yang ada di dalam buah sirsak ini cenderung lebih sehat jika di bandingkan dengan kandungan karbohidrat yang ada ada soda maupun pada kue. Kandungan karbohidrat tersebut cenderung dapat memicu terjadinya kenaikan kadar gula darah di dalam tubuh. Dengan cara menghindari konsumsi kandungan karbihidrat dalam jumlah yang labih, merupakan salah satu cara dalam menurunkan berat badan.

Untuk orang yang sudah dewasa membutuhkan kandungan karbohidrat sebanyak 300-400 gram, jika dalam keadaan sedang diet asupan kandungan karbohidrat bisa di kurangi jumlahnya menjadi sekitar 150-200 gram. 1 gram kandungan karbohidrat memiliki kandungan kalori sebanyak 4. seperti yang telah kita ketahui, kadar kalori yang terkandung di dalam 1 gelas jus buah sirsak sebanyak sekitar 38 gram. Dengan demikian mengkonsumsi buah sirsak ini bisa menjadi salah satu selingan untuk kebutuhan asupan karbohidrat.

BACA JUGA : Ini Lho Segudang Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan Anda

3. tinggi akan kandungan kalium

kandungan kalium yang ada di dalam buah sirsak tergolong sangat tinggi sekali. Salah satu fungsi dari manfaat kandungan kalium yaitu dapat meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Sistem metabolisme merupakan suatu proses yang di lakukan oleh tubuh, agar tubuh bisa mendapat energi. Metabolisme juga merupakan salah satu proses dari dalam tubuh untuk menyerapkandungan gizi yang berasal dari sari sari makanan. Sari sari makanan tersebut kemudian di proses agar menjadi energi untuk beraktivitas sehari hari. Sistem metabolisme juga memiliki fungsi untuk membakar kalori yang telah masuk ke dalam tubuh dan secara tidak langsung, hal tersebut bisa membantu dalam menurunkan berat badan dan di samping itu juga harus di dukung oleh pola diet sehat dan juga olah raga serta aktivitas fisik lainnya.

4. tinggi kandungan air

kandungan air di dalam buah sirsak juga bisa bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Di dalam 1 gelas jus buah sirsak terdapat kandungan air sebanyak sekitar 138 gram air. Dengan adanya kandungan air yang tergolong cukup banyak tersebut bisa mengatasi atau mencegah terjadinya dehidrasi. Dengan mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup juga mampu untuk menjaga dan juga mampu mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalan tubuh karena tubuh masih dalam keadan masih kenyang. Untuk itu buah sirsak ini sangat baik sekali untuk di konsumsi terutama untuk anda yang sedang melakukan program diet.

5. mengandung banyak vitamin C

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah sirsak tergolong sangat tinggi juga. Kandungan vitamin C di dalam buah sirsak ini memiliki manfaat dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Sebuah penalitian yang telah di lakukan mengungkapkan bahwa seseorang yang telah mengkonsumsi kandungan vitamin C dalam jumlah yang cukup, kemudian di dalam jurnal Advences in Pharmacological Sciences di ketahui bahwa kandungan vitamin C memiliki manfaat dapat menurunkan kadar gula darah sehingga bisa mengontrol Indeks Massa tubuh agar tetap berada pada keadaan normal.

Berikut ini merupakan aturan mengkonsumsi buah sirsak guna dapat menjaga berat badah tetap ideal dan agar dapat mendukung aktivitas diet sehat yaitu dengan mengkonsumsi buah sirsak ini 4 jam sebelum melakukan aktivitas fisik atau olah raga. dalam Journal of the American College of Nutrition oleh Johnston, C.S telah di umngkapkan bahwa kandungan vitamin C yang jumlahnya cukup di dalam tubuh seseorang dapat mampu membakat lemak sebanyak 30%. hal tersebut bisa lebih banyak pada saat seserang melakukan olah raga.

Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa melakukan olah raga akan lebih efektif lagi dalam membakar lemak apabila kondisi tubuh masih dalam keadaan cukup kandungan vitamin C. Tetapi juga perlu anda ingat, bahwa kandungan vitamin C tidak di gunakan sebagai suplemen diet sehat, melainkan sebagai pendukung dalam proses pembakaran lemak dalam tubuh dari berbagai aktivitas fisik yang telah di lakukan.