Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Tanpa Kosmetik Hasil Efektif

Posted on

Cara memutihkan wajah secara alami tanpa kosmetik tentu memberikan kesan natural dan enak dilihat. Jika anda sebagai wanita, melihat wanita lain memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah, tentu anda juga akan takjub dan betah melihatnya. Apalagi, jika anda memiliki kulit itu sendiri. Pasti, anda akan merasa tampil percaya diri dan bahagia sampai ke langit ke tujuh. Faktanya, wajah yang kusam pun ternyata bisa tampil dengan wajah yang cerah dan bersih. Jadi, adalah anggapan yang salah jika seseorang yang putih dan cerah memang sudah tampak bersih sejak lahir.

Cara memutihkan wajah juga erat kaitannya dengan mengenali terlebih dahulu apa jenis kulit anda. Dengan demikian, tentu anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Contohnya saja, seseorang yang memiliki wajah berminyak, sebaiknya tidak boleh menggunakan cara untuk memutihkan wajah yang cocok untuk wajah kering. Hal ini justru akan membuat wajah anda tampak semakin berminyak dan lembab. Nah, apa saja bahan alami yang dapat anda gunakan untuk memutihkan wajah? Berikut informasi yang wajib anda simak.

Memutihkan Wajah Degan Bahan Alami
Memutihkan Wajah Degan Bahan Alami

1. Kentang

Faktanya, kandungan potassium pada kentang cukup tinggi dan bekerja untuk melembabkan kulit serta menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit. Cara ini terbukti ampuh dan menggunakan kentang sebagai perawatan kulit tentu adalah hal yang mudah.

Cara memutihkan wajah dengan kentang:

  • Siapkan kentang, kupas, dan bersihkan.
  • Parut kentang sampai benar-benar halus lalu peras. Anda akan menggunakan air perasan kentang/ sari kentang.
  • Oleskan sari kentang secara merata ke bagian leher, wajah, atau tubuh lainnya yang tampak gelap dan kusam.
  • Biarkan 17 mennit lalu basuh dengan air hangat. Kemudian, bilas lagi dengan air dingin.
  • Perawatan ini sangat cocok untuk anda yang memiliki jenis kulit normal. Gunakan perawatan ini secara rutin dan anda pasti dapat melihat hasilnya sendiri dalam beberapa minggu.

2. Jeruk Nipis

Cara memutihkan wajah selanjutnya yang cukup populer adalah dengan menggunakan jeruk nipis. tidak sedikit masyarakat yang telah mencobanya sendiri. Jeruk nipis adalah salah satu bahan tradisional yang kerap digunakan untuk perawatan kulit, terutama untuk kulit berminyak.

Hal ini dikarenakan jeruk nipis memiliki tingkat antioksidan yang cukup tinggi. Fungsinya adalah agar kulit tampak lebih sehat, agar pori-pori yang membesar jadi mengecil, agar bekas jerawat hilang, dan agar wajah tampak putih dan cerah.

Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis:

  • Siapkan satu buah jeruk nipis, peras dan letakkan air perasan jeruk nipis pada mangkok kecil.
  • Campurkan air perasan jeruk nipis dengan 1 putih telur ayam. Lalu aduk sampai benar-benar rata.
  • Masker jeruk nipis pun sudah siap. Anda bisa langsung mengoleskannya pada seluruh permukaan wajah secara merata hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat hingga benar-benar bersih.
  • Perawatan ini juga akan lebih manjur jika anda menambahkan madu alami. Campuran tersebut bekerja untuk mendinginkan kulit, memberikan nutrisi yang cukup baik bagi kulit supaya tampak lembut, cerah, dan bercahaya.

3. Bengkoang

Bukan hanya seluruh bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, anda juga dapat menggunakan engkoang untuk memutihkan wajah. Bengkoang sudah dipercaya untuk perawatan kulit sejak jaman dahulu. Fakta bahwa bengkoang adalah bahan yang baik untuk menutrisi kulit adalah adanya berbagai produk kecantikan yang tidak pernah melewatkan bengkoang sebagai bahan utama atau bahan campuran. Hal ini dikarenakan bengkoang memiliki kandungan vitamin B dan vitamin C yang berfungsi untuk membantu kulit tampak cerah dan bersih.

Untuk anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya anda menggunakan masker bengkoang untuk memutihkan kulit.

Cara memutihkan wajah dengan bengkoang:

  • Siapkan bengkoang yang masih segar, kemudian parut dan peras supaya anda bisa mengambil air perasannya.
  • Kemudian, masukkan air perasan tersebut pada mangkok kecil dan biarkan sehingga mengendap.
  • Gunakan endapan bengkoang tersebut untuk merawat kulit anda dengan cara dibalurkan ke seluruh bagian wajah, leher, atau bagian lainnya yang tampak kusam.
  • Kemudian, biarkan sampai 17 menit.
  • Gunakan air dingin bersih untuk membilas wajah.
  • Perawatan bengkoang ini harus anda lakukan secara rutin supaya hasilnya benar-benar tampak mengejutkan.

4. Susu

Kebutuhan kalsium pada tubuh bisa didapatkan dengan cara rajin mengonsumsi susu. Selain itu, susu juga dibutuhkan untuk membantu agar kondisi gigi dan tulang tetap baik. Ketika susu diterapkan pada area kulit, tentu saja kandungan vitamin B6 dan vitamin B12 didalamnya akan bekerja secara efektif untuk membuat kulit tetap lembab, tidak dehidrasi dan juga membantu agar pigmentasi bisa dihambat supaya kulit wajah tetap sehat, lembut, dan cerah.

Jika anda memiliki tipe kulit kering, ditambah dengan masalah seperti wajah kusam dan berkomedo hitam, waktunya anda menggunakan susu untuk perawatan kulit anda.

Cara memutihkan wajah dengan susu:

  • Siapkan semangkok susu yang masih hangat. Anda bisa menggunakan susu kambing atau susu sapi. Kemudian, siapkan pula kain lap yang masih bersih.
  • Celupkan kain lap tersebut pada mangkok susu yang hangat. Peras kain dan gosokkan secara perlahan dan lembut pada area wajah anda secara merata. Cara ini harus terus diulangi dengan cara dicelup, diperas, dan juga digosok sekitar enam kali.
  • Perawatan dengan susu yang rutin akan membantu agar wajah tampak cerah bersinar dalam beberapa minggu saja. Anda bahkan dapat melihat sendiri hasilnya.

5. Bersihkan makeup secepatnya

Selain melakukan hal-hal di atas, anda juga dapat memulai kebiasaan baru untuk mendukung kulit anda cerah tanpa makeup. Misalnya saja, kulit yang cerah tentu merupakan cerminan bahwa anda benar-benar menjaga kebersihan kulit. Jangan sampai menggunakan makeup dan anda lupa mencuci wajah anda. Hal ini justru akan membuat bedak mengendap dan menyumbat pori-pori, ditambah dengan debu dan kotoran yang bercampur keringat. Bahkan dalam hitungan hari saja, jerawat bisa muncul jika anda memiliki kebiasaan seperti ini. Itulah mengapa anda juga harus rajin-rajin mencuci muka apalagi setelah menggunakan makeup.

6. Cukupi kebutuhan air putih

Jangan salah, tubuh juga dapat komplain jika sampai anda kurang memperhatikan kebutuhan air putih. Tubuh yang kurang dehidrasi akan mudah stress. Bahkan, proses pembuangan racun dan metabolisme tubuh jadi berkurang karena kebiasaan meminum air putih yang kurang banyak. Dengan demikian, akan sulit sekali mendapatkan wajah yang cerah dan putih.

7. Hindari Stres

Stress bisa anda kelola dan hindari dengan tetap memikirkan hal-hal yang baik. Hal-hal yang buruk yang mengganggu pikiran anda tentu tidak akan menciptakan aura yang cerah dan positif pada diri anda. Namun, jika anda selalu bahagia dan tidak pernah dipusingkan dengan masalah-masalah yang ada, tentu tubuh anda juga dapat menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh.

Hal-hal lainnya yang harus diperhatikan adalah memperhatikan nutrisi tubuh, termasuk memakan sayur-sayuran dan buah-buahan untuk memberikan vitamin pada kulit. Semoga bermanfaat!