Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Posted on

Akibat infeksi dan firus yang terjadi pada pernafasan seseorang biasanya akan menyebabkan sakit tenggorokan dan pada umumnya enyakit jenis ini lebih mudah dialami oleh mereka yang masih remaja dan anak-anak. Mengalami sakit tenggorokan memiliki beberapa hal atau gejala yang terjadi  seperti Sakit kepala, Pembesaran kelenjar pada leher, Tonsil/amandel yang membengkakakibat radang, Nyeri otot, Batuk, Hidung beringus, Iritasi, Gatal di tenggorokan, Sakit dan sulit menelan.

Cara Mengatasi Sakit TenggorokanCara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Akibat infeksi dan firus yang terjadi pada pernafasan seseorang biasanya akan menyebabkan sakit tenggorokan dan pada umumnya enyakit jenis ini lebih mudah dialami oleh mereka yang masih remaja dan anak-anak. Mengalami sakit tenggorokan memiliki beberapa hal atau gejala yang terjadi  seperti Sakit kepala, Pembesaran kelenjar pada leher, Tonsil/amandel yang membengkakakibat radang, Nyeri otot, Batuk, Hidung beringus, Iritasi, Gatal di tenggorokan, Sakit dan sulit menelan.Sakit tenggorokan bias diatasi dengan mudah namun bila belum sempat untuk mengobati sebenarnya ada beberapa cara untuk menguranginya khususnya untuk gejala yaitu sebagai berikut :

  1. Berkumur menggunakan air yang di berikan garam tujuannya adalah untuk meredakan  radang dan bengkak yang terjadi pada tenggorokan.
  2. Jika hobi mengnsumsi makanan atau minuman yang dingin / panas sebaiknya di hindari terlebih dahulu karena ini bias memperburuk rasa sakit yang semakin menjadi jadi.
  3. Kebiasaan merokok juga penyebabnya jadi bila sudah mengalami hal ini (sakit tenggrokan) sebaiknya hentikan aktivitas merokok dan jauhkan diri dari asap rokok.
  4. Selain dapat menguatkan daya tahan tubuh mengkonsumsi air putih saat mengalami hal ini juga dapat meredakan sakit pada tenggorokan.
  5. Obat kumur antiseptik yang mengandung povidone-iodine adalah salah satu cara yang bias di lakukan karena kandungan povidone-iodine bias membuat / membunuh bakteri hingga mati.

Namun bila langkah-langkah diatas belum mendapatkan hasil yang maksimal maka sebaiknya pergi ke dokter untuk melakukan emeriksaan lebih lanjut.  Jika Anda tidak segera memeriksanya di takutkan akan terkena beberapa hal lebih buruk seperti berikut ini :

  • Abses peritonsiler atau quinsy, yaitu pembengkakan bernanah antara langit-langit tenggorokan dan bagian belakang tonsil.
  • Epiglottitis, yaitu peradangan lipatan jaringan di belakang tenggorokan, di bawah lidah (epiglotis) yang bisa menghambat pernapasan jika tidak ditangani dengan baik.
  • Infeksi mononukleosis, yaitu infeksi virus Epstein Barr yang ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening, demam, dan sakit tenggorokan.

Obat Alami Sakit Tenggorokan

Jeruk Lemon – Perlu di ketahui jeruk lemon adalah buah yang memiliki kandungan astringen yang mana kandungan ini sangat baik terutama untuk mengobati dan meredakan sakit tenggorokan. Untuk melakukan pengobatan lemon cukup campurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air matang. Hal ini akan membunuh kuman dan bakteri yang ada pada tenggorokan.

Cengkeh  Cengkeh memiliki sifat yang baik karena memiliki kandungan antibakteri sehingga ini akan membuat bakteri dalam tenggorokan akan mati. Caranya cukup campurkan bubuk cengkeh 1-3 sendok kedalam segelas air lalu lakukan kumur – kumur samai ke tenggrokan. Jika tidak tersedia cengkeh bubuk anda juga bias mencoba menggunakan cengkeh kasar namun sebaiknya di tumbuk terlebih dahulu.

Madu – Madu adalah hasil dari lebah yang ternyata madu sangat baik bagi kesehatan. Madu memiliki banyak manfaat seperti mengobati demam berdarah, mengobati demam dan salah satunya adalah mengatasi tenggorokan yang sakit.  Caranya cukup mudah yaitu mencampurkan madu 2-3 sendok makan kedalam satugelas air utih / lemon dan di minum 1-3 kali dalam sehari. Bila dilakukan secara rutin akan cepat mengalami perubahan yang baik pada tenggorokan.

Teh Hangat – Karena kandungan antioksidan yang ada pada teh maka tidak heran bila teh adalah salah satu bahan yang masuk dalam kategori penyembuhan sakit tenggorokan. Anda bias mengkonsumsi the setiap hari selama masih merasakan tenggorokan yang sakit. Jika ingin lebih maksimal maka bias di campurkan dengan madu dan perasan lemon ke dalam teh tersebut.