Cara Menghilangkan Batuk Berdahak

Posted on

Cara menghilangkan batuk berdahak yang sering dilakukan oleh masyarakat mungkin adalah dengan meminum obat dari apotek atau dokter. Atau biasanya ada juga penderita batuk yang membiarkan penyakitnya tersebut dan memiliki keyakinan bahwa pasti akan sembuh sendiri. Namun sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan batuk berdahak, termasuk dengan cara alami atau tradisional. Penggunaan bahan alami untuk mengobati batuk hampir tidak memiliki efek samping. Selain itu juga mampu menghilangkan batuk dengan cepat, tidak kalah cepat dengan obat modern.

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak
Cara Menghilangkan Batuk Berdahak

Berikut ini adalah cara mengobati batuk berdahak yang bisa anda lakukan :

  1. Madu dan Lada Putih

Untuk mengatasi batuk berdahak anda bisa menggunakan ramuan dari madu dengan lada putih. Lada putih atau yang disebut merica selama ini hanya digunakan sebagai bumbu dapur saja, namun siapa sangka jika lada putih ini bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Cara mengatasi batuk berdahak menggunakan lada putih adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkanlah lada putih sebanyak setengah sendok teh.
  • Campurkanlah lada putih tersebut ke dalam teh yang sudah campurkan dengan madu.
  • Minumlah saat pagi hari dan malam hari secara rutin.
  • Sensasi panas pada lada putih dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi dahak yang ada di tenggorokan sebab lada putih itu bisa mengencerkan dahak yang ada di tenggorokan anda. Dahak yang encer akan mudah sekali untuk dikeluarkan sehingga dahak yang ada di tenggorokan bisa menjadi berkurang.
  1. Bunga Mawar

Selama ini bunga mawar da air mawar dipercaya berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan manusia. Rendaman air mawar bisa membuat wajah menjadi cerah berseri dan kulit kusam menjadi hilang. Namun siapa sangka jika air mawar ini bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak yang anda alami. Berikut ini adalah cara mengatasi batuk berdahak menggunakan bunga mawar yang bisa anda coba di rumah :

  • Ambil bunga mawar segar yang masih berkelopak sebanyak 10 gram.
  • Tim bunga mawar itu menggunakan air secukupnya.
  • Tambahkan gula batu sesuai selera.
  • Anda bisa meminum air mawar itu sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Air mawar yang wangi bisa membuat dahak di tenggorokan anda menjadi encer dan bisa dikeluarkan dengan lancar
  1. Teh Daun Mint

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak adalah mengkonsumsi teh daun mint. Selain bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak, teh daun mint bisa digunakan untuk mengatasi infeksi saluran pernafasan dan juga bronkitis. Teh daun mint ini juga bisa digunakan untuk mengurangi inflamasi atau peradangan yang terjadi di paru-paru. Anda bisa mengkonsumsi teh daun mint ini sebanyak dua kali dalam sehari. Caranya adalah dengan menyeduh teh daun mint ini seperti teh biasa.

  • Jahe
  • Jahe merupakan tanaman obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Rasa hangat pada jahe sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi masuk angin dan perut begah. Anda bisa memanfaatkan manfaat dari jahe itu untuk menghilangkan batuk berdahak yang anda alami. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan menjadikan jahe tersebut menjadi wedang jahe. Jika anda tidak mau repot, anda bisa mengkonsumsi wedang jahe yang dijual di warung makan atau susu jahe.
  1. Kencur

Kencur juga berperan penting daam mengatasi batuk berdahak. Rasa pedas dan hangat yang ada pada kencur dipercaya bisa digunaka untuk mengencerkan dahak yang ada di tenggorokan. Cara mengatasi batuk berdahak menggunakan kencur adlaha sebagai berikut ini :

  • Siapkan kencur secukupnya, cuci bersih kemudian kupas. Setelah dikupas anda bisa memarutnya.
  • Peras kencur tersebut, kemudian masukkan air perasannya ke dalam panci.
  • Siapkan sebanyak 10 gram daun beimbing dan 5 gram temugiring.
  • Rebus semua bahan-bahan tersebut menggunakan dua gelas air.
  • Sisakan setengahnya kemudian minum saat dingin sebanyak dua kali dalam sehari.
  1. Buah Anggur

Buah anggur merupakan buah yang menyegarkan meskipun harganya cenderung mahal.  Bagi anda yang ingin mengobati batuk berdahak dengan mudah dan enak anda bisa mengkonsumsi buah anggur. Buah anggur mengandung sifat ekspektoran dimana buah anggur itu mampu mengencerkan lendir yang ada di dalam tenggorokan anda. Anda bisa mengkonsumsi buah anggur dengan berbagai macam cara misalnya dibuat jus atau dibuat salad buah.

  1. Jeruk Nipis

Selama ini jeruk nipis dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Jeruk nipis bisa digunakan untuk mengobati sariawan dan tentunya jeruk nipis bisa digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Batuk berdahak akan terasa sangat menganggu sebab tenggorokan akan terasa sakit dan gatal selain itu suara bisa menjadi serak

  1. Teh Jahe

Siapa yang tidak suka dengan teh. Masyarakat di Indonesia memiliki kebiasan untuk mengkonsumsi teh setiap pagi atau setiap malam. Tidak hanya di Indonesia saja yang masyarakatnya memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi teh. Di Jepang sendiri memilii kebiasaan untuk mengkonsumsi teh dan dijadikan tradisi. Teh ini memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan. Untuk mengatasi batuk berdahak anda bisa mengkonsumsi teh yang dicampurkan dengan jahe.

Cara pembuatan minuman nii pun saagt mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Ambil satu buah rimpang jahe dengan ukuran sedang, cuci sampai bersih
  • Sangrai atau bakar jahe tersebut samai harum.
  • Setelah itu geprek jahe yangtelah dibakar tersebut.
  • Setelah dibakar, masukkan ke dalm cangkir.
  • Masukkan teh dan gula jika suka, kemudian anda bisa menyeduhnya menggunakan air panas.
  • Hirup aroma teh jahe itu selama 3 menit, setelah air berubah menjadi hagat anda bisa meminum teh jahe itu. Anda bisa mengkonsumsi teh jahe itu setiap pagi dan sebelum tidur.
  1. Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun kemangi selama ini dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi keringat yang berlebihan dan bisa digunakan untuk mengatqsi bau badan yang menyengat. Daun kemangi ini memiliki bau yang khas dan anda sering menemukan daun kemangi sebagai lalapan. Berikut ini cara mengatasi batuk berdahal menggunakan daun kemangi yang bisa anda lakukan :

  • Siapkan sebanyak dua sampai dengan tiga batang daun kemangi.
  • Campur menggunakan dua gelas air.
  • Rebuslah sampai mendidih, saat direbus anda harus menyisakan air rebusannya menjadi satu gelas.
  • Minum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari.

Demikian solusi obat batuk berdahak yang dapat kami bagikan semoga bermanfaat.aaminnn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *