Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami Secara Cepat Dan Permanen

Posted on

Cara menghilangkan bau mulut adalah hal yang penting. Tidak semua orang mau berbicara dengan orang yang memiliki masalah dengan aroma mulutnya walaupun tampilannya kece dan wangi banget. Hal ini dikarenakan bau mulut membuat percakapan jadi terhenti, semua obrolan juga terasa tidak nyaman.

Cara menghilangkan bau mulut tentu juga akan mengembalikan rasa percaya diri anda. bayangkan saja, semua yang semula menjaga jarak karena masalah bau mulut akhirnya kembali mendekat. Nah, karena bau mulut cukup menjengkelkan, waktunya anda mencari tahu apa saja yang bisa anda lakukan untuk menghilangkannya secara alami, cepat, dan hasilnya permanen.

menghillangkan bau mulut yang membandel
menghillangkan bau mulut yang membandel

1. Rajin gosok gigi

Bau mulut muncul akibat adanya pertumbuhan bakteri yang cukup banyak dan cepat didalam mulut. Bukan hanya itu, bau mulut terjadi karena kurangnya minuman. Ketika memiliki masalah bau mulut, seseorang akan cenderung diam, tidak berbicara pada siapapun dan mencari solusinya. Salah satunya adalah dengan rajin menggosok gigi.

Cara ini adalah cara yang paling mendasar agar bau mulut bisa berkurang atau bahkan hilang. Anda harus bisa rajin menggosok gigi paling tidak dua kali sehari. Hal ini akan membantu untuk mencegah adanya pertumbuhan plak yang ada didalam mulut. Kemudian, sisa makanan yang menempel di mulut menjadi hilang sehingga tidak ada bau yang muncul kembali.

2. Bersihkan lidah serta langit-langit mulut

Ketika menyikat gigi, masyarakat Indonesia hanya menyikat gigi saja. Padahal, ssangat penting untuk membersihkan lidah serta langit-langit mulut ketika sudah selesai sikat gigi. Menyikat area tersebut akan mencegah adanya bakteri yang bersarang yang menjadi pemicu mengapa bau mulut bisa terjadi. Bagian-bagian lidah dan langit-langit mulut adalah tempat favorit bakteri.

3. Jangan mengonsumsi makanan yang menyengat

Bau mulut terjadi akibat anda mengsonsumsi makanan yang menyengat seperti petai, bawang, dan juga jengkol. Jenis-jenis makanan ini tentu saja akan menciptakan aroma khas sendiri di mulut dan tidak akan membuat anda nyaman. Bahkan, makanan-makanan tersebut juga akan membuat keringat bau.

4. Berhenti merokok

Cara menghilangkan bau mulut yang satu ini ternyata masih sulit dilakukan. Padahal, sudah jelas jika merokok membuat para penghisap asapnya mengalami masalah kesehatan yang serius dan bahkan mematikan seperti serangan jantung, masalah kesuburan, stroke, dan penyakit kanker. Akan tetapi, semua perokok pasti akan memiliki noda di gigi yang menyebabkan bau mulut.

5. Buah-buahan harus dikonsumsi

Mengapa anda harus mengonsumsi buah-buahan ketika sedang mengalami maalah bau mulut? Pasalnya, buah-buahan akan meningkatkan produksi air liur yang ada didalam mulut. Sedangkan air liur sendiri dibutuhkan karena bekerja sebagai pembersih mulut alami. Dengan demikian, pertumbuhan bakteri dapat ditekan dan bau mulut bisa dikurangi.

6. Minum teh hitam atau teh hijau

Teh hitam atau teh hijau adalah salah satu bahan yang penting yang dapat anda gunakan untuk mengatasi bau mulut. Hal ini dikarenakan kedua jenis teh tersebut memiliki kandungan polifenol. Zat ini bekerja untuk membuat bakteri dalam mulut menghilang. Caranya adalah mengonsumsi dua jenis teh tersebut secara rutin.

7. Gunakan mouthwash

Mouthwash adalah obat kumur yang bekerja untuk membasmi kuman serta bakteri yang dapat membuat napas terasa lebih enak dan segar. Anda dapat menggunakan obat kumur tepat setelah gosok gigi. Untuk menggunakan obat kumur, anda harus berkumur dalam beberapa waktu dan jangan langsung memuntahkannya. Hal ini penting untuk membuat kuman dan bakteri hilang.

Ketika berbciara tentang obat kumur, produk obat kumur yang baik adalah obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Alkohol memang memberikan rasa bersih didalam mulut. Akan tetapi, alkohol tidak baik karena dapat membuat mulut jadi kering. Padahal, jika air liur sampai menurun produksinya, maka bau mulut pasti akan datang kembali.

Untuk itu, sebaiknya, pilih obat kumur yang memiliki ekstrak natural enzim. Ekstrak tersebut akan dapat membantu mengembalikan fungsi air ludah secara alamiah, yaitu sebagia anti bacteria. Dengan demikian, maka pembentukan plak, masalah gigi berlubang, gusi sakit dan ekologi pada bagian rongga mulut tetap sehat.

8. Perhatikan menu makanan

Cara menghilangkan bau mulut juga dapat diatasi dengan memperhatikan pola makanan. Agar bau mulut menghilang, pastikan hanya mengonsumsi makanan yang memiliki tingkat karbohidrat yang cukup, kemudian diseimbangkan dengan protein dan lemak. Misalnya saja, anda harus rajin mengonsumsi ubi jalar, wortel, brokoli dan buah segar lainnya yang akan membuat lemak dalam tubuh tetap seimbang dan membuat aroma nafas jauh lebih baik.

Hal yang tak kalah pentingnya tentang menu makanan adalah mengonsumsi berbagai sayuran hijau. Hal ini penting karena boleh jadi bau mulut muncul karena tingkat asam yang tinggi didalam tubuh. Sayuran hijau akan bekerja optimal untuk mengontrol asam.

Anda juga harus mengonsumsi beberapa buah-buahan seperti apel dan wortel. Pilihan lainnya adalah seledri. Bahan-bahan alami ini akan bekerja untuk membersihkan rongga mulut dari sisa makanan, terutama di bagian sela-sela gigi yang akan membuat bakteri terus tumbu.

9. Minum banyak air putih

Cara lainnya agar bakteri di rongga mulut menghilang dengan cepat adalah dengan rajin minum air putih. Mineral sangat dibutuhkan tubuh dan tetap bermanfaat, bahkan jauh lebih baik dibandingkan minuman bersoda atau teh kemasan yang sudah diberi tambahan pengawet seperti asam sitrat. Faktanya, soda dan teh kemasan adalah pemicu bau mulut serta membuat lapisan enamel di gigi jadi hilang.

10. Kurangi kopi dan perbanyak jus hijau

Minum jus hijau juga bisa menjadi pilihan anda untuk menghilangkan bau mulut. Jus hijau memiliki kandungan asam yang tidak tinggi. Berbeda dengan kopi yang tingkat asamnya jauh lebih tinggi sehingga pasti akan memicu bau mulut.

11. Mengunyah Peterseli atau daun mint yang masih segar

Bau mulut juga bisa ditangani dengan menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya aja, anda bisa menggunakan peterseli atau daun mint dan selipkan bahan tersebut di tengah roti bekal kerja anda. daun mint akan bekerja secara optimal untuk memberikan sensasi nafas yang segar. Sedangkan perseli bekerja untuk melawan adanya sulfur yang terbentuk dalam mulut dan memicu bau mulut.

Baca Juga

12. Kunyah permen karet tanpa gula

Cara menghilangkan bau mulut terakhir adalah dengan menggunakan permen karet yang tidak mengandung gula. Permen karet yang mengandung xylitol adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan produksi air liur. Kemudian, anda dapat menggunakan permen karet tersebut untuk membuat bakteri hilang. Permen karet sejenis ini juga sangat baik untuk menjaga agar gusi dan gigi anda tetap sehat.

Nah, itulah berbagai informasi tentang apa saja yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut. Tentu saja, tidak akan mudah untuk melakukan hal-hal di atas secara rutin. Namun, memiliki nafas yang segar adalah apa yang akan anda dapatkan selanjutnya. Semoga membantu!