Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Dengan Bahan Alami Hasil Permanen

Posted on

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami tentu bukan hal yang mudah dilakukan karena membutuhkan proses. Walaupun tergolong sebagai salah satu cara ekonomis, cara alami juga bertahap, tidak memberikan efek perubahan pada wajah secepat perawatan medis yang mahal namun memiliki efek samping tertentu. Untuk itu, cara alami adalah cara yang paling aman. Ketika anda memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu agar kulit mulus, atau menggunakan produk kecantikan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Sebab, hal ini penting supaya anda tidak mengorbankan kesehatan anda demi mendapatkan kulit yang bebas jerawat dan bebas noda hitam

Menggunakan cara alami tentu saja berhasil, asalkan Anda melakukan perawatan tersebut secara rutin. Dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk menjaga dan merawat wajah agar bebas jerawat seketika. Tentu saja, salah satu hal yang paling mendukung adalah menjaga pola hidup yang sehat dan menghindari stress. Lantas, apa saja cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami dan permanen? Berikut beberapa informasi yang bisa Anda simak.

Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Dengan Bahan Alami Hasil Permanen
Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Dengan Bahan Alami Hasil Permanen

1. Madu

Sejak jaman dahulu, madu menjadi salah satu andalan untuk perawatan wajah. Bukan hanya mengusir dan menghilangkan noda jerawat, bahkan madu juga dapat digunakan untuk perawatan bagian tubuh lainnya seperti menghaluskan kulit, membantu menjaga kelembaban kulit dan masih banyak lainnya. Madu adalah salah satu obat untuk mengusir jerawat membandel yang alami. Sebab, madu memiliki kandungan antibiotik yang cukup tinggi. Sehingga, secara cepat akan membantu menyembuhkan jerawat dan menghentikan infeksi.

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan madu:

  • Cuci wajah, bersihkan dengan air hangat. Cara ini penting untuk membuka pori-pori wajah. Dengan demikian, kotoran yang terjebak didalam bisa keluar secara mudah.
  • Gunakan handuk atau tisu untuk mengeringkan wajah. Hindari menggosok-gosok wajah, cukup ditepuk pelan-pelan untuk menyerap air di wajah. Cara ini juga akan mencegah kotoran menempel di kulit.
  • Oleskan madu di bagian yang berjerawat atau bernoda jerawat. Biarkan kering hingga 10 sampai 15 menit.
  • Bilas wajah dengan air bersih sampai tidak ada madu yang tertinggal.
  • Perawatan ini harus dilakukan sebanyak dua sampai empat kali seminggu agar maksimal. Madu yang digunakan harus madu asli.

2. Bawang Putih

Cara lainnya yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan jerawat membandel adalah bawang putih. Hal ini disebabkan bawang putih juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga, antioksidan tersebut akan bekerja untuk mencegah dan menghilangkan jerawat. Bukan hanya itu, bawang putih juga memiliki zat sulfur yang berperan untuk menyembuhkan jerawat membandel.

Cara menghilangkan jerawat membandel dengan bawang putih:

  • Siapkan 2 atau 3 siung bawang putih, iris.
  • Tempelkan irisan tersebut di bagian wajah yang meradang karena jerawat
  • Biarkan hingga 7 sampai 12 menit.
  • Gunakan air bersih untuk membilas
  • Cara ini harus dilakukan setiap hari sampai jerawat benar-benar hilang dan bersih.

3. Jeruk Nipis

Selain menggunakan madu dan bawang putih, anda juga bisa memanfaatkan jeruk nipis. Sebagai bumbu dapur, jeruk nipis juga cukup ampuh untuk mengatasi jerawat. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada jeruk nipis akan bekerja untuk membantu regenerasi sel-sel kulit mati serta melarutkan lemak penyebab jerawat di wajah.

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan jeruk nipis:

  • Sediakan jeruk nipis yang tidak terlalu matang dan tidak terlalu muda
  • Ambil airnya dengan cara diperas
  • Campurkan air perasan jeruk nipis dengan air hangat. Air hangat sangat penting agar pori-pori wajah terbuka dan kotoran didalam pori bisa dibersihkan.
  • Basuhkan air tersebut ke seluruh permukaan wajah
  • Keringkan dan basuh dengan air dingin

4. Mentimun

Mentimun memang salah satu buah yang mengandung banyak air. Selain enak dan segar dimakan, mentimun juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan jerawat, terutama untuk masalah jerawat yang meradang. Selain ampuh, menggunakan masker mentimun juga tidak memiliki resiko atau efek samping apapun. Mentimun adalah anti-inflamasi sehingga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat memerah dan meradang.

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan mentimun:

Cara pertama:

  • Siapkan mentimun yang masih segar kemudian iris.
  • Letakkan irisan mentimun di bagian wajah yang diinginkan
  • Biarkan hingga 30 menit, kemudian pakai air bersih untuk membilas
  • Perawatan harus dilakukan setiap hari sampai rutin sampai jerawat menghilang. Menggunakan cara ini juga sangat bagus untuk menutrisi kulit walaupun jerawat sudah hilang.

Cara kedua:

  • Siapkan mentimun segar, blender tanpa dicampur air.
  • Gunakan jus mentimun untuk masker. Ratakan di seluruh permukaan wajah.
  • Biarkan sampai 30 atau 45 menit.
  • Bersihkan wajah dengan air hangat
  • Perawatan ini harus dilakukan secara rutin. Perawatan ini juga cocok dilakukan untuk wajah dengan jerawat membandel atau meradang.

5. Daun Pepaya

Dari hasil penelitian terkini menunjukkan bahwa daun pepaya sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat yang susah hilang atau jerawat membandel. Hal ini dikarenakan daun pepaya memiliki kadar antioksidan dan nutrisi yang tinggi untuk membantu wajah tampak cerah.

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan daun pepaya:

  • Siapkan dua lembar daun pepaya. Sebaiknya gunakan daun pepaya yang sudah tua.
  • Jemur daun pepaya sampai layu, tumbuk sampai halus.
  • Tambahkan air pada bubuk daun pepaya, buat pasta.
  • Terapkan pasta pada wajah yang berjerawat dengan cara dioles. Biarkan hingga 15 atau 20 menit.
  • Gunakan air bersih untuk membilas. Cara ini sebaiknya dilakukan saat malam hari ketika anda hendak tidur. Anda akan melihat wajah tampak lebih cerah setelah melakukan perawatan ini secara rutin selama seminggu.

Demikian informasi tentang apa saja cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami agar jerawat dan bekasnya hilang permanen. Selain cara-cara di atas, anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya, air perasan lemon yang mengandung asam askorbat-L, kentang, dan juga bahan-bahan alami lainnya termasuk kulit pisang, cuka apel, pepaya, tomat, dan juga es batu.

Tentu saja, cara-cara di atas juga tidak akan cukup tanpa didukung beberapa kebiasaan yang wajib anda rubah. Misalnya saja, sebaiknya anda memiliki waktu istirahat yang cukup dengan menghindari begadang yang tidak perlu. Ketika tubuh stress karena kurang istirahat, tentu saja akan lebih mudah terkena berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah kulit seperti jerawat.Hal-hal lainnya yang harus anda hentikan adalah mengonsumsi makanan yang kurang menutrisi kulit, kurang minum air, kurang olahraga, dan juga kurang memperhatikan kebersihan wajah. Jika anda benar-bena mampu merubah kebiasaan hidup anda dengan memprioritaskan kebutuhan nutrisi tubuh, menjaga stamina dan perasaan yang baik, serta menjaga kebersihan tentu saja masalah jerawat tidak akan timbul kembali. Semoga bermanfaat!