Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis Yang Benar Dan Efektif

Posted on

Salah satu masalah rambut yang paling mengganggu adalah ketombe. Ketombe merupakan butiran putih yang jatuh ketika anda menggeraikan rambut. Selain membuat rambut kurang indah, ketombe membuat anda merasa gatal, sering menggaruk kepala, dan pada akhirnya malah membuat kulit kepala terluka. cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis bisa anda lakukan sebagai cara yang efektif dan alami.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis Yang Benar Dan Efektif
Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis Yang Benar Dan Efektif

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin, antibakteri, dan kandungan lainnya yang dapat menghilangkan noda hitam, kotoran di wajah, dan bahkan dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Namun, tidak semua orang yang menggunakan jeruk nipis untuk membersihkan ketombe tahu bagaimana cara yang tepat dan benar. Berikut informasi tentangĀ  cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis yang benar agar hasilnya maksimal.

  1. Menggunakan Jeruk Nipis Untuk Keramas

Setelah keramas, anda bisa membilas rambut anda dengan menggunakan perasan jeruk nipis. Caranya pun mudah yaitu dengan mencampurkan air jeruk nipis dalam air bilasan rambut terakhir. Diamkan tanpa harus dibilas lagi agar bisa meresap ke kulit kepala. Cara ini tergolong sederhana tetapi cukup efektif untuk membuat rambut dan kulit kepala lembab, sedangkan asam pada perasan air jeruk nipis dapat membantu mengangkat sel kulit mati untuk menghilangkan ketombe.

  1. Jeruk Nipis dan Minyak Kelapa

Untuk menggunakan perawatan ini, anda harus menyiapkan empat sendok makan minyak kelapa, kemudian hangatkan. Jika sudah, anda bisa mencampurnya dengan dua sendok makan perasan jeruk nipis, pastikan benar-benar tercampur sampai rata. Gunakan campuran tersebut untuk dioleskan di kulit kepala dengan cara dipijat perlahan-lahan agar meresap. Diamkan sampai 15 menit dan keramas dengan shampoo yang ringan. Perawatan ini bisa dilakukan paling tidak tiga kali seminggu

Perawatan ini berfungsi untuk menjaga tingkat pH kulit kepala agar tetap ideal serta menghilangkan ketombe. Agar hasil lebih maksimal, anda bisa menambahkan dua sendok makan minyak kastor pada campuran di atas.

  1. Minyak Zaitun dan Jeruk Nipis

Campuran minyak zaitun dan jeruk nipis membantu untuk melembabkan kulit kering yang kusam. Bahkan, minyak zaitun juga aman digunakan untuk rambut anak.

Cara membuat campuran ini adalah dengan menyiapkan dua sendok makan minyak zaitun serta dua sendok makan air perasan jeruk nipis. Campuran ini harus dihangatkan terlebih dahulu. Kemudian, gunakan di kulit kepala serta rambut. Agar meresap ke kulit kepala, anda harus memijat-pijat lembut area kepala dengan menggunakan ujung jari. Jika sudah rata, anda bisa diamkan hingga 30 menit supaya bisa meresap. Gunakan air dingin untuk membersihkan rambut.

  1. Jeruk Nipis dan Minyak Almond

Selain menggunakan campuran minyak zaitun, anda bisa mencampurkan jeruk nipis dnegan minyak almond. Cara ini tergolong ampuh untuk menghilangkan ketombe.

Caranya adalah dengan mencampur perasan jeruk nipis dan minyak almond dalam jumlah takaran yang sama. Campuran yang sudah rata dihangatkan terlebih dahulu. Pakaikan di kulit kepala dan rambut, sembari di pijat dengan gerakan melingkar. Berikan pijatan yang lembut selama 20 menit dan biarkan agar meresap terlebih dahulu. Gunakan air bersih untuk membersihkan rambut dan cuci dengan shampoo.

  1. Jeruk Nipis dan Cuka Apel

Jika tidak ada minyak zaitun atau minyak almond, anda bisa menggunakan cuka apel sebagai campuran air perasan jeruk nipis. Cuka apel dapat menghilangkan jamur, membersihkan sel kulit mati di kulit kepala, mencegah ketombe, mencegah gatal, dan mencegah kulit kepala kering.

Caranya, campurkan dua sendok makan cuka apel dengan satu sendok makan perasan air jeruk nipis. Gunakan di seluruh kepala serta rambut dengan bantuan kapas. Biarkan selama 30 menit agar meresap. Cuci rambut agar bersih dengan shampoo. Anda juga bisa mendiamkannya selama semalam dan membilasnya di pagi hari. Cara ini cocok dilakukan sebanyak tiga sampai empat kali seminggu untuk hasil maksimal.

Itulah beberapa cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis, semoga bermanfaat!