Cara Mengobati Pembengkakan Akibat Benturan Keras

Posted on

Mengobati Pembengkakan – Banyak dari kita yang mungkin tubuhnya pernah terbentur oleh benda keras. Benturan tersebut terjadi dikarenakan kurang berhati hari saat melakukan sebuah aktivitas sehari hari. Ada kalanya benturan tersebut bisa menyebabkan pembengkakan, memar, dan juga luka. Namun anda tak perlu merasa khawatir bila hal tersebut terjadi pada tubuh anda. Hal itu karena banyak sekali cara untuk mengobati atau mengatasi pembengkakan yang diakibatkan oleh benturan keras. Cara ini sangat mudah sekali untuk anda gunakan dan juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Lalu apa saja cara untuk mengatasi pembengkakan yang diakibatkan adanya benturan keras tersebut? Cara tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Kompres dengan air dingin

mengompres dengan air dingin atau dengan es batu merupakan salah satu langkah awal untuk mengatasi terjadinya pembengkakan dari efek benturan keras. Caranya sangat mudah sekali anda hanya perlu mengambil air dingi atau es batu lalu air dingin tersebut tuangkan kedalam wadah dan anda bisa langsung bisa mengompres bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Atau anda bisa mengambil es batu lalu bungkus dengan kain bersih dan kemudian langsung kompreskan pada bagian tubuh yang bengkak. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal lakukanlah cara ini secara rutin. Secara otomatis radang dan juga bengkak tersebut bisa terminimalisir setelah suhu tubuh anda berubah secara drastis.

Mengobati Bengkak Karena Benturan
Mengobati Bengkak Karena Benturan

2. Kompres dengan air hangat

selain mengompres dengan mengngunakan air dingin, ternyata mengopres dengan menggunakan air hangat juga bisa anda andalkan. Terutama untuk masalah pembengkakan yang muncul setelah 2 – 3 hari terkena benturan. Lagi lagi pada metode pengobatan ini kita hanya memanfaatkan perubahan suhu tubuh pada area yang terkena benturan atau yang bengkak. Dengan adanya perubahan suhu tubuh pada arena tubuh yang bengkak lama kelamaan bengkak tersebut akan mengempes setelah di kompres dengan ait hangat. Caranya sangat mudah sekali anda hanya perlu mengambil handuk bersih dan juga air hangat. Setelah itu celukan handuk bersih tersebut ke dalam air hangat lalu peras dan anda bisa langsung menempelkan pada bagian tubuh yang bengkak. Lakukanlah cara ini secara rutin agar bengkak tersebut segera kempes.

3. Menggunakan jahe

Ternyata jahe ini bisa kita manfaatkan untuk mengatasi pembengkakan yang diakibatkan oleh benturan keras. Tidak hanya itu saja jahe ini juga bisa mengatasi pembengkakan dari dalam maupun dari luar. Cara ini sangat mudah sekali anda hanya cukup mengambil jahe lalu potong dan bersihkan jahe tersebut kemudian anda bisa menggosokan jahe tersebut pada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Ata jika anda ingin mengobatinya dari dalam, cukup dnengan mengambil jahe lalu geprek terlebih dahulu jahe tersebut kemudian campurkan kedalam segelas air panas. Tunggu beberapa saat dan anda bisa meminum air jahe tersebut secara rutin. Anda juga bisa menambahkan madu agar rasa dari ramuan tersebut menjadi lebih enak.

4. Memakai kulit pisang

sesudah anda mengkonsumsi buah pisang, pasti kebanyakan dari anda akan langsung membuang kulitnya. Nemun, perlu anda ketahui bahwa kulit pisang ini bisa anda manfaatkan untuk mengobati pembengkakan akibat benturan keras. Caranya sangat sederhana sekali cukup dengan mengook gosokan kulit pisang tersebut ke bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukanlah cara pengobatan ini secara rutin agat pembengkakan tersebut bisa segera kempes.

5. Menggunakan cuka apel

cuka apel ini menawarkan berbagai macam manfaat dan juga khasiat bagi kesehatan tubuh. Salah satu dari manfaat dan juga khasiat cuka apel yaitu bisa mengobati pembengkakan yang diakibatkan oleh benturan keras. Caranya sangat mudah sekali cukup dengan mencampurkan cuka apel sebanyak 1-2 sendok makan dengan segelas air hangat. Kemudian anda bisa mengkonsumsi campuran tersebut secara rutin setiap hari. Jika anda menginginkan ramuan tersebut sedikit manis anda bisa menambahkan lagi denganmadu secukunya.

6. Menggunakan kunyit

kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki manfaat dankhasiat yang sangat baik sekali untuk melawan peradangan. Selain itu kunyit ini juga bisa mengatasi pembengkakan akibat benturan. Untuk memanfaatkan kunyit ini sebagai obat bengkak akibat benturan caranya sangat mudah sekali campurkanlah bubuh kunyit sebanyak 1 sendok dengan segelas air susu kemudian panaskan. Setelah itu tunggu hingga warnanya berubah menjadi keemasan, anda juga bisa menambahkan lagi dengan madu secukupnya. Konsumsilh ramuan tersebut secara rutin sampai pembengkakan tersebut sembuh.

7. Menggunakan minyak zaitun

cara mengobati luka akibat benturan dengan menggunakan minyak zaitu sudah banyak terbukti. Lalu bagai mana dengan pembengkakan? Ternyata minyak zaitun ini juga bisa kita manfaatkan untuk di jadikan sebagai obat bengkak akibat benturan keras. Tetapi anda perlu menghangatkan terlebih dulu minyak zaitun ini ke dalam microwave dan setelah itu anda bisa mengoleskan minyak zaitun ini ke bagian tubuh yang bengkak, anda bisa sambil memijat mijat bagian tubuh yang bengkak tersebut. Biarkanlah dulu beberapa saat agar munyak zaitun terserap. Cara ini bisa sangat efektif sekali juka di lakukan secara rutin setiap hari cecara teratur.

8. Memakai minyak mustard

sama halnya dengan minyak zaitun yang bisa merilekskan otot yang terasa nyeri dan juga dapat mengatasi pembengkakan. Caranya hampir sama dengan minyak zaitu yaitu dengan menghangatkan terlebih dulu kemudian oleskan dan pijat bagian tubuh yang bengkak. Lakukan pemijatan selama kurang lebih 5 menit dan biatkan dulu sanpai beberapai jam sebelum di bilas. Pengobatan ini bisa sangat efektif jika dilakukan secara teratur dan secara rutin setiap hari.

9. Menggunakan cabai

cabai ini tidak hanya bermanfaat untuk menambah kemikmatan suatu masakan tetapi juga bisa bermanfaat untuk mengatasi pembengkakan dan memberikan semsasi panas sama hal nya seperti jahe. Caranya sangat mudah sekali cukup ambil beberapa buah cabai dan hancurkan kemudian anda bisa mencamurkan dengan handbidy lotion setelah itu balurkan pada area tubuh yang yang sedang bengkak tunggu sampai beberapa saatsampai terserap. Lakukan cara ini secara teratur agar bengkak tersebut segera kempes.

10. Menggunakan beras kencur

Beras kencur ini sangat ampuh sekali untuk mengobati memar dan juga bengkak akibat benturan. Caranya sangat mudah sekali cukup mencampurkan beras dan juga kencur dengan perbandingan yang sama lalu tumbuk kedua bahan tersebut sampai lembut dan beri sedikit air kemudian anda bisa lamsung bisa mengoleskan hasi tumbukan kedua bahan tersebut ke bagian tubuh yang memar atau bengkak. Biarkanlah beberapa saat ampai mengering setelah itu anda bisa membilasnya.

11. Menggunakan lintah

anda boleh percaya atau tidak bahwa lintah ini bisa dimanfaatkan sebagai obat bengkak ya walaupun hewan yang satu ini sangat menjijikan sekali. Cara pengobatan ini yaitu dengan menempelkan lintah ke bagian tubuh yang bengkak sebagai penghisap darah. Setelah lintah tersebut menghisap darah tersebut dan sudah terlepas, baru lah cara pengobatan ini selesai sangat mudah sekali bukan.