Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Kandungan

Posted on

Menjaga Kesehatan Kandungan – Memiliki buah hati yang sehat dan juga lucu merupakan impian bagi semua orang yang sudah berkeluarga khususnya bagi orang yang sedang mengandung. Sebenarnya untuk mewujudkan semua itu sangat mudah sekali. Dimana anda hanya perlu menjaga dengan sangat baik kandungan anda dengan cara yang maksimal. Ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk membuat si buah hati anda terlahir dengan sangat sehat dan dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas kedepannya.

Pada masa kehamilan khususnya trimester awal merupakan masa yang sangat penting sekali bagi pertumbuhan janin. Oleh karena itu, demi kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan anda harus menjaga kesehatan ibu dan juga janin secara maksimal. Nah, berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan kandungan agar tetap dalam keadaan sehat dan jenis yang ada di dalamnya dapat tumbuh dengan sehat juga.

Tips Sederhana Menjaga Kehamilan
Tips Sederhana Menjaga Kehamilan

1. Perbanyak makanan yang bergizi

pada saat seorang wanita yang sedang mengandung, mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki banyak kandungan gizi merupakan suatu hal yang harus terpenuhi. Karena jenis makanan yang kaya akan kandungan gizi merupakan penentu dari kesehatan ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Untuk dapat memenuhi kebutuhan berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu yang sedang hamil anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat seperti sayuran hijau, buah buahan, dan juga produk susu untuk ibu hamil.

2. Rutin memeriksakan kandungan ke dokter kandungan

para ibu hamil dapat berkonsultasi mengenai kehamilan dan juga perkembangan janin yang ada dalam kandungan pada dokter kandungan. Dokter kandungan ini juga dapat memberikan berbagai pengetahuan seputar cara atau tips menjaga kesehatan jenis agar tetap sehat. Selain itu juga akan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk ibu hamil, hingga memberikan petunjuk aktivitas fisik yang aman bagi ibu hamil. Para dokter kandungan tersebut juga akan selalu memeriksa tekanan darah, dan juga mengukur berat badan anda agar tetap dalam kondisi yang sehat.

3. Mencukupi kebutuhan kandungan asam folat

asam folat memiliki peranan yang sangat penting sekali dalam menjaga dan melindungi janin dari risiko terjadinya kelainan otak dan sum-sum tulang belakang. Pra ibu yang sedang hamil memerlukan kandungan asam folat ini kira kira sebanyak 400mcg perharinya. Ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan asam folat tersebut dengan banyak mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan asam folat didalamnya. Makanan tersebut seperti bayam, asparagus, brokoli, buah jeruk, dan yang lainnya.

4. Berhati-hati dalam mengkonsumsi jenis obat-obatan

jika ibu hamil mengalami flu atau masalah yang lainnya sebaiknya ibu hamil menghindari mengkonsumsi berbagai jenis obat obatan yang terjual bebas di pasar. Jenis obat obatan tersebut mungkin saja bisa berdampak negatif padajanin yang ada dalam kandungan. Agar bisa lebih aman, sebaiknya anda berkonsultasi dulu kepada dokter sebelum mengkonsumsi berbagai jenis obat obatan agar kesehatan dan pertumbuhan janin tetap sehat.

5. Perhatikan asupan ibu hamil

berbagai jenis keamanan tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan para ibu hamil tetapi juga jenis yang ada di dalam kandungan. Untuk itu perbaikilah pola makan anda dengan mengkonsumsi menu makanan yang sehat dan seimbang. Pada masa trimester pertama para ibu hamil tidak memerlukan kalori yang terlalu banyak. Ibu hamil juga harus berhati hati dalam memilih jenis makanan untuk dikonsumsi. Perlu diketahui bahwa jenis makanan seperti misalnya telur setengah matang atau masih mentah, dan juga kerang mentah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan ibu hamil lebuh rentan terserang bakteri dari makanan yang belum matang atau masih mentah.

6. Istirahat dengan cukup

hal berikut ini mungkin sudah diketahui ileh banyak wanita yang sedang hamil. Dimana ketika wanita hamil harus beristirahat secara maksimal. Jika wanita yang kurang istirahat atau terlalu banyak melakukan aktivitas bisa menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan ibu dan juga janis yang ada dalam kandungan.

7. Lakukan olahraga

meskipun anda sedang mengandung, bukan berarti anda harus meninggalkan olahraga. olahraga ini juga sangat dibutuhkan sekali untuk kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan. Anda bisa melakukan olahraga khusus untuk ibu hamil seperti yoga atau dengan lari-lari kecil.