Cataflam, Obat Sakit Gigi Yang Ampuh

Posted on

Inilah obat sakit gigi yang banyak digunakan dan terbukti ampuh. Cataflam obat sakit gigi bermerek yang mengandung bahan aktif Kalium Diklofenak. Obat yang tergolong dalam analgesik ini digunakan sebagai peringan rasa nyeri akibat sakit gigi, sakit kepala, menstruasi, sakit tulang dan sendi.

Cataflam, Obat Sakit Gigi Yang Ampuh. Ini Rincian Manfaat dan Efek Sampingnya.
Cataflam, Obat Sakit Gigi Yang Ampuh. Ini Rincian Manfaat dan Efek Sampingnya.

Ada dua jenis Cataflam obat sakit gigi yang dipasarkan, yaitu 25 mg dan 50 mg. Apa saja indikasi dan kontraindikasi serta efek samping dari tablet ini?

Diklofenak sebagai bahan aktif dalam Cataflam adalah bahan antiinflamasi nonsteroid. Cara kerjanya adalah dengan menghambat terbentuknya prostaglandin. Yaitu zat yang menyebabkan munculnya reaksi peradangan baik berupa nyeri, bengkak maupun demam.

Indikasi Cataflam

Banyak orang yang mengira bahwa Cataflam adalah obat sakit gigi. Tidak lebih. Padahal Cataflam bisa mengatasi berbagai nyeri. Antara lain: radang sendi karena pengapuran, radang sendi akibat asam urat. Juga untuk mengatasi sakit punggung, sakit kepala baik biasa maupiun migraine. Juga mengatasi nyeri akibat patah tulang, nyeri otot maupun nyeri tulang. Bahkan mampu mengobati kram atau nyeri saat menstruasi.

Kontraindikasi

Ada beberapa kalangan yang tidak boleh mengonsumsi Cataflam sebagai obat sakit gigi dan nyeri. Antara lain:

  • Orang yang punya alergi terhadap Kalium Diklofenak
  • Orang yang punya riwayat sakit tukak lambung atau usus
  • Orang dengan hipersensitif terhadap ibuprofen, aspirin, atau obat anti inflamasi lainnya.
  • Pendeirta gagal jantung
  • Ibu hamil dalam 3 bulan pertama
  • Ibu menyusui

Efek Samping Cataflam

Cataflam memiliki  beberapa efek samping seperti mual, rasa panas di ulu hati, diare, sembelit, dan sakit kepala. Obat ini kurang baik untuk Anda yang punya tekanan darah tinggi karena dapat meningkatkan tekanan darah.

Efek samping yang jarang terjadi adalah bengkak di tangan dan kaki, berat badan naik mendadak, telinga berdenging, mood yang kurang baik, sulit menelan, leher terasa kaku, perubahan warna air seni menjadi gelap, dan warna kuning di mata ataupun kulit.

Meskipun nampak banyak efek sampingnya, namun kebanyakan orang yang menggunakan Cataflam tidak mengalami efek tersebut. Jadi tak usah khawatir. Jika Anda mendapat resep obat ini dari dokter, tentunya sudah diperkirakan efek samping dan manfaatnya.

Tips Untuk Menghindari Efek Samping Cataflam

Cataflam sebagai obat sakit gigi yang manjur sebaiknya dikonsumsi atas saran dokter. Karena itu sampaikan pada dokter riwayat alergi obat apa saja yang pernah Anda alami. Riwayat penyakit juga perlu disampaikan. Misalnya asma, pendarahan dan masalah pembekuan darah, jantung, liver, dan gangguan lambung serta tekanan darah tinggi.

Jangan lupa untuk mengimbangi efek samping dengan memperbanyak minum air agar kerja ginjal jadi ringan sekaligus mencegah dehidrasi. Selain itu jangan memaksakan untuk mengendarai kendaraan usai mengonsumsi Cataflam.

Apakah Cataflam Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui?

Seperti disinggung dalam kontraindikasi, khusus ibu hamil pada trisemester pertama dan para ibu menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini. Carilah alternatif obat gigi lainnya yang lebih aman.

Cataflam obat sakit gigi memang harus dikonsumsi secara tepat dan sesuai saran dokter. Seperti pada umumnya obat, jangan sekali-kali melebihi dosis yang dianjurkan. Selain itu gunakanlah obat penghilang nyeri seperti Cataflam ini saat nyeri baru muncul dan belum parah. Sebab obat jenis ini tak akan memberi efek positif yang diharapkan jika digunakan saat sakit sudah parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *