Daftar Gejala Penyakit Gula Yang Harus Diwaspadai

Posted on

Anda mungkin pernah dengar seseorang terkena penyakit gula. Pada dunia medis sendiri, nama penyakit gula dan gejala penyakit gula memang tidak ada. Dalam dunia medis, istilah ini berkaitan dengan penyakit yang muncul disebabkan tubuh memiliki kadar gula yang berlebihan. Penyakit ini juga dikenal sebagai gejala diabetestahap awal. Diabetes adalah kondisi dimana tubuh memiliki penumpukan gula yang sangat tinggi dalam darah.

Daftar Gejala Penyakit Gula Yang Harus Diwaspadai
Daftar Gejala Penyakit Gula Yang Harus Diwaspadai

Pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan gula atau glukosa yang berperan sebagai sumber energi yang paling utama untuk sel tubuh. Tetapi, jika jumlahnya tidak normal, maka tubuh pun akan terganggu. Selain membuat tubuh resistensi terhadap hormone insulin, gula yang ada dalam tubuh pun tidak bisa diubah menjadi sumber energi.

Gejala Penyakit Gula Tinggi (Hiperglikemia)

Kadar gula pada tubuh akan tinggi jika kadarnya melebihi batas 200 mg/dl. Dalam dunia medis, akan disebut sebagai hiperglikemia, sebab gula begitu tinggi. Dalam kondisi ini, hormone insulin tidak bisa mengolah gula menjadi energi di pankreas. Itulah mengapa hiperglikemia erat kaitannya dengan diabetes.

Jika gula pada darah cukup tinggi atau hiperglikemia, ada beberapa gejala yang harus anda waspadai:

  1. Nafsu makan tidak normal, meningkat
  2. Sudah makan banyak, tapi berat badan menurun
  3. Sering merasa kelelahan
  4. Sering buang air kecil
  5. Mudah gelisah
  6. Sakit kepala di bagian belakang, pusing
  7. Kehausan dan dehidrasi
  8. Tingkat kesadaran menurun
  9. Penglihatan jadi tidak jelas
  10. Perubahan di bagian kulit, seperti merah dan kering disertai panas

Untuk anda yang mengalami gejala-gejala di atas, maka anda harus waspada. Sebaiknya, anda harus menemui dokter untuk membantu memeriksa kadar gula dalam darah anda. Jika dibiarkan, maka bisa mengarah pada diabetes, gagal ginjal, penyakit kardivaskular, dan kerusakan saraf. Jika terjadi komplikasi, maka bisa beresiko pada kebutaan dan komplikasi penyakit diabetes yang terjadi dalam jangka panjang.

Gejala Penyakit Gula Rendah (Hipoglikemia)

Selain masalah kadar gula dalam darah yang tinggi, tubuh juga akan mengalami gangguan kesehatan jika anda memiliki kadar gula dalam darah yang rendah. Seseorang yang memiliki kadar gula dara rendah disebut mengalami hipoglikemia. Kondisi ini terjadi karena kadar gula kurang dari 70 mg/dl. Hal ini juga sering terjadi pada penderita diabetes. Jadi, penderita diabetes bukan hanya mereka yang memiliki kadar gula tinggi. Biasanya, hal ini terjadi karena penggunaan obat-obatan diabetes yang dikonsumsi secara berlebihan sehingga dapat menurunkan kadar gula dalam radah itu sendiri.

Semua penderita diabetes tidak memiliki hormone insulin. Sehingga, tubuh tidak mampu mengubah gula menjadi energi. Itulah mengapa mereka harus menggunakan obat-obatan atau juga suntik insulin hanya untuk mengkontrol kadar gula dalam darah dan memenuhi kebutuhan tubuh akan insulin.

Baca Juga :

  1. Gejala Darah Rendah Yang Paling Sering Terjadi
  2. 5 Penyebab Terlambat Datang Bulan Tapi Tidak Hamil
  3. 5 Penyebab Sering Buang Air Kecil Yang Harus Anda Waspadai

Jika anda mengalami hipoglikemia, berikut gejala yang harus diwaspadai:

  1. Merasa kelaparan
  2. Wajah tampak pucat pasi
  3. Sering kesemutan di area mulut
  4. Mudah lelah, jantung berdebar lebih cepat
  5. Muncul keringat berlebihan
  6. Mudah marah
  7. Gelisah
  8. Tidak mampu berdiri dan berjalan
  9. Sering berbicara melantur
  10. Otot berkedut
  11. Kejang
  12. Koma
  13. Stroke
  14. Bisa menyebabkan meninggal

Gejala penyakit gula dengan kadar rendah atau hipoglikemia bervariasi, mulai dari gejala yang rendah, dan sangat berbahaya sampai kematian. Itulah mengapa sangat disarankan bagi anda untuk segera memeriksakan kadar gula darah sejak dini, dan secara rutin supaya anda bisa mengkontrol kadar gula darah dalam tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *