Daftar Olahraga Bagi Penderita Asma Yang Aman Dan Menyehatkan

Posted on

Asma menjadi salah satu penyakit yang kerap ditemukan di Indonesia dengan mudah. Asma sendiri tidak dapat disembuhkan dengan total. Penyakit asma sendiri menyerang saluran pernafasan dan bisa saja kambuh sewaktu-waktu. penyakit asma sendiri merupakan penyakit keturunan yang tidak bisa dihindari. Biasanya orang yang memiliki penyakit asma ini tidak suka beraktivitas terlalu berat sebab membuat pernafasan menjadi sesak. Lantas bagaimana ketika penderita asma ingin berolahraga? Sebenarnya penderita asma juga dianjurkan untuk tetap berolahraga agar tubuh tetap sehat. Apa saja olahraga bagi penderita asma? Berikut ini ulasannya.

1. Berjalan kaki

Manfaat Berjalan Kaki Bagi Penderita Asma
Manfaat Berjalan Kaki Bagi Penderita Asma

Jalan kaki menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa dicoba untuk penderita asma. Jalan kaki atau jogging juga dapat membantu asma tidak sering kambuh. Untuk penderita asma tidak perlu melakukan olahraga jalan kaki dengan waktu yang lama, cukup lakukan seminggu 3 kali saja selama 20 menit agar tubuh menjadi lebih sehat. Jalan kaki menjadi olahraga yang sangat membantu menjaga kesehatan penderita asma, apalagi jika dilakukan dengan orang yang dekat, bisa membantu menghilangkan stress juga.

2. Yoga

Yoga Untuk Kesehatan Asma
Yoga Untuk Kesehatan Asma

Selain jalan kaki, ada olahraga yang sangat aman dan dianjurkan untuk penderita asma adalah yoga. Yoga sendiri merupakan jenis olahraga dengan pengolahan pernfasan yang sangat banyak manfaat. Ketika penderita asma berlatih yoga setiap harinya maka akan ada keuntungan sebab asma akan jarang kambuh. Yoga akan melatih pernfasan adna dengan gerakan-gerakan khusus. Jika penderita asma rutin melakukan yoga dan asma jarang kambuh, maka penggunaan obat asma juga akan berkurang dan hal tersebut menjadi hal yang positif untuk tubuh anda.

3. Berenang

Manfaat Berenang untuk mengatasi penyakit asma
Manfaat Berenang untuk mengatasi penyakit asma

Sebenarnya banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan penderita asma untuk membuat tubuh mereka lebih sehat dan membuat asma jarang kambuh. Olahraga bagi penderita asma selanjutnya yang dapat dicoba adalah berenang. Renang menjadi olahraga yang cukup banyak disukai dan siapa yang menyangkan bahwa renang juga bisa membantu mengatasi asma agar tidak mudah kambuh. Ketika melakukan olahraga renang saluran pernafasan akan terlatih dengan baik, bahkan olaharga renang juga membantu mengeluarkan lendir yang ada di dalam paru-paru. Namun pastikan penderita asma harus memperhatikan kolam renang yang digunakan. Gunakan kolam renang yang bersih dan sedikit klorin.

4. Bersepeda

Bersepeda Bagi penderita Asma
Bersepeda Bagi penderita Asma

Sama dengan olahraga renang, bersepeda juga menjadi bagian dari jenis olahraga yang baik untuk penderita asma. Ketika bersepeda maka pernafasan akan terlatih dan juga akan memperkuat otot jantung. Bersepeda memang sangat cocok digunakan untuk penderita asma agar tidak terlalu sering kambuh. Namun bukan berarti ketika penderita asma bersepeda tidak aturan yang harus diperhatikan. Apalagi ketika anda penderita asma baru memulai mencoba olahraga bersepeda, pastikan untuk tidak mengambil rute yang menanjak dan terlalu jauh sebab hal tersebut akan membuat anda lelah dan memicu asma. Cobalah untuk bersepeda dengan rute yang aman.

5. Golf

Golf Untuk Kesehatan
Golf Untuk Kesehatan

Golf bisa dikatakan sebagai jenis olahraga yang mahal sebab memerlukan peralatan alat khusus dan juga tempat khusus yang butuh perawatan. Namun siapa yang menyangka bahwa golf juga bisa digunakan agar asma tidak terlalu kambuh. Sekalipun terlihat sepele hanya memukul bola golf, ternyata olahraga yang satu ini bisa membuat asma anda membaik sebab membutuhkan berjalan dari satu tempat menuju tempat yang lainnya yang cukup jauh. Ketika anda ingin melakukan golf maka harus memperhatikan tempat bermain, hindari tempat dengan bunga sebab dapat memicu asma kambuh.

6. Tenis

Bermain Tenis Untuk Kesehatan
Bermain Tenis Untuk Kesehatan

Jika dilihat, tenis bisa dikatakan sebagai olahraga yang membutuhkan kerja ekstra. Namun ternyata tenis juga dapat digunakan untuk membantu penderita asma jarang kambuh. Ketika anda bermain tenis di lapangan maka pernafasan anda akan ikut teratur. Hal ini dikarenakan penderita asma akan mengatur irama gerakannya sendiri, misalnya saja seperti berlari kecil, berlarii cepat, atau bahkan mengayunkan raket anda. Akan lebih baik jika anda memilih pasangan main yang faham akan penyakit anda agar tidak terlalu keras bermain dan bisa menyeimbangi permainan anda.

7. Bulu tangkis

Bermain Badminton Bagi Penderita Asma
Bermain Badminton Bagi Penderita Asma

Tidak jauh berbeda dari tenis, anda juga bisa mencoba olahraga bulu tangkis di lapangan. Bulu tangkis dapat dianggap lebih ringan lagi jika dibandingkan dengan olarhaga tenis sebab alat yang digunakan jauh lebih ringan. Bukan hanya itu tetapi energy yang digunaka untuk berlari juga tidak terlalu banyak seperti tenis. Sekalipun begitu fungsi yang dimiliki olahraga bulu tangkis sama dengan olahraga tenis untuk membantu agar asma tidak mudah kambuh. Perhatikan juga area bermain ketika anda ingin bermain bulu tangkis, pastikan tidak ada hal-hal yang bisa membuat asma anda kabuh.

Itulah beberapa jenis olahraga bagi penderita asma dan membantu asma agar tidak terlalu sering kambuh. Anda bisa memilih salah satunya dengan jangka waktu yang tidak terlalu rutin. Semoga bermanfaat dan terima kasih.