Dahsyatnya Manfaat Ikan Tongkol Bagi Tubuh

Posted on

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang bayak sekali di ekspor dan juga untuk di konsumsi sendiri untuk kebutuhan bahan makanan sehari hari.  Meskipun jenis ikan ini banyak sekali diminati oleh masyarakat, namun budidaya jenis ikan ini masih jarang di lakukan. Ika tongkol ini merupakan salah satu sumber makanan yang penting. Ikan tongkol juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan juga memiliki rasa daging yang khas sekali.

Dahsyatnya Manfaat Ikan Tongkol Bagi Tubuh
Dahsyatnya Manfaat Ikan Tongkol Bagi Tubuh

Ikan tongkol memiliki nama latin euthynnus affinis yang merupakan salah satu jenis ikan laut yang berasal dari suku Scombridae, ikan jenis ini biasanya hidup di perairan yang dangkal yang dekat pada pesisir  di kawasan Indo-Pasifik Barat. Untuk ukuran tubuhnya, jenis ikan laut yang satu ini tubuh yang umum panjangnya 60 cm dan juga yang paling panjang mencapai 100 cm. ikan tongkol ini juga memiliki berat tubuh yang umumnya dapat mencapai seberat 13,6 kg. ikan tongkol ini memiliki bentuk tubuh yang hampir mirip dengan bentuk tubuh ikan cakalang ataupun juga ikan tuna.

Ciri-ciri khusus yang membedakan ikan tongkol ini dengan jenis ikan laut lainnya yaitu di bagian punggung tubuh ikan tongkol  yang memiliki warna biru metalik gelap. Di bagian tubuh ikan tongkol terdapat pola atau coret coretan yang melintang, di bagian sisi badan serta di bagian perut ikan tongkol ini mempuyai warna tubuh putih keperakan. Jenis ikan laut yang satu ini tidak mempunyai sisik di badannya.

Ikan tongkol ini juga memiliki banyak sekali kandungan protein dan juga kandungan gizi yang tentunya sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh. Ikan tongkol memiliki struktur daging yang terdiri dari daging yang berwarna putih dan juga yang berwarna merah. Daging ikan tongkol yang mempunyai warna daging putih mengandung kandungan lemak sebanyak sekitar 0,7%, dan juga memiliki kandungan protein sebanyak sekitar 31%, serta juga kandungan air 67,1%. Di dalam per seratus kilo gram ikan tongkol  terdiri dari beberapa kandungan gizi.

  • Kadar kandungan protein sebanyak 26 gr
  • Energy sebanyak 180 kalori
  • Kandungan air 68%
  • Lemak 6 gr
  • Kolesterol 63 mg
  • Kandungan zat besi
  • Sodium
  • Zing
  • Kandungan vitamin A
  • Kalium
  • Dan juga kandungan vitamin E

Manfaat ikan tongkol bagi kesehatan

Ikan tongkol memiliki bentuk tubuh yang unik sekali dan juga rasa daging yang sangat lezat sekali. Selain hal tersebut ikan tongkol ini juga memiliki banyak sekali manfaat yang sangat penting sekali untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini ada beberapa ulasan tentang manfaat ikan tongkol untuk kesehatan tubuh. Di antaranya yaitu:

1. Bermanfaat dapat menjaga kesehatan mata

Dari berbagai penelitian mengungkapkan bahwa kandungan omega 3 yang ada pada ikan tongkol tersebut bermanfaat mampu mengurangi risiko pada penyakit AMD “Age Macular Disease”. Penyakit tersebut adalah salah satu jenis penyakit mata yang dapat di sebabkan oleh faktor penuaan.

Baca juga :

2. Ikan tongkol memiliki kandungan protein yang sangat tinggi

Olan tongkol memiliki kandungan protein yang cukup tinggi di dalamnya. kandungan protein ini sangat bermanfaat sekali di dalam proses pertumbuhan dan juga pada perkembangan masa pada kekuatan otot. Selain hal tersebut kandungan protein yang ada pada ikan tongkol bermanfaat juga untuk memberikan energi tambahan pada tubuh kita.

3. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit agar tidak kusam

Kulit tubuh seseorang merupakan suatu hal yang paling di jaga dan di rawat kesehatannya. Jika seseorang mempunyai kulit tubuh yang kusam maka akan mengganggu penampilan. Untuk mencegah kulit agar tidak kusam dan juga agar selalu sehat. kita dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara mengkonsumsi ikan tongkol secara rutin.

Baca juga :

4. Bermanfaat dapat mencegah penyakit anemia

Jenis ikan laut yang satu ini juga mempunyai kandungan zat besi yang sangat baik sekali untuk menjaga kekurangan sel darah merah atau anemia. Dengan cara mengkonsumsi ikan tongkol secara rutin, maka dapat bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit anemia.

Namun untuk anda yang ingin mendapatkan manfaat yang maksimal dari ikan tongkol ini, sebaiknya ikan tongkol ini di masak dengan cara di kukus saja atau hanya di rebus saja, atau anda juga dapat memasak ikan tongkol ini menjadi sup ikan tongkol.

Baca Juga :

5. Bermanfaat dapat mencegah terjadinya obesitas

Di dalam daging ikan tongkol terdapat kandungan EPA. Dimana kandungan EPA tersebut bisa menstimulasi timbulnya hormon leptin. Hormon leptin ini sangat berfungsi untuk membantu menghindari munculnya keinginan untuk makan. Dengan cara menghindari makan yang jumlahnya berlebihan maka akan dapat membantu anda untuk menjaga berat badan anda agar tetap sehat. Selain dari hal tersebut, ikan tongkol juga dapat bermanfaat dapat mengikat kandungan lemak dalam tubuh. Hal tersebut sangat baik sekali untuk membantu anda untuk melakukan program diet yang sehat.

6. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada pencernaan anda

Ikan tongkol ini mempunyai kandungan omega 3 di dalamnya. Kandungan omega 3 tersebut dapat bermanfaat untuk menurunkan risiko timbulnya penyakit pada organ saluran pencernaan. Selain ikan tongkol dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, ikan tongkol juga memiliki manfaat dapat mencegah terjadinya penyakit kanker pada ovarium.

7. Berkhasiat dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ jantung

Kandungan omega 3 yang ada pada jenis ikan laut yang satu ini juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan organ jantung. Kandungan omega 3 tersebut yang ada pada ikan tongkol bermanfaat untuk menjaga agar detak jantung selalu teratur, dan juga dapat membuat jantung untuk bekerja dengan normal.

Baca juga :

8. Berkhasiat dapat meningkatkan kecerdasan otak

Ikan tongkol memiliki kandungan omega 3 yang ada di dalamnya. Kandungan tersebut memiliki manfaat dan juga khasiat yaitu dapat meningkatkan kecerdasan pada otak. Kandungan omega 3 ini juga  memiliki manfaat yang sangat baik sekali untuk bayi yang masih dalam masa pertumbuhan atau juga pada bayi yang masih di dalam kandungan.

9. Berkhasiat dapat mengatasi penyakit rematik atau rasa linu pada tulang

Manfaat dan khasiat ikan tongkol selanjutnya yaitu dapat mencegah dan juga dapat mengatasi penyakit rematik atau juga rasa linu-linu di daerah persendian dan juga pada tulang. Dengan secara rutin mengkonsumsi ikan tongkol 2-3 hari dalam satu minggu bisa bermanfaat untuk mengatasi gejala sakit rematik yang masih ringan. Untuk dapat mengatasi penyakit rematik yang tergolong sudah berat anda dapat mengkonsumsi ikan tongkol setiap hari dengan rutin untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut.

10. Ikan tongkol juga dapat bermanfaat untuk mencegah kolesterol

Ikan tongkol mengandung kandungan asam lemak tak jenuh. kandungan asam lemak tak jenuh tersebut dapat bermanfaat untuk membantu menstabilkan kadar kolesterol di dalam tubuh.