Efek & 12 Manfaat Daun Alpukat Bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat daun alpukat bagi kesehatan tubuh – Buah alpukat atau yang lebih dikenal dengan sebutan avocado sangat mudah sekali ditemukan di negara indonesia. Walaupun jenis tanaman yang satu ini bukan jenis tanaman asli dari indonesia. Tetapi keberadaan jenis tanaman yang satu ini di indonesia tidak asing bagi masyarakat indonesia. Jenis tanaman yang satu ini dapat dengan mudah kita temukan di daerah yang memiliki iklim tropis. Jenis tanaman ini aslinya berasal dari amerika tengah, yaitu di daerah meksiko, peru, hingga Venezuela. Kini jenis tanaman yang satu ini telah menyebar keseluruhan penjuru dunia salah satunya di benua asia tenggara termasuk negara indonesia.

Efek & 12 Manfaat Daun Alpukat Bagi Kesehatan
Efek & 12 Manfaat Daun Alpukat Bagi Kesehatan

Tanaman yang satu ini memiliki pohon yang dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 15 meter. Tanaman ini juga memiliki ranting yang tegak serta berambut lurus. Tanaman ini juga memiliki daun yang berbentuk bulat yang berdesak desakan di ujung ranting dengan bentuk bulat menyerupai telur. Juga memiliki buah yang berbentuk seperti bola lampu atau seperti bulat telur yang sangat licin serta memiliki warna buah hijau dan juga hijau kekuningan. Terkadang juga buah ini berbintik bintik, dan juga tanaman ini sangat mudah sekali hidup atau tumbuh di daerah yang beriklim sejuk serta juga sedikit basah.

Buah alpukat ini memiliki kandungan lemak yang tergolong sangat tinggi, yakni sebanyak 4% -5%. Jenis buah yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin A, B, E, serta kandungan mineral nya yang umumnya tergolong sangat tinggi di bandingkan dengan jenis buah buahan yang lainnya. Buah ini juga memiliki nilai kandungan kalori yang 3 kali lipat lebih banyak jika di bandingkan dengan kandungan kalori yang ada di dalam buah pisang ambon. Buah alpukat ini bahkan sudah di nyatakan sebagai salah satu jenis buah yang sangat baik sekali jika di konsumsi bagi orang yang memiliki penyakit diabetes dan juga kolesterol yang tinggi. Selain hal tersebut, bagian -bagian dari tanaman tersebut juga memiliki manfaat dan juga khasiat bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja bagian daun serta biji dari buah tanaman tersebut mempunyai daya terapi yang dapat bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa macam jenis penyakit.

Daun dari tanaman buah alpukat ini memiliki rasa yang sangat pahit sekali jika di konsumsi. Daun tanaman buah alpukat ini memiliki manfaat dan juga khasiat sebagai diuretik serta juga dapat menghambat pertumbuhan dari beberapa jenis bakteri di dalam tubuh. Jenis bakteri tersebut yaitu   Staphylococcus sp, Pseudomonas sp, Proteus sp, Escherichia sp, dan Bacillus sp. Selain hal tersebut daun alpukat juga bisa bermanfaat dan juga berkhasiat dapat menyembuhkan jenis penyakit misalnya penyakit kencing batu, darah tinggi, bengkak pada saluran pernapasan serta haid yang tidak teratur.

Bagi masyarakat indonesia sudah lama sekali telah menggunakan serangkaian upaya untuk menanggulangi berbagai jenis penyakit dengan menggunakan bahan -bahan yang alami atau herbal sebagai salah satu pengobatan tradisional.  Salah satunya adalah dengan memanfaatkan daun alpukat ini untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Lalu apa saja manfaat dan juga khasiat dari daun alpukat tersebut. Berikut ini ada beberapa ulasan tentang manfaat dan juga khasiat daun alpukat bagi kesehatan tubuh.

1. Sebagai obat penyakit batu ginjal

Manfaat dan juga khasiat daun alpukat ini yang paling ampuh yaitu dapat mengobati penyakit batu ginjal. Kandungan berbagai jenis zat yang sangat penting yang ada di dalam daun alpukat ini bisa membantu untuk membasmi penyakit batu ginjal. Kandungan seperti alkoloid, flavonoid, dan juga kandungan saponin adalah jenis zat yang sangat ampuh sekali untuk dapat menghancurkan batu ginjal. Sehingga hal tersebut bisa dapat meningkatkan fungsi organ ginjal anda.

2. Dapat mengaluskan kulit tubuh

Daun alpukat merupakan salah satu jenis daun herbal yang bisa memberikan efek yang sangat baik sekali untuk kulit tubuh anda. Terutama daun alpukat ini sangat efektif sekali untuk membuat kulit tubuh anda agar menjadi lebih halus. Kandungan zat antioksidan yang ada di dalam daun alpukat ini juga sangat baik sekali untuk dapat membantu membersihkan kulit tubuh serta pori -pori kulit agar kulit tubuh anda mejadi tampak bersih dan juga halus. Untuk mendapatkan manfaat dan juga khasiat daun alpukat tersebut anda hanya tinggal menumbuk daun alpukat tersebut sampai halus. Lalu oleskan tumbukan daun alpukat tersebut ke seluruh bagian kulit tubuh anda, biarkan dulu sampai beberapa menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Mengatasi kulit kering pada wajah

Manfaat dan khasiat ini sama hal dengan manfaat untuk menghaluskan kulit tubuh anda. Kulit wajah yang kering juga dapat di atasi dengan menggunakan daun alpukat ini. Cara untuk penggunaanya pun tidak berbeda jauh dengan cara untuk mendapatkan kulit tubuh yang lebih halus.

4. Sebagai obat sakit pinggang

Daun alpukat ini memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat baik kesehatan tubuh. Daun alpukat juga bermanfaat dan juga berkhasiat sebagai obat sakit pinggang. Daun alpukat ini sangat efektif sekali untuk mengobati atau mengatasi sakit pinggang yang sedang anda derita.

5. Dapat mengatasi bengkak

Bengkak yang ada di tubuh anda bisa di atasi atau dihilangkan dengan menggunakan daun alpukat ini. Kandungan zat querstin yang ada di dalam daun alpukat ini sangat efektif juga untuk mengatasi dan juga meredakan bengkak yang terjadi di bagian kulit tubuh dan di bagian tubuh lainnya. Caranya sangat mudah sekali anda hanya kukup menumbuk daun alpukat tersebut sampai halus. Kemudian letakkan tumbukan daun alpukat tersebut kebagian kulit yang mengalami bengkak lalu bungkus dengan menggunakan perban.

6. Dapat membantu untuk menurunkan hipertensi

Daun alpukat ini juga memiliki manfaat dan juga khasiat dapat mengobati atau dapat menurunkan hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut caranya sangat mudah sekali yaitu dengan mengkonsumsi rebusan daun alpukat ini.

7. Sebagai obat sakit perut

Sakit perut bisa terjadi di sebabkan karena salah makan. Untuk hal tersebut sangat di sarankan sekali mengkonsumsi makanan yang sangat sehat serta juga memperhatikan kebersihan dari makanan tersebut. Bisa jadi jenis makanan yang anda konsumsi kurang bersih dan juga kurang sehat sehingga dapat menyebabkan timbulnya sakit perut. Sakit perut tersebut bisa anda obati atau bisa anda atasi dengan menggunakan daun alpukat ini.

8. Mengobati sakit kepala

Sakit kepala bisa terjadi kapan saja serta di mana saja. Sakit kepala ini bisa terjadi di sebabkan oleh banyak faktor salah satunya yaitu adanya tekanan darah tinggi. Untuk dapat mengatasi masalah sakit kepala yang sedang anda derita saat ini anda bisa mencoba ramuan herbal ini. Air rebusan daun alpukat ini bisa bermanfaat dan juga berkhasiat bisa meredakan sakit kepala yang sedang anda derita saat ini.

9. Mengatasi infeksi pada saluran pernapasan

Infeksi yang terjadi di saluran pernapasan yang biasanya bisa menyerang hidung, faring yang di sertai dengan timbulnya demam serta kondisi tubuh yang melemah. Daun alpukat ini bisa bermanfaat dan berkhasiat bisa mengatasi masalah kesehatan itu semua. Air rebusan dari daun alpukat bisa membantu untuk meringankan serta mengatasi penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan anda.

10. Mengatasi haid yang tidak teratur

Haid adalah perubahan fisiologi yang di alami oleh para wanita yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Haid datang pada kaum wanita secara normal biasanya terjadi satu bulan sekali. Maka jika haid ini datang tidak teratur misalnya bisa datang dua kali dalam satu bulan maka kondisi tersebut tidak normal. Kondisi tersebut bisa di sebabkan karena tubuh anda mengalami stres. Haid yang tidak teratur tersebut bisa di atasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun alpukat. Daun alpukat ini bermanfaat dan berkhasiat sangat baik sekali untuk mengatasi masalah kewanitaan tersebut.

11. Menurunkan berat badan

Jika anda yang ingin menurunkan berat badan anda maka anda bisa memanfaatkan daun alpukat ini. Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa di dalam daun alpukat ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat sekali untuk membantu menurunkan kandungan lemak yang berlebih di dalam tubuh anda serta juga dapat menekan nafsu makan anda. Agar bisa memperoleh manfaat dan khasiat tersebut untuk menurunkan berat badan sangatlah mudah sekali. Andan hanya perlu mengambil beberapa helai daun alpukat lalu cuci sampai bersih dengan menggunakan air yang mengalir. Kemudian anda rebus daun alpukat tersebut tunggu hingga mendidih, lalu saring air rebusan daun alpukat tersebut dan minumlah air rebusan tersebut selai masih dalam keadaan hangat.

12. Menjaga kesehatan lambung

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun alpukat maupun teh daun alpukat bisa bermanfaat dan juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan lambung. Hal itu dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang ada di dalam daun alpukat. Kandungan antioksidan tersebut bisa bermanfaat dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan lambung anda. Serta juga dapat mencegah terjadinya luka di dalam lambung serta juga terjadinya iritasi pada lambung. Luka serta iritasi yang terjadi di dalam lambung bisa di sebabkan seringnya anda mengkonsumsi makanan yang pedas serta juga asam.

Baca juga :

Efek samping daun alpukat

Di dalam meracik ramuan herbal atau alami memang sangat memerlukan ilmu pengetahuan yang sangat memadai serta juga informasi yang sangat jelas. Jenis obat herbal atau alami memang sangat dipercaya sebagai salah satu jenis obat yang tidak memiliki efek banyak afek samping jika di konsumsi. Namun obat herbal ini jika di gunakan tanpa konsisten serta juga tidak teratur justru malah dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh anda dan juga masalah kesehatan lainnya.

Banyak sekali orang -orang yang telah menggunakan ramuan obat herbal atau alami untuk menyembuhkan penyakit tertentu yang di deritanya. Tetapi justru malah bisa menimbulkan penyakit yang lain. Oleh karena hal itu, ramuan herbal atau alami jarang sekali di konsumsi hanya dengan daunnya saja. Biasanya ada campuran -campuran yang dapat menetralkan zat yang tidak di perlukan oleh tubuh.

Kandungan -kandungan senyawa yang ada di dalam ramuan herbal tidak semuanya di perlukan oleh tubuh. Dengan demikian percampuran tersebut di gunakan untuk menetralkan zat -zat yang tidak di butuhkan oleh tubuh. Efek samping yang umumnya terjadi jika mengonsumsi ramuan herbal ini yaitu terjadi kerusakan pada organ ginjal. Organ ginjal ini bisa mudah rusak jika bekerja terus menerus. Obat herbal alami ini memaksa ginjal untuk bekerja dengan ekstra dampaknya bisa sangat fatal jika dalam waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *