Efek dan 13 Manfaat Daun Afrika Bagi Tubuh

Posted on

Manfaat daun afrika bagi kesehatanMungkin pada saat ini masih banyak sekali orang -orang yang belum mengetahui atau belum pernah melihat daun dati jenis tanaman ini. Jika di lihat dari namanya daun tanaman yang satu ini benar -benar berasal dari negara afrika. Tetapi di negara indonesia sendiri sudah banyak yang telah menanam atau membudidayakannya. Hal ini dikarenakan jenis tanaman ini sangat mudah sekali untuk hidup dan juga sangat mudah sekali untuk menanamnya.

Manfaat daun afrika bagi kesehatan
Manfaat daun afrika bagi kesehatan

Banyak sekali para ahli herbal yang telah menggunakan daun afrika ini sebagai media untuk pengobatan herbal atau alami. Yang dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Mulai dari jenis penyakit yang tergolong ringan sampai jenis penyakit yang sangat berat. Hal tersebut karena sudah ada suatu penelitian yang di lakukan oleh para pakar, yang mengatakan bahwa banyak sekali kandungan nutrisi yang ada di dalam daun afrika ini. Kandungan nutrisi yang ada pada daun afrika tersebut memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat bagi kesehatan tubuh. Terutama dapat bermanfaat dan juga berkhasiat dapat mengobati berbagi macam jenis penyakit.

Lalu, apa sajakah kandungan nutrisi yang ada di dalam daun afrika tersebut. Berikut ini merupakan beberapa kandungan nutrisi yang ada pada daun afrika. Diantaranya yaitu:

  • Kandungan asam fenolat
  • Vernodalol
  • Asam esensial
  • Vernolide
  • Asam lemak
  • Beberapa vitamin
  • Mineral
  • Dan masih banyak kandungan nutrisi yang lainnya

Dengan ada banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalam daun afrika tersebut. Maka tak heran jika banyak sekali para pakar herbal yang menggunakan daun afrika ini sebagai obat alternatif yang bermanfaat dan juga berkhasiat dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Hal tersebut dikarenakan daun afrika ini juga bisa berfungsi sebagai zat anti inflamasi, anti kolesterol, antioksidan, dan zat -zat yang lainnya. Dibawah ini ada beberapa manfaat dan juga khasiat daun afrika bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Dapat mengobati demam

Seperti halnya gejala -gejala penyakit flu, bisa juga mengakibatkan terjadinya demam serta juga dapat membuat suhu tubuh menjadi naik. Untuk dapat mengatasi masalah kesehatan tersebut anda dapat mengkonsumsi air rebusan daun afrika yang masih hangat agar dapat meredakan demam. Akan lebih baik lagi jika mengkonsumsi air rebusan daun afrika tersebut ketika di malam hari menjelang mau tidur. Agar di waktu pagi harinya kondisi tubuh anda kembali fit kembali.

2. Mengobati perut yang kembung

Kondisi perut yang embung bisa di sebabkan karena masuk angin, serta juga dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman di dalam perut anda. Masalah kesehatan tersebut bisa anda atasi dengan mengkonsumsi air rebusan dari daun afrika tersebut yang masih dalam keadaan masih hangat. Bisa juga air rebusan tersebut anda campurkan dengan gula batu agar rasa pahit yang ada pada air rebusan daun afrika tersebut bisa sedikit hilang. Anda juga bisa menambahkan dengan madu murni.

Mengatasi Perut Kembung Lainnya :…

3. Sebagai obat batuk

Daun afrika ini memiliki manfaat dan juga khasiat dapat mengobati batuk. Mulai dari jenis batuk yang kering hingga penyakit batuk yang berdahak. Penyakit tersebut dapat anda atasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun afrika yang masih hangat. Anda juga bisa menambahkan madu murni pada air rebusan tersebut atau juga di tambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Agar rasa sakit yang disebabkan karena batuk bisa lebih cepat hilang serta penyakit batuk itu sendiri pun bisa cepat mereda.

Artikel tentang batuk lain nya :…

4. Sebagai obat sakit kepala

Jika anda mengalami rasa using atau juga sakit di bagian kepala anda bisa mencoba mengkonsumsi untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Air rebusan daun afrika ini bisa menjadi obat herbal yang alami untuk mengatasi sakit kepala yang sedang anda derita. Tetapi jika anda kurang atau tidak menyukai rasa pahit yang di timbulkan daun afrika tersebut anda bisa menambahkan gula batu serta madu murni untuk menghilangkan atau meredakan rasa pahit tersebut.

5. Mengobati rasa kesemutan

Rasa kesemutan yang biasanya terjadi di bagian kaki anda atau tangan anda bisa di sebabkan karena adanya penyumbatan pada aliran darah di dalam tubuh anda. Tetapi bisa juga dapat di sebabkan karena adanya gejala -gejala yang di timbulkan oleh adanya penyakit asam urat. Masalah ini dapat anda cegah dengan mengkonsumsi air rebusan yang berasal dari daun afrika secara teratur dan juga tepat takarannya.

6. Mengatasi masalah sembelit

Masalah kesehatan seperti sembelit atau juga konstipasi bisa membuat anda merasa tidak nyaman. Dan sebaiknya jika anda ingin mengatasi masalah kesehatan tersebut anda bisa mengonsumsi air rebusan dari daun afrika ini. Akan lebih baik lagi jika anda mengkonsumsi air rebusan daun afrika tersebut di waktu malah hari ketika mau tidur. Yang di harapkan ketika di saat pagi harinya bisa melancarkan BAB dan juga masalah kesehatan pencernaan anda bisa di atasi.

7. Menurukkan kadar kolesterol di dalam tubuh

Kadar kolesterol yang tergolong sangat tinggi yang ada di dalam tubuh maka bisa sangat membahayakan kesehatan tubuh. Dan juga bisa semakin banyak bermacam jenis penyakit yang dapat menyerang tubuh anda. Jenis penyakit tersebut misalnya penyakit stroke serta penyakit jantung dan juga jenis penyakit yang lainnya. Untuk dapat menurunkan kandungan kolesterol yang sangat tinggi di dalam tubuh tersebut anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun afrika ini secara teratur setiap harinya.

8. Menurunkan tekanan darah atau hipertensi

Tekanan yang tergolong sangat tinggi sekali di dalam tubuh maka bisa mengakibatkan suatu hal yang sangat fatal sekali. Keadaan tersebut jika tidak segera di atasi maka dapat menimbulkan beberapa jenis penyakit misalnya penyakit stroke dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Untuk dapat mengatasi tekanan darah tersebut anda dapat mengonsumsi air rebusan daun afrika ini secara rutin dan juga teratur. Anda juga bisa mencapurkan sedikit gula bati serta juga madu murni, atau juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis agar rasa pahit yang di timbulkan oleh daun afrika ini dapat hilang.

9. Sebagai obat penyakit malaria

Banyak sekali orang -orang afrika yang telah memanfaatkan daun tanaman ini untuk menyembuhkan penyakit malaria. Dan orang -orang afrika tersebut biasa menggunakan daun tanaman ini sebagai obat atau juga jamu untuk pencegahan. Dengan demikian anda pun bisa memanfaatkan daun afrika ini untuk mencegah terjadinya penyakit malaria. Untuk dapat memanfaatkannya daun afrika ini cukup hanya di terbus saja dan kemudian meminum air rebusan tersebut.

10. Sebagai obat insomnia

Jika anda mempunyai masalah kesulitan saat mau tidur di malam hari. Anda dapat mengkonsumsi air rebusan dari daun afrika ini, air tebusan daun afrika tersebut bisa di jadikan sebagai pengganti minuman the serta minuman kopi. Hal tersebut karena air rebusan dari daun afrika ini memiliki efek yang bisa menenangkan dan juga bisa membuat anda menjadi terasa lebih rileks. Dan akhirnya bisa membuat anda lebih cepat tertidur dengan lebih pulas.

11. Berkhasiat dapat melawan virus HIV

Meskipun hingga pada saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit seperti misalnya HIV atau AIDS. Tetapi daun afrika ini memiliki manfaat dan juga khasiat bisa membangun sistem imun di dalam tubuh manusia. Agar penyebaran virus HIV atau AIDS ini tidak semakin cepat, setidaknya daun afrika ini dapat menghambat dari penyebaran virus HIV itu sendiri.

12. Dapat menyehatkan organ paru-paru

Rasa sakit yang anda rasakan saat ini bisa menimbulkan tidak lancarnya sistem pernapasan anda. Hal tersebut bisa di sebabkan karena adanya pola hidup yang kutang sehat misalnya merokok, konsumsi alkohol dan yang lainnya yang dapat membahayakan kesehatan tubuh anda. Dengan mengkonsumsi daun afrika ini secara rutin setiap hari, maka bisa bermanfaat dan juga berkhasiat dapat melancarkan sistem pernapasan anda serta juga dapat menyehatkan organ paru -paru anda.

13. Sebagai obat infeksi

Jika salah satu organ tubuh anda mengalami infeksi yang di mulai dari mulut atau tenggorokan hingga ke lambung anda. Masalah tersebut bisa anda atasi atau anda obati dengan mengonsumsi air rebusan daun afrika ini. Daun afrika ini juga memiliki manfaat dan juga khasiat dapat meredakan terjadinya peradangan disebabkan oleh infeksi pada organ dalam.

Efek samping konsumsi daun afrika

Meskipun daun afrika ini memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang banyak sekali bagi kesehatan tubuh dan juga dapat mengobati berbagai macam penyakit. Tetapi kandungan yang ada di dalam daun afrika ini juga memiliki sedikit efek samping bagi kesehatan tubuh. Terutama bagi orang -orang yang tidak pernah atau tidak suka mengkonsumsi obat herbal. Lalu apa saja efek samping dari daun afrika itu sendiri. Nah, berikut ini ada beberapa efek samping yang biasanya di timbulkan setelah mengkonsumsi rebusan daun afrika bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Rasa pahit yang biasanya di timbulkan oleh daun afrika ini bisa menyebabkan rasa mual -mual serta juga rasa ingin muntah.
  • Mengkonsumsi rebusan daun afrika dalam jumlah yang terlau banyak maka bisa mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada anggota tubuh anda, seperti misalnya pembengkakan tersebut bisa timbul di bagian tangan atau juga di bagian kaki.
  • Daun afrika juga bisa menimbulkan efek gatal -gatal pada kulit tubuh anda. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan tubuh anda merespons adanya jenis minuman asing yang telah masuk kedalam tubuh anda.
  • Efek samping lainnya dari daun afrika ini bisa di timbulkan oleh ibu yang sedang hamil.

Meskipun afek samping yang bisa di timbulkan oleh daun afrika ini relatif sangat ringan. Tetapi kita juga haris mewaspadai masalah -masalah kesehatan tersebut. Terutama bagi anda yang belum pernah melakukan pengobatan secara alteratif seperti misalnya mengkonsumsi air rebusan dari daun afrika ini. Maka bisa lebih baik lagi jika anda berkonsultasi dulu dengan para ahli herbal yang sudah berpengalaman sebelum mengkonsumsi air rebusan dari daun afrika tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *