Gejala Darah Rendah Yang Paling Sering Terjadi

Posted on

Jika anda sedang berdiri cukup lama, kemudian anda merasa seperti pusing mendadak, mata terasa berkunang-kunang, disusul pingsan, maka bisa dikatakan bahwa anda sedang mengalami gejala darah rendah. Walaupun, beberapa orang berasumsi bahwa ini terjadi karena anda kurang makan atau anda melewatkan sarapan pagi.

Gejala Darah Rendah Yang Paling Sering Terjadi
Gejala Darah Rendah Yang Paling Sering Terjadi

Tentang tekanan darah rendah

Tekanan darah rendahmerupakan kondisi yang berhubungan dengan jantung yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sirkulasi darah yang terjadi akan membuat dinding-dinding pembuluh darah tertekan. Fungsi tekanan pada darah akan memompa semua darah ke arteri-arteri tubuh, kemudian kembali ke jantung dengan bantuan pembuluh vena. Tekanan yang terjadi terlalu tinggi menimbulkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, jika normal menjadi tekanan darah normal, sedangkan jika tekanan rendah, akan berujung pada hipotensis. Gejala darah rendah sangat mudah dibaca, dari kecenderungan fisik anda yang mengalami tekanan darah rendah.

Gejala Darah Rendah Yang Paling Umum

  1. Pusing Dan Sakit Kepala

Ketika darah tidak mampu membawa asupan oksigen yang cukup ke otak, maka kondisi ini bisa terjadi. Sehingga, anda mungkin akan merasakan seperti pusing begitu menyiksa, disusul mata yang berkunang-kunang. Tekanan darah ini bahkan bisa berujung pada pingsan. Ketika kondisi ini terjadi, anda akan merasa sakit kepala disebabkan tekanan darah yang tidak tentu. Dalam dunia medis, dikenal sebagai ortostatik.

  1. Pandangan Kabur Dan Berkunang-Kunang

Gejala umum lainnya pada tekanan berdarah adalah penglihatan anda yang tiba-tiba menjadi kabur dalam waktu singkat, kemudian berulang kembali. Berbeda dengan gejala mata kabur pada seseorang yang memiliki mata minus. Jika anda duduk terlalu lama, lalu langsung berdiri, anda juga akan mengalami keseimbangan yang terganggu. Tidak sedikit orang yang memiliki darah rendah akan ambruk ketika sudah begitu. Biasanya, penderita tekanan darah rendah banyak yang jatuh pingsan ketika berdiri terlalu lama seperti ketika sedang upacara atau sedang antre.

  1. Pucat, Tidak Semangat, Loyo

Jika anda memiliki tekanan darah rendah, anda mungkin akan tampak pucat, denyut nadi tidak stabil dan lemah. Hal ini terjadi karena supplai darah pada otak begitu rendah. Itulah mengapa seseorang yang memiliki tekanan darah rendah akan cenderung merasa tubuhnya dingin, sebab suplai darah begitu lambat dan tidak mencapai ke jaringan tepi atau mucosa tubuh. Tubuh terasa dingin terutama di bagian telinga, kaki, tangan dan disusul bibir yang membiru. Kemudian, anda mungkin akan berkeringat dingin.

  1. Perut terasa mual-mual

Biasanya, gejala ini akan menyerang secara tiba-tiba,namun terus berulang. Selain anda akan merasa letih serta lemas, anda juga merasa kurang berenergi, tidak sanggup menopang tubuh atau bahkan terasa tidak kuat di area tangan. Masalahnya adalah karena kurangnya energi yang dibawa darah ke kulit, otak, dan organ.

  1. Nafas Cepat Dan Pendek

Reaksi ini muncul dari paru-paru, karena untuk mengimbangi kegagalan darah guna mengikat oksigen yang harus diedarkan ke semua bagian tubuh. Ketika tekanan darah rendah, otot jantung serta otot intra-tulang dada juga terganggu, sehingga muncullah sesak nafas. Selain itu, anda juga merasa nyeri di bagian dada. Hal ini disebut sebagai aritmia, kondisi tubuh karena denyut jantung terganggu serta tidak teratur.

  1. Otak Tidak Bisa Bekerja

Gejala darah rendah selanjutnya adalah anda tidak bisa berkonsentrasi dengan optimal. Sehingga, anda tidak bisa berpikir jernih, merasa bingung , dan tidak bisa mengerjakan pekerjaan dengan cepat. Hal ini bisa menyebabkan depresi.

Baca Juga :

  1. 5 Penyebab Terlambat Datang Bulan Tapi Tidak Hamil
  2. 5 Penyebab Sering Buang Air Kecil Yang Harus Anda Waspadai
  3. Ini Lho 5 Penyebab Mimisan Pada Anak Dan Balita Yang Paling Sering
  4. 5 Daftar Obat Sakit Perut Anak Terbukti Paling Manjur

Itulah informasi tentang apa saja gejala darah rendah yang paling sering terjadi. Selain gejala-gejala di atas, anda mungkin merasa mudah mengantuk, sering menguap, dan sering merasa haus. Gejala di atas, juga bisa bertambah jika ada faktor lain yang memicu tekanan darah menjadi rendah seperti berkemih banyak, kurang istirahat, kurang tidur, atau sedang haid tapi cukup deras, semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *