Gejala Hepatitis A, Langkah Pencegahan dan Cara Mengobatinya

Posted on

Keluhan penyakit Hepatitis A adalah jenis penyakit yang muncul akibat virus Hepatitis A, yang menyerang  sel-sel hati manusia. Setiap tahun di Asia Tenggara, kasus hepatitis A mampu menyerang 400.000 orang pertahun, dengan tingkat kematian hingga 800 orang. Kebanyakan para penderita  yang terjangkit hepatitis A adalah anak-anak.

Keluhan penyakit Hepatitis A adalah jenis penyakit yang muncul akibat virus Hepatitis A, yang menyerang  sel-sel hati manusia. Setiap tahun di Asia Tenggara, kasus hepatitis A mampu menyerang 400.000 orang pertahun, dengan tingkat kematian hingga 800 orang. Kebanyakan para penderita  yang terjangkit hepatitis A adalah anak-anak.

Gejala Hepatitis A,  Langkah Pencegahan dan Cara Mengobatinya
Gejala Hepatitis A, Langkah Pencegahan dan Cara Mengobatinya

Gejala Hepatitis A

Pada awalnya, gejala Hepatitis A ditandai dengan munculnya kondisi-kondisi antara lain diare, demam, mual, muntah, nyeri pada sendi dan otot. Saat organ hati sudah diserang, gejala-gejala  lain yang akan muncul  diantaranya urin berwarna gelap, tinja berwarna pucat, penyakit kuning dan gatal-gatal. Selanjutnya, daerah perut bagian kanan atas juga akan terasa  sangat menyakitkan ketika ditekan.

Namun, tidak semua orang mengalami  gejala –gejala tersebut. Terkadang gejala Hepatitis A tidak disadari oleh para penderitanya.   Hanya satu dari sepuluh orang dengan hepatitis A di bawah usia 6 tahun menderita penyakit kuning. Sementara pada remaja dan orang dewasa, penyakit ini seringkali menyebabkan fenomena yang lebih parah dan 70 persen dari mereka akan merasakan penyakit kuning.

Lain halnya dengan dua jenis penyakit hepatitis lainnya yaitu, hepatitis B dan hepatitis C, infeksi pada hepatitis A tidak menyebabkan gangguan  organ hati  secara kronis sehingga  jarang berdampak fatal bagi kesehatan.  Namun, hepatitis A yang tidak ditangani dengan baik akan mendorong munculnya gejala kerusakan hati akut, yang cukup berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa khususnya bagi para penderita yang sudah lanjut usia.

Penyebab  Penularan Penyakit Hepatitis A 

Penyebab penularan  penyakit ini adalah virus hepatitis yang menyebar dengan sangat mudah. Jalur utama penularan adalah melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh virus hepatitis A. Virus penyebab hepatitis A seringkali  menular melalui fecal-oral (anus dan mulut). Biasanya, virus hepatitis A yang ada dalam tinja si penderita, dapat beralih  jika si penderita  makan dengan tangan dalam kondisi kotor.
Terkadang, penularannya juga dapat melalui hubungan seksual dengan si penderita. Sebaiknya hidarilah berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan tanpa ikatan perkawinan. Ini akan  membuat virus Hepatitis A semakin mudah menyerang. Gejalanya sendiri biasa muncul saat si penderita  telah terjangkit virus tersebut selama beberapa minggu.

Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan penyebaran virus ini adalah:Kontak langsung dengan penderita.

  • Kondisi sanitasi yang buruk.
  • Menggunakan  jarum suntik  yang tidak steril (secara bergantian).
  • Sering berganti pasangan dalam berhubungan seks.
  • Pria yang berhubungan seks dengan laki-laki.
  • Sering berada di lingkungan yang kotor  misalnya daerah selokan.

Baca juga : Penyebab Hepatitis B

Pengobatan Penyakit Hepatitis A

Penyakit ini tidak memiliki penanganan khusus karena sistem kekebalan tubuh akan menghilangkan virus tersebut dengan sendirinya. Pada umumnya, tim medis akan  memberi resep  obat untuk mengurangi gatal dan meredakan gejala mual maupun muntas sesuai dosis.  Organ hati hendaknya diberi kesempatan untuk beristirahat.
Menjaga kesehatan hati juga perlu dilakukan dengan menghindari aktivitas mengkonsumsi minum-minuman keras maupun obat-obatan yang mempengaruhi fungsi hati.  Jangka waktu  yang dibutuhkan untuk proses pemulihan penyakit ini biasanya beberapa bulan.  Penderita yang berhasil sembuh dari Hepatitis A akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.  Resiko Komplikasi Penyakit Hepatitis A

Meskipun tidak menyebabkan penyakit hati yang kronis dalam jangka waktu yang panjang, Hepatitis A berpotensi mengakibatkan gagal hati khususnya bagi para penderita yang sudah lanjut usia. Selain itu, pada beberapa pasien dengan kondisi fisik yang lemah, terkadang penyakit ini dapat kembali menyerang si penderita.

Cara Pencegahan Hepatitis A

Oleh karena penyebaran utama penyakit ini  disebabkan oleh proses mengkonsumsi sesuatu yang terkontaminasi , langkah utama mencegah hepatitis A adalah dengan menjaga kebersihan. Langkah ini dapat dengan mudah dilakukan, seperti rutin cuci tangan, menghindari makanan yang masih dalam kondisi mentah atau setengah matang juga menghindari mengkonsumsi air mentah yang tidak terjamin kebersihannya.

Selain cara-cara di atas, penyakit Hepatitis A juga dapat dicegah dengan  vaksin Hepatitis A. Penggunaan jarum suntik juga perlu diperhatikan. Patikan penggunaan jarum suntik steril  dalam upaya  Anda terhidar dari serangan Penyakit Hepatitis A.

Nah, demikianlah ulasan tentang gejala Hepatitis A,  langkah pencegahan dan cara mengobatinya. Semoga ulasan di atas bermanfaat.