Gejala Kaki Gajah Yang Harus Diketahui Dan Pencegahannya

Posted on

Kaki gajah adalah salah satu penyakit yang jarang terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh cacing Filarial. Cacing yang ditularkan dari tubuh manusia ini berawal dari gigitan nyamuk. Seseorang yang terkena penyakit Kaki Gajah tadinya digigit oleh nyamuk yang terinfeksi cacing Filarial. Berbicara tentang kaki gajah, ada banyak yang harus diketahui, seperti penyebab, gejala kaki gajah, dan pencegahannya.

Gejala Kaki Gajah Yang Harus Diketahui Dan Pencegahannya
Gejala Kaki Gajah Yang Harus Diketahui Dan Pencegahannya

Dengan mengetahui berbagai gejala sampai penyebabnya, anda pun bisa mengobati masalah kaki gajah dari awal dengan pengobatan yang tepat pula. Selain itu, anda juga bisa tahu pencegahan apa saja yang dilakukan.

Penyebab

Kaki gajah pada manusia terjadi karena beberapa hal yang menjadi penyebabnya, sebagaimana berikut:

  1. Wuchereria Brancofti
  2. Brugia Malayi
  3. Brugia Trimori

Ketiganya adalah spesies cacing filarial. Cacing filarial bisa bertahan hidup selama 4 sampai 6 tahun di kelenjar getah bening dan pembuluh darah manusia. Dalam masa hidupnya, cacing filarial juga berkembang biak, menghasilkan anakan yang disebut microfilarial. Untuk penderita yang sudah parah, ada pembengkakan luar biasa di bagian kaki, dengan kondisi kulit mengeras. Selain sulit bergerak dan berjalan, penderita akan kesulitan melakukan aktifitasnya.

Sebelum pembengkakan terjadi, tentu ada beberapa gejala kaki gajah mulai dari yang ringan sampai akhirnya penyakit tersebut muncul hingga ke tahap yang lebih kronis. Gejala tersebut bisa muncul setelah digigit oleh nyamuk yang terinfeksi cacing dalam bentuk telur.

Gejala

  1. Demam

Gejala kaki gajah dimulai dari seseorang yang terinfeksi cacing filarial yang dibawa nyamuk. Setelah gigitan tersebut, badan mulai demam selama 3 sampai 5 hari berturut-turut. Bahkan, demamnya sendiri pun bervariasi, dari suhu tinggi sampai suhu yang sangat tinggi. Demam akan berkurang jika seseorang tersebut berhenti beraktivitas. Penderita yang memaksa melakukan aktivitas berat membuat demam muncul.

  1. Pembengkakan

Pembengkakan akan terjadi tetapi di beberapa daerah tertentu, terutama di bagian lipatan tubuh seperti kaki dan tangan. Kondisi ini muncul karena adanya pembengkakan terutama di kelenjar getah bening sebab infeksi dari cacing tersebut. Infeksi membuat kelenjar getah bening melakukan pertahanan, itulah mengapa bisa membengkak.

  1. Panas, perih, kemerahan, dan sakit di area ketiak

Penderita juga akan merasakan rasa perih dan panas, disertai rasa sakit yang tidak bisa ditahan di bagian lipatan, terutama dip aha dan ketiak. Kedua bagian tubuh tersebut mulai mengalami iritasi seperti kulit yang tampak kemerah-merahan. Gejala ini terjadi karena efek adanya pembengkakan kelenjar getah bening yang membuat pertahanan terhadap infeksi yang sudah masuk.

  1. Pembengkakan menetap

Perlahan namun pasti, penyakit tersebut berubah menjadi penyakit kronis sehingga menuju ke tingkat yang lebih parah. Gejala kaki gajah yang muncul kemudian adalah pembengkakan menetap, dan tidak biasa. Hal ini disebut dengan elephantiasis yang diartikan ketika bagian tubuh membesar seperti gajah. Beberapa area yang mengalami pembengkakan tetap dan tidak normal pada penyakit ini adalah di bagian dada, lengan, tungkai, dan bahkan buah zakar.

Bagian tersebut bukan hanya bengkak, tapi perih dan panas. Penderita akut akan mengalami demam pula.

Pencegahan

Agar cacing tidak berkembang biak di tubuh dan menyebabkan sakit kaki gajah, anda harus melakukan vaksinasi kaki gajah. Selain itu, anda juga harus rajin membersihkan lingkungan tempat anda tinggal termasuk membersihkan sampah, genangan air, dan lainnya yang membuat populasi nyamuk meningkat. Agar tidak digigit nyamuk, pastikan anda memiliki perangkat anti nyamuk seperti obat nyamuk, atau lotion anti nyamuk. Terakhir, pastikan bahwa tubuh anda mengkonsumsi makanan yang bersih, sehat, dan bergizi agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh supaya tubuh bisa mencegah masuknya bakteri dan kuman berbahaya.

Itulah informasi tentang apa saja penyebab, Gejala kaki gajah , dan bagaimana pencegahannya, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *