Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Posted on

Kanker serviks atau disebut dengan nama lain kanker leher rahim adalah kanker yang disebabkan oleh human papillioma viros (HPV) onkogenik dan menyerang leher Rahim. Kanker leher Rahim atau kanker serviks pada umumnya tidak memiliki gejala pada walnya sehingga biasanya bila mengetahui hal ini sudah berlanjut pada stadium berikutnya.

Pada umumnya kanker ini menyerang wanita yang sudah tua berumuran sekitar 40 tahun keatas namun tidak jarang juga wanita yang masih muda juga sudah terkena masalah penyakit ini yang disebabkan banyak hal seperti salah satunya adalah factor kebersihan.

Gejala kanker rahim stadium awal
Gejala kanker rahim stadium awal

Faktor Kebersihan

  • Keputihan memiliki dua macam yaitu keputihan normal dan keputihan tidak normal. Keputihan normal memiliki ciri lendir berwarna bening, tidak berbau, dan tidak gatal dan ciri keputihan tidak normal adalah tidak memiliki salah satu diantara tga tersebut. Bila sudah seperti ini sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter ahli spesialis.
  • Penularan yang terjadi karena berhubungan badan dan biasanya ini akan menularkan berbagai jenis penyakit kelamin seperti sifilis, gonore, herpes simpleks, HIV-AIDS, kutil kelamin, dan virus HPV.
  • Selain berhubungan biasanya penulran juga melalui akaian seseorang yang sudah terkena penyakit ini terutama HPV sehingga harus berhati-hati meminjam atau mengenakan pakaian oang lain.

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Pada umumnya kanker serviks tidak memiliki gejala awal atau tanda bahwa seseorang terkena kanker serviks. Inilah kenapa harus dilakukan tes skrining dengan pap smear dengan rutin penting untuk dilakukan oleh wanita. Pengecekan ini betujuan untuk apakah sudah adanya sel-sel abnormal pada leher Rahim sehingga data di obati bila mana sel-sel tersebut sebelum menjadi kanker.

Pemeriksaan yang tepat adalah wanita yang berusia minimal 21 tahun arena memang pemeriksaan ini sangat penting

Ada metode lain yang data di gunakan yaitu dinamakan metode tes HPV untuk mengetahui ada atau tidaknya virus HPV dalam tubuh. HPV adalah salah satu jenis virus yang menyebabkan kanker serviks. Untuk cara ini dapat di lakukan saat usia minimal 30 tahun.

Keakurasian metode tes diatas memang tidak 100 persen akurat namun metode paling efektif untuk mencegah dan sesegera mungkin mengobati sehingga bisa langsung berkonsultasi kepada dokter ahli untuk keterangan lebih lanjutnya.

Tanda dan Gejala Umum Kanker Serviks Stadium Awal

  • Pendarahan ubnormal – Pendarahan yang terjadi saat menstruasi pasca berhubungan badan atau perdarahan pasca-menopause.
  • Keputihan tidak normal – Biasanya cairan lebih encer , bewarna merah muda dan bau yang busuk.
  • Nyeri Punggul – Terjadi biasanya saat berhubungan badan dikarenakan perubahan pada leher Rahim wanita .

Gejala yang sudah terjadi pada Anda akan lebih baik bila berkonsultasi ke dokter maka dokter akan memberikan informasi lebih lanjut. Sehingga berdiskusi sesegera dengan ahlinya sangat penting dan dianjurkan.

Jika memang dokter sudah mengetahui bahwa ini adalah kanker serviks maka dokter akan memberi tahu stadium berapakah kanker pada tubuh Anda.

Untuk pencegahan lainnya seperti tidak berganti ganti berhubungan badan karena kita tahu berhubungan merupakan salah satu penyebab yang umum terjadi pada penularan kanker serviks. Oleh karena itu jika anda sudah bersuami maka setialah pada suami anda karena ita tidak tahu apa yang terjadi bila berhubungan dengan orang lain yang tidak ada ikatan sah dengan kita.

Menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh juga penting jangan sampai tidak salah satu menjaganya dengan mencuci tangan sebelum makan, membersihkan tangan setelah dari toilet umum dengan sabun dan usahakan selalu membawa sabun pribadi.