Gejala Kanker Tenggorokan Stadium Awal Yang Harus Diwaspadai

Posted on

Kanker tenggorokan bukanlah salah satu penyakit yang ringan. Penyakit ini terbilang serius karena letaknya di organ tubuh penting, tenggorokan. Seperti yang kita ketahui bahwa tenggorokan adalah bagian utama tubuh yang menjadi gerbang utama masuknya makananan, untuk memberikan asupan nutrisi bagi tubuh. Gejala kanker tenggorokan harus dikenali, sebab jika tanpa ssadar anda terkena kanker tenggorokan, bukan hanya masalah asupan makanan saja tetapi juga bagian pernafasan yang terganggu.

Gejala Kanker Tenggorokan Stadium Awal Yang Harus Diwaspadai
Gejala Kanker Tenggorokan Stadium Awal Yang Harus Diwaspadai

Seperti halnya sel kanker lainnya, sel ini sanggat berbahaya dan bisa menyebar di organ lain disekitarnya. Akibatnya bisa fatal dan berujung pada kematian. Itulah mengapa anda harus bisa mendeteksi gejala yang muncul di stadium awal agar bisa menanganinya dari awal.

Fase Perkembangan Kanker Tenggorokan

Sama seperti kanker lainnya, kanker tenggorokan berkembang dalam 4 fase seperti berikut:

  1. Stadium 1

Kondisi dimana penderita masih bisa beraktifitas dan mulai merasakan gangguan. Sel kanker berukuran 7 cm dan menyerang satu bagian tenggorokan.

  1. Stadium 2

Kondisi berlanjut, kanker mulai berkembang besar walaupun belum menyebar.

  1. Stadium 3

Se kanker terus tumbuh besar dan sangat mungkin untuk menyebar ke organ lain disekitar.

  1. Stadium 4

Fase ini adalah fase terakhir dimana kanker sudah menyebar. Penanganan menjadi lebih intensive untuk kelanjutan hidup penderitanya.

Gejala Kanker Tenggorokan

  1. Nyeri Kerongkongan

Pada umumnya, rasa sakit tenggorokan adalah gejala awal kanker tenggorokan. Nyeri seringkali muncul di pagi hari. Kasusnya berbeda ketika seseorang sakit tenggorokan yang bisa hilang dalam waktu singkat. Nyeri ini terasa di tenggorokan atau kerongkongan bahkan memakan waktu hingga lebih dari satu minggu. Jika ini terjadi pada anda, dan anda sudah memberi obat tertentu tapi tidak kunjung sembuh, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lanjut.

  1. Kesulitan Menelan

Di stadium awal, penderita akan kesulitan menelan, karena terasa sakit sampai sulit menelan minuman. Ini terjadi karena sel kanker sudah mulai tumbuh. Ada tekanan dari benjolan tersebut yang masih kecil yang terletak di bagian kerongkongan. Selain terasa sakit, penderita juga sulit menelan, mulai kehilangan nafsu makan, dan berat badan mulai menurun drastis dalam satu minggu sejak terasa sakit tenggorokannya.

  1. Ada Bengkak atau Benjolan

Gejala kanker tenggorokan berikutnya adalah terdapat bengkak atau benjolan yang ada di sekitar tenggorokan. karena ukurannya yang masih sangat kecil, masih sulit sekali mendeteksi kanker tenggorokan sejak awal, tetapi anda bisa merasakannya. Sebab, di area tenggorokan terdapat pembengkakan, seperti di rahang, mata, atau leher. Kalau anda mengalaminya dalam waktu yang lama, sebaiknya segera periksakan.

  1. Telinga Berdengung

Telinga berdengung bisa menjadi gejala adanya kanker tenggorokan. Jika telinga anda berdengung karena suhu udara sedang ekstrim, alergi pada suara dan semacamnya, maka anda tidak perlu kuatir. Namun, jika tanpa sebab sering berdengung disertai dengan rasa sakit di tenggorokan serta gejala lainnya seperti di atas, maka anda harus memeriksakan diri.

  1. Suara Berubah Mendadak

Pertanda selanjutnya adalah suara yang mendadak berubah disertai adanya bunyi napas yang tidak seperti biasanya. Anda patut waspada karena pendeteksian suara hanya bisa diarasakan oleh anda sendiri.

Itulah beberapa gejala kanker tenggorokan secara umum yang paling sering dialami oleh penderita kanker tenggorokan. Gejala lainnya adalah batuk yang disertai pendarahan sebagai pertanda bahwa sel kanker berkembang dan segera meyebar ke bagian organ lain, serta badan tampak kurus sebagai reaksi dari nafsu makan yang hilang karena sulit menelan. Untuk itu, jika anda melihat salah satu saja dari semua gejala di atas, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar mendapatkan hasil yang pasti, dan bisa lebih cepat ditangani.