Gejala Masuk Angin dan Cara Mengatasinya dengan Obat Alami

Posted on

Pastinya pernah kan mengalami keluhan masuk angin? Seperti yang kita tahu, masuk angin ialah salah satu keluhan penyakit yang kerap dialami hampir semua manusia. Walaupun bagi sebagian orang dianggap sepele, namun faktanya sudah tak terhitung penderita masuk angin yang berujung fatal.

Biasanya hal ini terjadi karena penderita lambat dalam menangani keluhan tersebut. Lantas, sebenarnya apa saja sih tanda-tanda atau gejala masuk angin itu?

Gejala Masuk Angin dan Cara Mengatasinya dengan Obat Alami
Gejala Masuk Angin dan Cara Mengatasinya dengan Obat Alami

Gejala Masuk Angin 

Mengetahui gejala masuk angin sangatlah penting. Dengan begitu kita bisa sedini mungkin melakukan tindakan jika dirasa mengalami keluhan tersebut. Dengan penanganan sedini mungkin secara tepat, akan memudahkan dalam penyembuhannya. Adapun tanda-tanda atau gejala masuk angin antara lain:

  • Tubuh Menjadi Cepat Lelah

Gejala masuk angin yang pertama adalah tubuh mudah capek. Jadi jika Anda mengalami gejala tersebut, maka hati-hati, bisa jadi keluhan tersebut pertanda masuk angin menyerang tubuh.

  • Mual dan mules

Mual dan mules juga termasuk gejala masuk angin. Mual dan mulas ini berawal dari perut yang terasa kembung. Saat mengalami  mual dan mulas, seseorang akan sulit mengkonsumsi makanan disebabkan adanya rasa tidak enak pada perut yang secara alami menolak masuknya makanan dalam tubuh.

  • Tubuh Terasa Kedinginan

Tubuh merasa kedinginan juga salah satu gejala yang sering dirasakan oleh orang saat mengalami masuk angin. Akibat tubuh sering terkena udara dingin Anda jadi sering menggigil seperti berada dalam ruangan yang sangat dingin.

  • Perut Terasa Kembung

Orang yang terkena penyakit masuk angin juga sering mengalami kembung pada bagian perut. Hal ini disebabkan terlalu banyaknya udara yang masuk ke  dalam  tubuh khusunya  pada bagian perut. Lambung  akan terasa lebih kembung akibat banyaknya udara yang masuk ke dalam tubuh kita

  • Sulit Mengeluarkan Gas dari Dubur

Sulitnya mengeluarkan gas dari dubur juga dialami oleh orang yang sedang masuk angin. Hal ini bisa terjadi karena perut orang yang sedang masuk angin seringkali mengalami gangguan. Lambung mengalami kesulitan  untuk mengerjakan tugasnya hingga sulit mengeluarkan gas lewat dubur.   Saat  gas   telah  keluar dari dubur dengan mudah, ini pertanda bahwa sistem pencernaan kembali melakukan pekerjaannya dengan baik.

  • Berkurangnya Nafsu Makan

Dalam kondisi  sakit,  sering kita mengalami penurunan nafsu makan. Jika hal ini terjadi, asupan gizi dalam tubuh kita  menjadi tidak terpenuhi. Penderita masuk angin juga mengalami penurunan nafsu makan pada gejala-gejala awalnya.

  • Keringat Dingin

Gejala masuk angin selanjutnya adalah keluarnya keringat dingin. Selain itu, keringat dingin  juga  merupakan pertanda seseorang sedang berada dalam proses penurunan daya tahan tubuh. Keringat dingin yang keluar dari dalam tubuh kita merupakan respon bahwa tubuh sedang dalam kondisi tidak sehat.

Obat Alami untuk Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin dapat diatasi dengan berbagai bahan-bahan alami disekitar kita. Bahan-bahan alami tersebut antara lain:

  • Bawang Merah dan Bawang Putih

Obat alami masuk angin selain minyak kayu putih  yakni dengan menggunakan bawang merah dan bawang putih. Anda dapat melembutkan bawang lalu  mengoleskannya secara merata di perut, dada dan leher. Bawang mampu mengeluarkan  angin yang berlebihan di dalam tubuh kita. Selain itu,  cara alami ini dipercaya mampu menghangatkan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah.

  • Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dengan terapi aroma sangat cocok untuk mengatasi hidung tersumbat akibat penyakit masuk angin. Selain itu sensasi kehangatan dari minyak kayu putih juga  bermanfaat mengatasi perut yang mules dengan cara langsung dioleskan  dan dipijat secara perlahan.

  • Air Rebusan Daun Pepaya

Air rebusan daun pepaya sangat ampuh untuk mengobati pilek. Namun, obat alami ini banyak dihindari karena memiliki rasa yang sangat pahit. Jika tidak tahan dengan rasa pahit, Anda dapat mengkonsumsi air rebusan daun pepaya  ditambah satu sendok makan madu murni. Rasa pahit dominan dari air daun papaya akan semakin berkurang karena kombinasi rasa madu yang manis dan menyegarkan.

  • Jahe

Jahe merupakan salah satu obat tradisional yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit termasuk masuk angin.  Jahe termasuk obat herbal tradisional yang dapat membantu menghangatkan tubuh, mengatasi pembengkakan, dan melancarkan sirkulasi darah. Ini adalah alasan mengapa banyak negara-negara di bagian Eropa banyak mengkonsumsi jahe mengurangi konsumsi alcohol yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Gejala tubuh yang menggigil kedinginan akibat penyakit masuk angin  dapat teratasi dengan racikan herbal jahe sebagai obat tradisional. Caranya cukup mudah. Pertama, cuci jahe hingga bersih lalu kupas kulitnya. Rebus jahe bersama air hingga mendidih lalu saring dan ambil sari jahe untuk langsung diminum.  Agar  wedang jahe tidak terlalu pedas, Anda dapat menambahkan jus lemon dan gula batu. Jika Anda ingin lebih lezat lagi, minumlah wedang jahe dengan ditemani  pisang rebus atau makanan ringan favorit Anda.

Nah, itu dia ulasan terkait gejala masuk angin dan cara mengatasinya dengan obat alami.  Semoga bermanfaat.