Gejala Mata Minus

Posted on
Gejala Mata Minus
Gejala Mata Minus

Mata Minus atau biasa disebut rabun jauh ini memiliki istilah medis Miopia yang mengakibatkan manusia mengalami kesulitan dalam melihat benda jauh. kondisi pada mata yang normal, lensa mata beserta kornea akan membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek langsung terfokus di retina. Sedangkan mata yang mengalami rabun jauh atau miopia, cahaya yang dibiaskan oleh lensa mata dan kornea titak fokus tertuju di retina tapi jauh kedepan objek. Hal tersebut bisa disebabkan karena lensa mata terlalu cembung atau mungkin bola mata kita terlalu besar sehingga mata mengalami minus atau rabun jauh.

Mata manusia pada dasarnya diciptakan untuk memandang atau melihat benda-benda yang ada di sekitar, jadi kesehatan mata itu sangatlah penting diperlukan untuk hidup. Namun pada kenyataan nya manusia yang memiliki mata normal selalu dipaksakan untuk bekerja di lingkungan yang membuat mata bekerja seperti membaca buku terlalu dekat, mermain game di HP, bekerja didepan PC atau laptop, sedangkan benda-benda seperti itu mempunyai radiasi yang dapat merusak pandangan mata pengguna atau user. Radiasi yang terdapat pada HP, maupun PC itu dapat menyebabkan bola mata menjadi kaku sehingga tidak dapat mengatur cahaya yang masuk kedalam retina mata, dan akhirnya mata mengalami rabun atau mata minus.

Beberapa Gejala Pada Mata Minus Atau Rabun Jauh:

Jika anda mengalami beberapa gejala di bawah ini, sebaiknya anda segera memeriksakan mata anda ke dokter.

  • Terasa sulut melihat benda jauh namun terasa jelas ketika melihat benda dekat.
  • Ketika berkendara terasa sulit melihat benda yang didepannya.
  • Mengedipkan mata ketika melihat suatu benda.
  • Ketika membaca buku perlu sedikit dekat dengan buku.
  • Mata terasa terang.
  • Sering mengalami sakit kepala.
  • Sering kali mata terasa lelah.
  • Mata terasa berkunang kunang sehingga perlu dikucek.

Faktor usia juga dapat mengurangi ketajaman mata ketika melihat benda, jika kalian mengalami gejala seperti di tas sebaiknya anda segera memeriksakan mata anda ke dokter. Periksalah mata anda secara rutin kurang lebih satu atau dua tahun sekali.

Terapi Mata Minus:

Ketika anda sudah terlanjur mengalami masalah pada mata minus atau miopia, anda dapat melakukan terapi dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak. Menggunakan kacamata adalah langkah yang mudah dan teraman untuk mengoreki mata minus anda, tetapi jangan asal-asal memakai kacamata karena bukan membaik justru malah memburuk . ketika ingin memakai kacamata lebih baik anda terlebih dahulu memeriksakan mata anda ke dokter dan meminta anjuran kacamata yang cocok untuk mata nada. Langkah yang terakhir selain memakai kacamata adalah dengan cara mengoprasi mata ana , tapi dengan oprasi pasti sangat membutuhkan biaya yang banyak.

Kompilasi Mata Minus:

Mata yang terkena miopia atau mata minus ini sangat mengganggu aktifitas yang dilakukan sehari-hari sehingga kualitas hidup jadi berkurang. Ketika anda ingin berkendara sebaiknya anda menggunakan kacamata minus karena akan menyebabkan bahaya jika anda tetap memaksakan tanpa menggunakan alat bantu kacamata, lebih baik lagi di temani oleh seseorang jika ingin berkendara.

Menjaga Kesehatan Mata:

Mata minus sebenarnya tidak dapat dicegah, tetapi dapat diperlambat dengan melakukan hal-hal berikut:
Makan makanan yang sehat, Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin seperti sayur sayuran , seperti wortel.

  • Hindari merokok , karena asapnya dapat merusak penglihatan mata.
  • Gunakan katca mata hitang yang mengantung anti UV protektor.
  • Jangan ketergantungan di depan Hp maupun Pc.

Mata adalah salah satu indra penglihatan yang sangatlah penting bagi kehidupan, tanpa penglihatan dunia seakan hampa, maka dari itulah kita perlu menjaga mata kita dan mengkonsumsi makan yang bervitamin seperti sayur-sayuran wortel dan yang lainnya.

Demikian info yang saya ketahui mengenai Gejala Mata Minus atau Rabun jauh atau juga Miopia.
Sekian dan terimakasih 🙂