Gejala Penyakit Gula

Posted on

Diabetes ,penyakit gula atau biasa dikenal dengan Kencing Manis, merupakan penyakit yang disebabkan kelainan pada metaolisme tubuh, Hal ini dikarenakan oleh banyak faktor. Glukosa yang terkandung dalam darah memiliki kadar yang tinggi sehingga penggunaan isulin dalam tubuh tidak bekerja dengan baik, Beberapa gejalaa dalam tubuh saat diabetes bersarang  sering tidak disadari oleh penderita. Kebanyakan penderita menganggap remeh gejala yang timbul. Penanganan diabetes seharusnya dilakukan sejak dini untuk menjaga bagian tubuh lain agar tidak ikut terkena dampaknya

Penyakit gula ini menjadi salahsatu penyakit yang lumayan ditakuti, karena jika sudah bersarang resiko teburuknya adalah kematian. Lalu bagaimana soolusinya? Solusinya jelas anda memeriksakan diri  ke dokter dan melakukan pengobatan secara intensif. Akan tetapi ada baiknya jika anda mengetahui beberapa gejala penyakit diabetes yang mungkin bisa jadi anda alami yang tentunya bisa membuat anda semakin waspada terhadap hal tersebut.

  1. Merasa Lemah Dan Berat Badan Menuun
    Biasanya gejala awal dari penyakit diabetes adalah turunya berat badan dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu penderita juga sering mengalami letih,lemah,lesu dan tidakbergairah. Hal ini disebabkan glukosa yang merupakan sumber energi tubuh tidak dapat masuk kedalam sel, Karena itulah sumber tenga akan diambil dari cadangan lemak dan dari hati akan berkurrang .
  1. Banyak Kencing (poliuria)
    Glukosa darah yang berlebihan akan dikeluarkan melalui urin akibat terlalu tingginya kadar glukosa pada darah. Oleh karena itu si penderita biasanya akan mengalami banyak kencing dalam volue urin yang banyak.
  1. Banyak Minum ( polidipsia)
    Semakin banyak urine yang dikeluarkan biasanya penderita akan sering mengalami haus dan ingin minum terus.
  1. Luka sulit sembuh
    Jika terjadi luka pada penderita akan sulit sekali untuk sembuh. Hal ini berhubungan dengan sistem kekebalan yang semakin menurun.
  1. Menurunya fungsi saraf
    Menurunya sistem saraf yang akhirnya menimbulkan rasa sakit pada tungkai kaki sering merasa kesemutan juga salah satunya, pastinya kita harus waspada juka fungsi saraf sudah menurun apalagi jika kaki sudah tidak teasa sakit saat tertusuk jarum.

Itu tadi merupakan informasi tentang gejala awal orang yang mengidap diabetes, pastinya dengan mengetahi lebih dini merupakan langkah yang baik sebelum penyakit dalam tubuh menjadi semakin parah.
Sedangkan penangan pada penderita adalah fokus pada bagaimana agar kadar gula tersebut tetap dalam kondisi yang normal. Ini biasanya dilakukan dengan cara mengubah polahidup yang lebih sehat .Pola hidup ini menyangkut pada pola makan serta aktifitas fisik . penderita diabetes hendaknya merubah pola hidup dan mengontrol asumpan makanan hal ini akan sangat membantu mengontrol kadar gula yang masuk kedalam tubuh.
Diiringi dengan aktifitas fisik , Seperti olahraga yang teratur perlu dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh meningkatkan sensitivitas sel tubuh terhadap hormon insulin. Saat penanganan non formakologis tidak berjalan dengan baik, penderita akan membutuhkan beberapa pengobatan baik medis maupun alami yang berguna untuk menjaga kadar gula agar tetap dalam kondisi yang normal. Berkonsultasi pada dokter merupakan solusi yang baik untuk dilakukan.

Dengan informasi tersebut semoga kita bisa mengetahui seberapa pentingnya menjaga kesehatantubuh kita , banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh kita agar tetap dalam kondisi yang baik. Salah satunya dengan menjaga pola makan pola hidup sehat diiringi dengan olahraga yang teratur .

Adasehat.net – Sekian dan semoga Bermanfaat ya. Terimakasih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *